Sukses

bank bjb Bersama Sejumlah Perbankan Teguhkan Komitmen Dukung Pencapaian Net Zero Emission di Indonesia

bank bjb senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip Environmental, Social dan Governance (ESG) sekaligus menerapkan praktik bisnis yang peduli pada aspek keberlanjutan.

Liputan6.com, Jakarta bank bjb senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip Environmental, Social dan Governance (ESG) sekaligus menerapkan praktik bisnis yang peduli pada aspek keberlanjutan, termasuk komitmen dalam penerapan Net Zero Emission (NZE) dengan menjaga tiga pilar penting, yaitu profit, people dan planet untuk generasi yang akan datang.

"bank bjb berkomitmen untuk mendorong dekarbonisasi dan mendukung tercapainya net zero emission (NZE) Indonesia," ucap Yuddy dalam acara "Indonesia Banking Road to Net Zero" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Jakarta, Senin (4/3).

Turut hadir Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Dian Ediana Rae, Deputi Komisioner Pengawas Konglomerasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Teguh Supangkat, Komisaris Utama Independen bank bjb Farid Rahman, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, Direktur Komersial & UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, serta sejumlah bankir kenamaan lainnya dari berbagai perwakidaridari 6 Bank terpilih.

Sebagai catatan, bank bjb merupakan satu-satunya BPD yang diundang dari total 7 Bank yang terpilih sebagai perwakilan industri perbankan dalam pencapaian target NZE Indonesia. bank bjb dinilai OJK sebagai perusahaan yang memiliki komitmen nyata dalam mendukung pencapaian NZE dengan pertimbangan telah memenuhi penilaian maturitas yang berkelanjutan oleh OJK. 

Yuddy menegaskan bank bjb berkomitmen untuk mendukung penuh terwujudnya “Net Zero Emission Indonesia” melalui berbagai inisiatif berbasis Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola pada berbagai aktivitas operasional bank

bank bjb telah mengimplementasikan keuangan berkelanjutan melalui pengelolaan lingkungan operasional yang rendah karbon emisi, pengembangan produk jasa keuangan berkelanjutan dan pengelolaan tanggung jawab sosial lingkungan. 

Berkat penerapan bisnis dengan prinsip mendukung implementasi NZE, bank bjb telah berhasil mengurangi total emisi gas rumah kaca sebanyak 21,9% persen. Program penyerapan emisi karbon telah mengurangi emisi sebanyak 33.510 ton CO2 equivalent dalam 4 tahun terakhir. 

"Kami terus meningkatkan praktik operasional dan bisnis yang rendah emisi demi mendukung tercapainya net zero emission Indonesia," tegas Yuddy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

bjb Dorong Gaya Hidup Rendah Emisi Karbon

Sebagai Emiten yang mengimplementasikan keuangan berkelanjutan, bank bjb memiliki fokus untuk mengembangkan kapasitas internal organisasi mengenai keuangan berkelanjutan, pengelolaan lingkungan Internal yang ramah lingkungan hidup, pengelolaan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan, peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Yang Berkelanjutan Terhadap Masyarakat Dan Pelaku Industri  dan pengembangan Produk dan/atau Jasa Keuangan Berkelanjutan.

“Secara bertahap dan terus dikembangkan, kami mendorong penggunaan energi baru dan terbarukan dalam mobilitas pegawai dengan menyediakan EV Charging Station pada jaringan kantor,” ucap Yuddy.

Selanjutnya, bank bjb juga berkomitmen mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, Penggunaan solar panel, perangkat listrik yang hemat energi, pengurangan penggunaan tinta dan kertas melalui proses kerja yang paperless, sampai dengan mendorong gaya hidup rendah emisi karbon melalui “bjb Wellness Program”.

Dengan program-program tersebut, bank bjb  telah berhasil mengurangi total emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas operasional sebanyak 21.9% yang akan terus kami lanjutkan untuk menjadi Emiten dengan Net Zero Emission.

Adapun program Corporate Social Responsibility (CSR) dilaksanakan untuk memberikan manfaat sosial dan lingkungan, termasuk mendorong pengurangan emisi yang berdampak pada perubahan iklim dan pemanasan global. Salah satu nya melalui program penanaman pohon yang Sebagian besar dilakukan melalui penanaman mangrove yang telah mengurangi emisi karbon sebanyak 33.510 ton Co2 equivalent dalam 4 tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

bank bjb Aktif dalam Bursa Karbon Indonesia

Sementara itu, guna mengantisipasi dampak risiko perubahan iklim dan lingkungan pada keuangan dan operasional bank, bank bjb juga mendukung kebijakan OJK membangun kerangka penilaian ketahanan model bisnis dan strategi bank terhadap perubahan iklim, dengan menjadi salah satu bank dalam Task Force Climate Related Financial Risk dan melakukan Climate Risk Stress Testing untuk mengukur dan melakukan transisi bisnis ke arah yang lebih rendah karbon.

bank bjb juga terlibat aktif dalam Bursa Karbon Indonesia dan menjadi BPD pertama yang berpartisipasi melakukan pembelian carbon credit sebagai set off dari emisi carbon yang dihasilkan oleh operasional bank bjb. 

Berkat komitmen pada NZE disertai penerapan prinsip ESG, bank bjb belum lama ini juga meraih rating tinggi (Predikat Leadership AA) dalam penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dari Global Karbon Foundation (BGK Foundation).  

Ditegaskan Yuddy, bank bjb senantiasa menerapkan prinsip keberlanjutan dalam menjalankan roda bisnis sekaligus keberlangsungan lingkungan dan sosial. Perusahaan pun selalu menjadikan praktik usaha berkelanjutan sebagai acuan dalam memandu langkah-langkah strategis ekspansi perusahaan.

Yuddy memastikan, komitmen pada NZE yang dipegang teguh bank bjb menjadi indikator penting dalam mengukur keberhasilan lembaga dalam memberikan kontribusi yang menyeluruh bagi semua stakeholder.

"Hal ini tercermin dari portofolio pembiayaan hijau bank bjb yang terus tumbuh,” ungkap Yuddy.

Pada November 2023, bank bjb meraih penghargaan untuk kategori Best Regional Bank on ESG Implementation. Penghargaan ini diraih karena bank bjb memiliki portofolio pembiayaan hijau mencapai Rp15,1 triliun.

Pembiayaan hijau disalurkan melalui berbagai program pemerintah. Contohnya, program INDAH untuk proyek infrastruktur; Mesra untuk tempat peribadatan; dan lainnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.