Sukses

Sudah Triliunan Dana Beasiswa Dikeluarkan untuk Cetak Profesional

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah dibentuk sejak tahun 2012. Dana yang dikeluarakan untuk beasiswa pendidikan ini sudah mencapai triliunan rupiah demi mencetak pemimpin dan profesional muda.

Dana beasiswa tersebut dikelola oleh LPDP yang sebagian dananya dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pada tahun 2010-2011 saja, dana kelolaan yang sudah dikeluarkan dari LPDP sebesar Rp 3,617 triliun. Tahun 2012 sebesar Rp 7 triliun dan pada tahun 2013 sudah dicairkan sebesar Rp 5 triliun.

"Dari tahun 2010 hingga 13 Mei 2013 dana yang sudah dikeluarkan LPDP untuk beasiswa sebesar Rp 15,617 triliiun," kata Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo dalam acara Pelatihan Kemenkeu terkait Pengelolaan Dana Abadi Pendidikan di Marbella Suites, Bandung, Minggu(19//5/2013).

Diharapkan lembaga baru ini bisa menjaring calon pemimpin dan profesional muda masa depan Indonesia lewat program beasiswa.

Eko mengatakan, kalau program beasiswa yang diberikan LPDP ini akan mendatangkan generasi yang siap memimpin Indonesia di masa datang.

"Dalam mengelola dana beasiswa untuk pendidikan bukan hanya sekedar numpang lewat saja. Tetapi lebih menekankan untuk mencetak generasi muda yang bisa memimpin nanti, baik di pemerintahan, sosial maupun swasta," ujar Eko.

Selain program beasiswa yang diberikan, LPDP juga memberikan layanan pendanaan riset dan program cadangan akibat bencana alam.

"Kami harapkan dengan adanya program beasiswa yang diberikan, maka bisa membentuk pemimpin dengan latar pendidikan yang baik dan bagus," ungkapnya. (Dis/Igw)

    Loading