Sukses

Mengenal Sosok Miliarder Jacob Rothschild, Bankir yang Punya Kekayaan Rp 16,3 Triliun

Miliarder dan Bankir dari dinasti perbankan milik keluarga Rothschild, Lord Jacob Rothschild, meninggal dunia pada usia 87 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari keluarga miliarder ternama Rothschild. Bankir dari dinasti perbankan milik keluarga Rothschild, Lord Jacob Rothschild, meninggal dunia pada usia 87 tahun.

Dalam pernyataannya, keluarga Rothschild mengenang sosok Jacob Rothschild sebagai "kehadiran yang menonjol dalam kehidupan banyak orang".

Melansir BBC, Selasa (27/2/2024) Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair menyampaikan bela sungkawa dan penghormatan kepada keluarga Jacob Rothschild, yang juga merupakan sosok sahabat Blair.

Saat menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Rothschild, Tony Blair mengatakan dia akan sangat merindukan rekannya.

“Dia tentu saja merupakan tokoh penting dalam komunitas Yahudi di Inggris, namun pengaruhnya bersifat global dalam dukungannya terhadap tujuan-tujuan besar, termasuk dalam bidang seni dan lingkungan hidup, dan dalam upayanya yang tak kenal lelah untuk memajukan perdamaian di Timur Tengah,” tutur Blair.

Di platform X, National Gallery juga memposting pernyataan bela sungkawa atas waratnya Jacob Rothschild.

“Jacob Rothschild adalah seorang pengusaha, filantropis dan pemimpin budaya. Pikiran kami tertuju pada keluarga dan orang-orang terkasihnya,” tulisnya.

Sosok Lord Jacob Rothschild

Lahir di Berkshire pada tahun 1936, Lord Jacob Rothschild menempuh pendidikan di Eton College dan melanjutkan studi sejarah di Christ Church, Oxford.

Dia bergabung dengan bank milik keluarganya pada tahun 1963 tetapi keluar pada tahun 1980 setelah berselisih dengan sepupunya Sir Evelyn de Rothschild.

Dia kemudian membangun bisnis keuangannya sendiri di Kota London, mendirikan perwalian investasi RIT Capital, yang dipimpinnya hingga tahun 2019.

Jacob Rothschild menikah dengan Lady Serena Rothschild selama lebih dari 50 tahun hingga kematiannya pada tahun 2019. Mereka memiliki empat anak.

Rothschild juga memegang sejumlah jabatan, termasuk wakil ketua di BSkyB Television, direktur RHJ International, yang sekarang dikenal sebagai BHF Kleinwort Benson Group, dan merupakan anggota dewan Duchy of Cornwall untuk Pangeran Wales saat itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekayaan Keluarga Rothschild

Keluarga Rothschild diperkirakan memiliki kekayaan sekitar 825 juta poundsterling atau setara Rp 16,3 triliun, menurut Sunday Times Rich List 2023 lalu.

Keluarga perbankan Rothschild bermula dari Frankfurt pada abad ke-18, kemudian pindah ke kota-kota di seluruh Eropa untuk membangun bisnis perbankan.

Pada tahun 1815, bank milik Rothschild memperoleh keuntungan besar ketika Nathan Mayer Rothschild membeli obligasi pemerintah Inggris untuk mengantisipasi kekalahan Napoleon di Waterloo.

Sepupu Lord Jacob Rothschild, Sir Evelyn de Rothschild, adalah ketua NM Rothschild antara tahun 1976 dan 2003, dan secara historis memberi nasihat keuangan kepada mendiang Ratu Elizabeth II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini