Sukses

7 Tol Gratis di Mudik Lebaran 2024, Ini Daftarnya

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyiapkan 7 ruas jalan tol untuk bisa beroperasi fungsional alias tak berbayar di musim mudik lebaran 2024. Ruas-ruas tol itu tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyiapkan 7 ruas jalan tol untuk bisa beroperasi fungsional alias tol gratis di musim mudik lebaran 2024. Ruas-ruas tol itu tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.

Anggota BPJT unsur masyarakat Tulus Abadi mengatakan, pengoperasian tol fungsional itu juga bersifat terbatas secara waktu. Sehingga tidak akan dibuka selama 24 jam penuh.

 

"Tol fungsional itu secara resmi belum beroperasi, tapi dia secara fisik sudah siap dilewati. Nanti dia akan dioperasionalkan di jam 06.00 pagi sampai 17.00 sore. Jadi di waktu siang saja," jelasnya, Senin (25/3/2024).

Tulus menyebut salah satu ruas tol yang akan dibuka gratis selama mudik lebaran nanti yakni Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA), yang sebagian juga telah dibuka pada musim mudik lebaran sebelumnya.

"Yang sudah kita buka nanti yang Solo-Yogya-YIA, untuk sementara dan jalurnya lebih panjang. Tahun kemarin sebenarnya sudah dibuka, tetapi baru sekitar 23 km. Tapi ini sudah bertambah, sehingga nanti lebih panjang lagi digunakan pemudik dari Yogya, Solo sampai akses ke YIA," bebernya.

Selain itu, ada juga Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan. Namun, pengoperasiannya juga masih sebatas dari arah Bandung/Purwakarta sampai Kutanegara, Kabupaten Karawang.

"Tol Japek II Selatan, itu sudah mendekati 80-90 persen dari fisik. Itu bisa memfasilitasi arus mudik dari Jakarta yang diprediksikan pada H-7 sampai H+7," kata dia.

Meskipun baru dibuka dadakan, ia menjamin aspek keamanan di ruas-ruas tol tersebut sudah terpenuhi. Tulus pun tidak serta merta menjanjikan bahwa tol-tol itu nantinya akan beroperasi fungsional, tergantung situasi lalu lintas di masa mudik nantinya.

"Ini kan dibuka dalam kondisi yang emegency. Kalau misalnya traffic di jalan normal dengan berbagai rekayasa yang dijalankan polisi sudah berjalan baik, belum tentu dibuka," ungkap dia.

Daftar Tol Gratis

Mengutip data BPJT, berikut daftar 7 ruas tol yang akan beroperasi fungsional di musim mudik 2024:

  1. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung (19,65 km)
  2. Jalan Tol Japek II Selatan Seksi Kutanegara-Sadang (8,5 km)
  3. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Seksi Colomadu-Klats. (22,3 km)
  4. Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Seksi Bangkinang-Koto Kampar (24,7 km)
  5. Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura (9,47 km) dan Seksi 3-4 Tebing Tinggi-Sinaksak (47,15 km)
  6. Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran (32,15 km)
  7. Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung Seksi 3 IC Musi Landas-Desa Sukamulya (21,2 km)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Astra Infra Beri Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak hingga Cipali di Mudik Lebaran

Sebelumnya, untuk menghadapi lonjakan arus mudik dan balik pada momen mudik Lebaran 1445 H, Astra Infra mempersiapkan skema diskon tarif tol untuk menstimulus penguraian arus mudik dan balik yang berpotensi mengalami kepadatan pada hari-hari tertentu.

Pemberian diskon tarif tol tersebut nantinya diproyeksikan dipasang untuk tiga ruas di bawah kendali Astra Infra, yakni Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), hingga Tol Jombang-Mojokerto.

"Menyambut momen lebaran tahun ini, Astra Infra berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggan. Harapannya, inisiatif yang kami lakukan dapat efektif memberikan dampak bagi kelancaran mudik lebaran tahun ini," ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar, Senin (25/3/2024).

Billy menyebut Astra infra tengah fokus berkoordinasi di internal dan dengan stakeholders terkait untuk mempersiapkan perjalanan arus mudik yang lancar, aman, dan nyaman. Beberapa upaya dilakukan untuk mengurai kepadatan di puncak arus mudik/balik Lebaran, salah satunya dengan merencanakan pemberian diskon tarif. 

"Adapun terkait detil besaran serta periode diskon, Astra Infra sedang melakukan evaluasi dan diskusi dengan pihak-pihak terkait agar tujuan mengurai kepadatan arus tersebut dapat tercapai secara optimal," imbuhnya.

Sementara untuk mengantisipasi kepadatan menuju Pelabuhan Merak, telah disiapkan peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system.  Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang serta peningkatan kapasitas parkir di rest area Km 43 A.

 

3 dari 4 halaman

Antisipasi Kepadatan

Adapun mengantisipasi kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan, telah disiapkan mekanisme rekayasa lalu lintas, bekerjasama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat. Di sisi lain, untuk mengurai kepadatan di gerbang tol, telah disiapkan juga mobile reader di ruas Tol Jombang-Mojokerto.

Billy mengutarakan, guna mengurai kepadatan pada puncak arus mudik Lebaran, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan menghindari perjalanan pada periode yang diprediksi menjadi puncak arus. 

"Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Sebagai antisipasi tambahan, pemudik juga dapat membawa perbekalan secukupnya," tuturnya. 

4 dari 4 halaman

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193 Juta Orang, Kemenhub Antisipasi Lewat Mudik Gratis

Sebelumnya diberitakan, Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan masyarakat secara nasional berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang pada Mudik Lebaran 2024. Angka tersebut meningkat dibanding potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang.

Terkait lonjakan pemudik ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Kemenhub telah menyiapkan berbagai strategi dalam mengantisipasi lonjakan pemudik pada Lebaran 2024.

Budi menuturkan, Kemenhub melakukan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian pengaturan transportasi dan penanganan secara komprehensif bersama instansi, kementerian dan pemerintah pusat, Polri, pemerintah daerah, BUMN dan swasta.

Budi menambahkan, Kemenhub juga melaksanakan inspeksi keselamatan, ramp check pada sarana transportasi, darat, laut, udara, dan kereta api. Kemenhub turut meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan pengaturan transportasi pada masa angkutan lebaran 2024 dan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas.

“Demi mengantisipasi lonjakan, Kemenhub juga mengadakan program mudik gratis pada Lebaran 2024,” ujarnya dalam konferensi pers persiapan mudik 2024 secara virtual, Minggu (17/3/2024).

Tak hanya itu, Kemenhub juga melakukan pembatasan angkutan barang pada mudik tahun ini. Aturan itu dituangkan dalam surat keputusan bersama beberapa menteri.

"Langkah nyata yang telah diambil adalah Kemenhub, Korlantas, Kementerian PUPR dengan menerbitkan SKB tentang pengaturan lalu lintas dan penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik tanggal 5 Maret 2024. SKB tersebut memuat pengaturan pembatasan operasional angkutan barang pada liburan Lebaran 2024," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.