Sukses

Bos Bisa Melakukan Apa Saja Kecuali Satu Hal Tersulit Ini

Pekerja senantiasa beranggapan bos bisa melakukan apapun sesuka hatinya. Tahukah Anda, ada satu hal yang paling sulit dilakukan para bos.

Banyak pekerja yang beranggapan bos bisa melakukan semua keinginannya dengan mudah. Faktanya, seorang pimpinan tak selamanya bisa berbuat sesuka hatinya. Bahkan, ada satu hal di dunia ini yang paling sulit dilakukan para bos.

Mengutip Money CNN, Sabtu (25/1/2014), bos perusahaan software ternama Binfire, David Robins mengaku pekerjaan tersulit yang harus dijalaninnya sebagai seorang pimpinan perusahaan adalah memecat karyawan. Tak diragukan lagi, melepas karyawan dari pekerjaannya memang bukan hal mudah.

"Ini tugas manajemen yang paling saya benci. Tetapi di sebuah perusahaan, waktu sangat penting dan kerugian kecil tak bisa ditolerir begitu saja, kadang Anda tak punya pilihan lain," jelas Robins.

Sejak 2010, pendiri Binfire itu telah tiga kali memecat karyawannya. Seluruh karyawan diberhentikan setelah enam bulan mengabdi di tempatnya.

Menyampaikan berita buruk pada karyawan sama seperti menyiksa perasaan sendiri. Hal tersebut sebaiknya dilakukan dengan cepat tanpa basa basi.

"Secepatnya setelah Anda tahu seseorang mengganggu produktivitas tim dalam mencapai target perusahaan, Anda harus bertindak. Semakin lama menunggu, semakin sulit melakukannya," ungkap dia.

Setelah mengetahui betapa sulitnya memecat seseorang, Robins akhirnya meningkatkan standarnya dalam merekrut pegawai. Dia tak lagi mewawancara para pelamar sendirian.

Robins membentuk tim khusus untuk mengenali seorang pegawai dari berbagai perspektif. Dia juga mencari calon pekerja yang pandai mendengarkan karena dianggap dapat bekerja lebih baik di dalam tim dibandingkan mereka yang terlalu banyak bicara.(Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.