Sukses

Lazada Sustainability Academy Awards 2024, Dorong Para Pelaku Usaha Lokal Terapkan Bisnis Berkelanjutan 

Lazada turut memberdayakan bisnis yang memiliki pola pikir dan pengetahuan menuju transformasi ke arah berkelanjutan

Liputan6.com, Jakarta Pionir platform e-commerce di Asia Tenggara, Lazada hadir di Indonesia bukan sekadar memberikan pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh saja. Lazada juga hadir untuk memberdayakan brand-brand lokal Indonesia, agar dapat memahami aspek bisnis keberlanjutan. 

Melalui unit bisnis Lazada Logistics Indonesia, Lazada merasa perlu berperan aktif dalam mengurangi dampak lingkungan dan mendorong keberlanjutan. Maka dari itu, Lazada meluncurkan Lazada Sustainability Academy (LSA) pada Oktober 2023, untuk memberdayakan bisnis yang memiliki pola pikir dan pengetahuan menuju transformasi ke arah berkelanjutan. 

SVP, Logistics, Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja menjelaskan bagaimana permasalahan lingkungan turut mendorong Lazada, untuk berfokus pada upaya pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem digitalnya. Lazada juga memberikan fokus pada pertumbuhan bisnis berkelanjutan dari aspek sosial dan ekonomi yang diwujudkan dalam upaya edukasi di LSA.

"Kami menyadari bahwa upaya keberlanjutan selayaknya menjadi upaya kolektif di antara semua pemangku kepentingan di dalam ekosistem ekonomi digital Lazada. Karena itulah, Lazada tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis lainnya di dalam ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam operasional bisnis yang tetap memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis," ujar Adiputra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Edukasi Operasional Berkelanjutan di LSA

LSA dirancang untuk mengedukasi mengenai operasional berkelanjutan yang sederhana, praktis, dan dapat disesuaikan untuk bisnis di berbagai tahap keberlanjutan. Menyasar para para pelaku bisnis di ekosistem Lazada, agar lebih memahami kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis (environment, social, and governance/ESG), Lazada Logistics menghadirkan Lazada Sustainability Academy (LSA) Awards 2024 

"Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini menjadi upaya kami untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya," ujar Adiputra. 

Seleksi Tiga Tahap di LSA Awards 2024

Lazada berharap dapat membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan di mana industri e-commerce tidak hanya berperan dalam menumbuhkan ekonomi, namun juga dalam upaya keberlanjutan di Asia Tenggara. Di Indonesia, LSA Awards diselenggarakan selama enam bulan yang menyasar bisnis UKM lokal dan terdiri dari tiga tahap 

  1. Seleksi 30 dari lebih dari 200 penjual yang tertarik bergabung dengan program LSA dan menganalisis penggunaan bahan dan kemasan ramah lingkungan mereka saat ini
  2. Workshop selama dua hari yang membantu penjual memahami bahaya penggunaan plastik sekali pakai dan mengeksplorasi opsi bisnis berkelanjutan
  3. Dua sesi pelatihan online, diikuti oleh pilihan untuk mendaftarkan diri mendapatkan penghargaan, di mana lima penjual dapat memenangkan hadiah untuk upaya keberlanjutan mereka.
3 dari 3 halaman

Dipilih Berdasarkan Empat Parameter

Para UKM lokal yang mengikuti LSA Awards 2024 juga dipilih berdasarkan empat parameter penilaian, yaitu Purpose (sosial), Profit (ekonomi), People (manusia), serta Planet (lingkungan). Dari seleksi tersebut, terpilihlah lima pemenang. Mereka adalah Berkah Wangi Parfum, Al-Mubarokah Herbal, GUDANG JEAN’S, chipa, dan Damai Fashion. 

Berkah Wangi Parfum misalnya yang menjadi juara umum melalui keunggulannya di hampir seluruh kategori penilaian. Brand lokal kecantikan berbasis di Jakarta yang berdiri sejak tiga tahun lalu itu menjual parfum dan pengharum ruangan. 

Berkah Wangi Parfum dinyatakan unggul di hampir seluruh kategori, melalui strategi bisnis yang terukur dan tujuan bisnis yang jelas. Berkah Wangi Parfum menunjukkan upayanya dalam pengembangan praktik bisnis yang mendorong pertumbuhan dan meningkatkan operasional yang berkelanjutan.

Kemudian ada Al-Mubarokah Herbal, brand lokal dalam kategori kesehatan herbal berbasis di Jakarta yang berdiri pada 2014 dan menjual madu dan produk herbal lainnya. Pelaku bisnis ini unggul dalam kategori Purpose atau Sosial, dengan mendedikasikan usahanya untuk menyediakan produk yang aman dan berbahan alam tanpa bahan kimia. Al-Mubarokah Herbal menjual produk yang memiliki izin hukum dan izin edar dari BPOM, serta mengantongi sertifikasi Halal dari BPJPH.

Selain itu juga ada GUDANG JEAN'S yang unggul dalam kategori Profit atau Ekonomi. Keunggulan mereka diakui melalui penilaian finansial dan risiko terperinci atas strategi bisnis baru mereka, yang dirancang untuk menyelaraskan dengan nilai-nilai keberlanjutan. Kemudian chipa yang memenangkan kategori People atau Manusia atas keberhasilannya membina kesejahteraan karyawan, serta komitmennya terhadap nilai-nilai keberlanjutan dalam pemilihan pemasok. 

Terakhir pelaku usaha yang memenangkan kategori Planet atau Lingkungan karena mengubah kemasan dari plastik ke kardus, dan upaya aktif mereka dalam mengedukasi konsumen mengenai keberlanjutan, yaitu Damai Fashion. 

Melihat kemenangan para pelaku usaha tersebut, Lazada pun makin mantap untuk dapat membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan di mana industri e-commerce yang tidak hanya berperan dalam menumbuhkan ekonomi, namun juga dalam upaya keberlanjutan di Asia Tenggara. 

"Harapan kami, acara Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan bagi para penjual yang berjualan secara online, sehingga mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang lebih sehat. Melalui upaya kolektif dan transformasi di seluruh industri, kami membayangkan masa depan di mana e-commerce tidak hanya berkembang secara ekonomi namun juga memainkan peran penting dalam mencapai tujuan keberlanjutan secara global," ujar Adiputra. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.