Sukses

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka! Ini Syarat Usia, Pendidikan hingga Tahapan Seleksi

Program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 akan dibuka mulai besok 23 Maret 2024 hingga 1 April 2024. Peserta program Rekrutmen BUMN 2024 terbuka bagi jenjang pendidikan SMA/sederajat, D3, S1, hingga S2.

Liputan6.com, Jakarta Program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 akan dibuka mulai besok 23 Maret 2024 hingga 1 April 2024. Peserta program Rekrutmen Bersama BUMN 2024 terbuka bagi jenjang pendidikan SMA/sederajat, D3, S1, hingga S2.

"Pada pelaksanaan RBB 2024 ini kami akan mulai membuka pendaftaran di tanggal 23 Maret 2024 yaitu besok," kata Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, dalam konferensi pers Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 ini terbuka bagi lulusan pendidikan SMA/Sederajat hingga lulusan S2. Adapun batas usia calon pelamar RBB tahun ini terbuka mulai dari 25 tahun hingga 35 tahun.

"Dalam mendorong inklusivitas dan kesetaraan kami menjaga konsistensi untuk terus membuka peluang yang sama bagi seluruh individu dengan berbagai latar belakang dalam hal ini untuk pendidikan dibuka mulai dari untuk SMA atau yang sederajat hingga S2 kemudian fresh graduate maupun juga yang experience hire," ujarnya.

Dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2024 terdapat 100 lebih perusahaan BUMN yang ikut berpartisipasi. RBB tahun ini menyediakan lapangan kerja sebanyak 688 dan 1.830 posisi dalamnya

Alexandra menjelaskan, untuk tahapan seleksi RBB akan dilakukan beberapa tes, diantaranya tes kemampuan dasar, tes akhlak, tes bahasa Inggris. Selain itu, FHCI juga menambahkan tes wawasan kebangsaan dan learning agility  kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi terakhir di masing-masing perekrutan, yaitu tes kemampuan bidang.

"Insyaallah hal ini dapat terlaksana dengan lancar diharapkan nanti pengumuman akhir dilakukan di bulan Juli 2024," ujarnya.

Disamping itu, FHCI juga kembali memberikan kesempatan membuka program RBB untuk kalangan disabilitas. Namun, mekanisme rekrutmennta akan dilakukan terpisah dari rekrutmen reguler.

"Alhamdulillah kembali kita memberikan kesempatan untuk teman-teman disabilitas untuk ikut di dalam program rekrutmen bersama BUMN 2024 ini,  khusus buat teman-teman disabilitas mekanisme rekrutmennya dilakukan terpisah dari rekrutmen reguler yang mana kami akan menyediakan informan yang nyaman buat teman-teman penyandang disabilitas," pungkas Alexandra.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Posisi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Sementara itu, Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tedi Bharata, mengungkap daftar posisi yang paling banyak dibutuhkan pada Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) resmi dibuka pada 23 Maret 2024 Maret 2024 hingga 1 April 2024.

Tedi menyebut terdapat enam posisi yang paling banyak dibutuhkan dalam Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024. Pertama, posisi untuk divisi pemasaran di berbagai perusahaan BUMN.

"Lowongan yang kita butuhkan untuk di BUMN untuk bidang pemasaran, yang paling besar nih pemasaran," kata Tedi dalam konferensi pers Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 di Kementerian BUMN, Jumat (22/3).

Kedua, posisi untuk divisi koperasi di sejumlah perusahaan milik negara. Selanjutnya, posisi yang paling banyak di cari Rekrutmen Bersama BUMN 2024 ialah engineering.

Posisi keempat yang dibutuhkan dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2024 ialah teknologi informasi (IT). Disusul, divisi keuangan dan legal compliance

"IT ini penting juga dengan kita ini kita butuh banyak talentanya di bidang IT dan juga di bidang keuangan yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan BUMN," jelas Tedi.

3 dari 4 halaman

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Maret 2024, Siapkan CV!

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali membuka program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 dalam waktu dekat. Peserta program Rekrutmen BUMN 2024  terbuka bagi jenjang pendidikan SMA/sederajat, D3, S1, hingga S2.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan tidak hanya induk/holding BUMN yang bergabung dalam RBB tahun ini. Melainkan juga anak perusahaan, cucu perusahaan dan perusahaan afiliasi BUMN.

"Harapan saya, dengan scope penerimaan yang lebih besar, RBB dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik dan menciptakan talenta unggul bagi bangsa," kata Erick Thohir dalam keterangannya dikutip Rabu (28/2).

Erick menilai,  program Rekrutmen Bersama BUMN ini sangat penting guna mendukung keberagaman dan transformasi di BUMN group. Sehingga, dapat menjadikan BUMN sebagai pemain global dan berpartisipasi dalam kemajuan perekonomian Indonesia.

"Kesempatan (RBB) ini juga pastinya berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat." imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Dibuka Maret 2024

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar menyampaikan, RBB dijadwalkan akan  dibuka pada bulan Maret 2024 mendatang.

"RBB rencananya akan mulai dibuka pada bulan Maret 2024," ucapnya.

Nantinya, para peserta dapat mengeksplorasi pilihan lowongan yang tersedia di berbagai bidang industri dan mengikuti seluruh rangkaian RBB 2024 tanpa dipungut biaya alias gratis. Kementerian BUMN dan FHCI juga tidak akan segan untuk menindaklanjuti segala bentuk praktik kecurangan yang dilakukan peserta maupun pihak lainnya.

"Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses di Sosial Media FHCI dan Kementerian BUMN," ujarnya.

Dia pun mengapresiasi amanah yang diberikan oleh Kementerian BUMN kepada FHCI untuk kembali menyelenggarakan kembali Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Pihaknya berjanji akan terus mengedepankan aspek transparansi dalam pelaksanaan RBB tahun ini.

"Kami akan terus melakukan peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) atas kualitas program RBB, Antara lain dengan peningkatan kehandalan sistem, evaluasi proses tahapan RBB, dengan informasi yang lebih detail dan clear yang memudahkan peserta, serta aspek transparansi dan akuntabilitas yang semakin baik" pungkasnya.

 

Reporter: Sulaeman 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini