Sukses

Daftar 25 Kementerian Lembaga yang Bakal Pindah IKN

BKN mengungkapkan terdapat sebanyak 2.505 Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dari 25 Kementerian / Lembaga (K/L) siap dipindahkan ke IKN

Liputan6.com, Jakarta Plt Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengungkapkan terdapat sebanyak 2.505 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 25 Kementerian / Lembaga (K/L) siap dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Haryomo menjelaskan pihaknya telah melakukan uji kompetensi untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh ASN. Ia menyebut hal ini menjadi dasar untuk pemindahan PNS ke IKN.

"Pada prinsipnya memang semua itu akan dipindah tapi karena skala prioritas yang kita prioritaskan pertama yang memenuhi syarat untuk bisa dipindahkan ke berdasarkan penerimaan kompetensi penilaian kompetensi yang dilakukan BKN," kata Haryomo dalam konferensi pers, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Ia menerangkan penilaian ASN yang ke IKN berdasarkan denganvliterasi digital dan core value BerAkhlak. Sehingga hasil darin penilaian tersebut akan disampaikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas.

"Sampai saat ini penilaian kompetensi bagi ASN yang akan dipindahkan terus kita lakukan yang pasti kompetensi yang dibutuhkan itu berkaitan dengan literasi digital dan core value BerAkhlak sehingga nanti hasil dari penilaian kompetensi itu akan kita sampaikan kepada Pak Menteri PANRB untuk dijadikan kebijakan dalam memproses mempercepat perpindahan IKN ini," tutupnya.

Daftar Kementerian Lembaga

Berikut Kementerian Lembaran yang ajukan ASN siap ke IKN Nusantara.

  1. Badan meteorologi klimatologi dan geofisika
  2. Badan Nasional Penanggulangan Bencana
  3. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan
  4. Badan Pangan Nasional
  5. Badan Lembinaan Ideologi Pancasila
  6. Badan Siber dan Sandi Negara
  7. Kejaksaan Agung
  8. Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertahanan Nasional
  9. Kementerian Dalam Negeri
  10. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  11. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  12. Kementerian Kesehatan
  13. Kementerian Keuangan
  14. Kementerian Komunikasi dan Informatika
  15. Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan
  16. Kementerian Luar Negeri
  17. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  18. Kementerian PANRB
  19. Kementerian Perdagangan
  20. Kementerian perencanaan pembangunan nasional/Bappenas
  21. Kementerian Sekretariat Negara
  22. Sekretariat Jenderal DPR RI
  23. Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial
  24. Sekretariat Jenderal MPR
  25. Setjen Dewan Perwakilan Daerah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo ke IKN, Cek Pembangunan Istana hingga Lapangan Upacara

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membahas kesiapan pelaksanaan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 di kawasan ibu kota negara baru Indonesia bernama Nusantara atau IKN Nusantara

"Menhan bahas kesiapan pelaksanaan upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun dikutip dari Antara, Selasa (19/3/2024).

Pertemuan tertutup bersama Menhan Prabowo Subianto itu dilakukan di ruang pertemuan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN Nuantara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Yang dibahas kesiapan lapangan upacara dan sarana pendukung lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan upacara kenegaraan itu," jelas bupati.

Pertemuan itu juga membahas kesiapan pembangunan kantor pemerintahan yang bakal digunakan setelah pelaksanaan upacara kemerdekaan. Termasuk kesiapan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, dalam memberikan daya dukung di ibu kota negara baru Indonesia.

3 dari 3 halaman

Proyek Jalan Tol IKN

Pembangunan jalan tol prasaran penunjang transportasi Kota Nusantara yang dibangun di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, diharapkan segera rampung agar transportasi pejabat dan tamu negara tidak terhambat dan lancar.

"Menhan sampaikan terkait mekanisme pelaksanaan upacara dan juga ingin mengetahui sejauh mana kesiapan sarana prasarana," kata bupati. "Beliau pahami kondisi dan persiapan di Kota Nusantara, dan minta dapat terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Makmur Marbun.

Menhan Prabowo Subianto sekaligus melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi pembangunan di kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara terutama istana dan kantor kepresidenan, serta lapangan upacara yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Rombongan Kementerian Pertahanan setelah melakukan kunjungan dari Kalimantan Selatan, mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan, pagi harinya melanjutkan perjalanan melalui jalur udara dengan helikopter menuju Kota Nusantara, dan kembali ke Jakarta sekitar pukul 11.30 WITA.

 

 

 

Reporter: Siti Ayu Rachma 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini