Sukses

India Ekspor 2.650 Ton Beras ke Indonesia

India mengekspor beras seberat 2.650 ton ke Indonesia. Beras tersebut dikirim dari Pelabuhan Paradip, India ke Indonesia pada hari ini.

India mengekspor beras seberat 2.650 ton ke Indonesia. Beras tersebut dikirim dari Pelabuhan Paradip, India ke Indonesia pada  hari ini.

Seperti dilansir dari Business Standard, Selasa (30/7/2013),  Traffic Manager Paradip Port Trust, Kishore Chandra Sahu mengatakan, beras tersebut didatangkan dari Rainpur di Chhattisgarh.

Ribuan ton beras tersebut diangkut menggunakan kereta dan dibongkar di kargo, lalu dimuat ke dalam kontener sebelum akhirnya dikirim ke Indonesia.

Ekspor beras dalam jumlah besar tersebut merupakan yang pertama dilakukan pelabuhan Paradip. Sebelumnya sekitar 8 tahun lalu, pihak pelabuhan pernah mengekspor asam ke Thailand.

Selain India, Thailand juga akan segera mengekspor beras sebanyak 1 juta ton ke Indonesia. Keputusan tersebut merupakan hasil dari pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa yang tengah melakukan kunjungan resmi ke Thailand beberapa waktu lalu.

Menteri Luar Negeri Thailand Surapong Tovichakchaikul menuturkan, ekspor beras tersebut merupakan kesepakatan yang telah ditandatangani kedua negara pada 2011 silam. Negeri Gajah Putih saat ini sedang melakukan proses negosiasi dan pengkajian ulang syarat dan ketentuan kontrak kerja kedua negara.

Sekadar informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor beras dalam negeri hingga April mencapai US$ 90,07 juta. Sementara volume impor dalam periode yang sama tercatat sebesar 167,51 juta kilogram. Indonesia banyak mengimpor beras dari Vietnam, Thailand, Pakistan, India, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini