Sukses

Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Juni, 71.643 Formasi Ditempatkan di IKN

Pemerintah memastikan akan membuka pendaftaran CPNS 2024 pada Juni. Nantinya ada sebagian ditempatkan di IKN

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, terdapat 1,2 juta formasi yang tersedia untuk pendaftaran rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) atau CPNS 2024 Juni 2024.

Rinciannya, terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

"Jumlah tersebut bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan," kata Menteri Anas dalam Konferensi Pers Progres Pengadaan ASN 2024 di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Menteri Anas merinci, rekrutmen CASN 2024 tahap awal berfokus untuk menghasilkan pemenuhan SDM talenta digital. Misalnya untuk penempatan talenta digital di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebanyak 2.906. 

"Sementara pemenuhan talenta digital pemerintah daerah sebanyak 19.817 formasi," jelas Anas.

Jumlah Penempatan CPNS di IKN

Secara total, pemenuhan SDM yang akan ditempatkan di IKN sebanyak 71.643 formasi untuk seluruh pelaksanaan CASN 2024. Jumlah itu terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK.

Namun, untuk kepastian jadwal pengumuman tanggal pendaftaran CASN 2024 masih mengikuti perkembangan dinamis oleh instansi pemerintah pusat maupun daerah. Nantinya, waktu penyesuaian ini terkait dengan kecepatan dan ketepatan pengisian dari K/L dan Pemda. 

"Karena ada kasus, Pemda mengisi rincian, setelah diverifikasi BKN ternyata keliru, maka harus dibetulkan lagi," ungkap Azwar Anas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Verifikasi

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi terhadap pengisian formasi yang dilakukan K/L dan Pemda. Namun, tercatat masih ada 4 instansi yang belum melakukan pengisian rincian formasi. 

"Kami berharap 4 instansi itu segera mempercepat pengisian rincian formasinya di sistem BKN. Termasuk di dalamnya ada instansi daerah, yang sebenarnya sudah kita perpanjang ini tenggat pengisiannya. Kalau ini sudah beres 100 persen, kita bisa memulai pendaftaran CASN yang sudah ditunggu-tunggu publik," jelas Anas.

 

 

 

Reprter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini