Sukses

Indonesia Jadi Tujuan Investasi Favorit Pengusaha China

China, menjadi salah satu negara yang menanamkan modalnya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi salah satu negara dengan tujuan favorit para investor dunia. Dengan pertumbuhan ekonomi yang konsisten, ini menjadi salah satu alasan mereka mau menanamkan investasinya.

China, menjadi salah satu negara yang menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan hasil pameran dagang internasional China Homelif yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran Jakarta beberapa waktu lalu.

General Manager Meorient Exhibition International, Larissa Zhou mengatakan jika ada beberapa perusahaan China yang menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di Indonesia.

Ketertarikan para investor dari China ini berupa pembukaan pabrik dari China ke Indonesia.

"Dalam empat hari pameran, kami menerima banyak permintaan tentang rencana memindahkan pabrik dari Tiongkok ke Indonesia. Contohnya perusahaan jendela dan pintu aluminium Tiongkok dimana mereka sudah berdiskusi dengan Ikatan Pengusaha Bahan Bangunan Indonesia (IPBBI) tentang rencana mereka mengembangkan pabrik manufaktur lokal. Dan ada juga perusahaan produk plastik yang ingin buka pabrik di sini," kata Larissa ditulis, Selasa (19/3/2024).

Pameran yang menghadirkan lebih dari 400 produsen dari China dan juga lokal ini menghadirkan berbagai ribuan produk seperti bahan bangunan, furnitur, elektronik, produk kebutuhan rumah tangga hingga dekorasi.

Ini bukan hanya sekedar pameran produk atau pameran dagang, tetapi juga memiliki peranan untuk mempromosikan perdagangan dan kerja sama bilateral yang baik dan berkesinambungan antara China dan Indonesia.

Karena pada tahun ini Meorient Exhibition International juga membuka pameran untuk peserta pameran lokal.

"Karena kami membawa peserta pameran dari Tiongkok, mereka banyak yang tertarik mengimpor dari Indonesia. Untuk itu kami juga mengadakan forum bisnis untuk mereka yang mau menjual produk ke Tiongkok," ujar Larissa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak ke Pengembangan Bisnis

Tidak hanya itu, pada kesempatan itu Larissa juga mengatakan banyak pengunjung pameran yang merasa terbantu dalam memperoleh produk, inovasi dan teknologi baru di pameran ini. Tidak sedikit yang merasa bahwa pameran ini memberikan dampak besar dalam mengembangkan bisnis mereka seusai datang ke pameran.

Karena sebelumnya banyak para pebisnis di Indonesia tidak memiliki koneksi dengan produsen di Tiongkok pun dengan permasalahan jarak, waktu dan biaya. Sehingga pameran ini sangat membantu para pebisnis untuk bertemu langsung dengan produsen atau supplier tangan pertama.

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan ribuan terima kasih atas dukungan dari semua peserta pameran, pemerintahan Indonesia, pemerintahan Tiongkok, para segenap instansi, asosiasi, vendor, kontraktor, mitra dan tentunya para pengunjung pameran mulai dari masa persiapan, berlangsungnya pameran hingga selesai pada sore ini. Sebuah dukungan yang luar biasa yang kami rasakan. Kami sangat senang pameran bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Larissa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Investor