Sukses

Menhub Blusukan di Stasiun Klaten, Janji Bakal Percantik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin mempercantik dua stasiun kereta api di Klaten, Jawa Tengah dan Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin mempercantik dua stasiun kereta api di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di samping itu, langkah ini sekaligus meningkatkan pelayanan ke para pengguna.

Dua stasiun yang jadi target Menhub Budi adalah Stasiun Klaten di Jawa Tengah dan Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta. Keduanya merupakan stasiun bersejarah peninggalan Belanda.

“Selain melestarikan bangunan stasiun Klaten, beautifikasi juga dilakukan untuk mengedepankan kenyamanan pelanggan. Ruang tunggu serta sirkulasi naik dan turun penumpang akan dioptimalkan,” ujar Menhub dalam kunjungannya, dikutip dari keterangan resmi, Senin (11/3/2024).

Stasiun Klaten merupakan bagian dari jalur kereta api pertama di Indonesia yang diresmikan pada 9 Juli 1871 dan juga stasiun pertama yang dibangun di antara Solo-Jogja.

Saat ini dalam satu bulan, jumlah rata-rata penumpang kereta jarak jauh Stasiun Klaten berjumlah 21.910 orang berangkat dan 21.109 orang datang. Sedangkan jumlah rata-rata penumpang kereta api commuter sebanyak 32.094 orang per bulan.

Stasiun Lempuyangan

Sedangkan Stasiun Lempuyangan merupakan salah satu stasiun tua yang ada di Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan atau yang awalnya bermana Stasiun Djokdja diresmikan pada 2 Maret 1872 oleh NISM (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschaappij).

Ini merupakan instansi milik pemerintah kolonial Belanda yang bergerak pada bidang transportasi kereta api. Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun pertama yang dibangun di wilayah Yogyakarta, kemudian disusul Stasiun Yogyakarta.

Saat ini dalam satu bulan Stasiun Lempuyangan rata-rata melayani penumpang kereta jarak jauh sebanyak 106.748 orang berangkat dan 106.383 orang datang. Sedangkan jumlah rata-rata penumpang kereta api commuter sebanyak 64.210 orang per bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stasiun Lainnya

Pada kunjungan tersebut, Menhub juga mengecek progres beautifikasi yang sedang berlangsung di Stasiun Yogyakarta. Beautifikasi Stasiun Yogyakarta dilakukan dengan meningkatkan kualitas ruang dan visual pada bangunan yang ditetapkan sebagai cagar budaya. Selain itu, melakukan perombakan pada bangunan-bangunan sesuai kebutuhan.

Selain Stasiun Klaten, Lempuyangan, dan Yogyakarta, kegiatan mempercantik dan memperindah stasiun juga akan dilakukan di Stasiun Cirebon, Solo Balapan, Solo Jebres, serta Solo Kota.

“Mudah-mudahan kita bisa bersama-sama PT KAI merevitalilasi dan mempercantik sejumlah stasiun di Indonesia,” ujar Menhub Budi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Djarot Tri Wardhono dan Kepala Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

 

3 dari 3 halaman

1,2 Juta Tiket KA Mudik Lebaran Terjual

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sudah ada 1.230.754 tiket KA mudik Lebaran yang sudah terjual. Angka ini setara dengan 41 persen dari total tiket kereta api yang bisa dipesan oleh masyarakat.

"Berdasarkan pantauan data pada Minggu (10/3) pukul 07.30, tiket KA Jarak Menengah/Jauh yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) adalah sebanyak 1.230.754 tiket atau 41 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 3.009.733 tiket pada periode tersebut," kata VP Public dan Relation KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Minggu (10/3/2024).

Joni memproyeksikan penjualan tiket mudik lebaran ini akan terus meningkat, karena penjualan masih berlangsung. Ia mencatat tiket KA paling banyak terjual pada H-4 Lebaran atau 6 April 2024. Jumlahnya mencapai 82.186 tiket tiket yang terjual.

Kemudian, pasca lebaran tiket KA banyak terjual adalah pada tanggal 14 Apr 2024 (H+3), yakni sebanyak 84.950 tiket.

KAI pun mengingatkan, jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif. Selain itu, pelanggan bisa memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini