Sukses

Jika Bertemu Penjelajah Waktu, Bill Gates Bakal Tanya Hal Ini

Saat ini, lebih dari 9 persen penduduk dunia atau lebih dari 700 juta orang hidup dengan pendapatan kurang dari USD 2,15 per hari, suatu tingkat yang menunjukkan kemiskinan ekstrem.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Microsoft sekaligus miliarder dunia, Bill Gates mengungkapkan hal yang akan ia tanyakan jika bertemu dengan seorang penjelajah waktu.

Jika Bill Gates bertemu dengan seorang penjelajah waktu dari tahun 2100, ia mengatakan pertanyaan pertamanya bukanlah tentang keluarganya, atau harga saham Microsoft.

Melansir CNBC International, Selasa (13/2/2024) Bill Gates mengungkapkan, ia akan menanyakan perkembangan kualitas hidup manusia jika bertemu dengan penjelajah waktu.

 

“Pada akhirnya, semuanya diukur melalui kesejahteraan manusia,” kata Gates dalam episode terbaru podcastnya, “Unconfuse Me.”

 

Dalam episode tersebut, miliarder itu mewawancarai ilmuwan data di Universitas Oxford, Hannah Ritchie, yang bukunya “Not the End of the World” menawarkan pandangan optimis tentang bagaimana dunia dapat memenangkan perjuangannya melawan perubahan iklim.

Gates menanyakan "pertanyaan teratas" kepada Ritchie untuk ditanyakan kepada penjelajah waktu dari masa depan.

Ritchie pun menanggapi bahwa hal itu bergantung pada jumlah persentase penduduk dunia yang dapat hidup dengan penghasilan hingga USD 20 per hari pada tahun 2100?

“Jawabannya akan mengungkapkan sedikit tentang tingkat kemiskinan di masa depan, dan apakah kita telah mencapai kemajuan dalam bidang kesehatan, pertanian, dan kemiskinan,” kata Ritchie.

Saat ini, lebih dari 9 persen penduduk dunia atau lebih dari 700 juta orang hidup dengan pendapatan kurang dari USD 2,15 per hari, suatu tingkat yang menunjukkan kemiskinan ekstrem, menurut Bank Dunia

Jika sebagian besar orang hidup dengan pendapatan hampir USD 20 per hari pada tahun 2100, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah, maka hal ini akan menjadi pencapaian yang luar biasa, menurut Ritchie, dan sebuah tanda bahwa umat manusia kemungkinan besar telah mencapai kemajuan dalam mitigasi perubahan iklim.

“Asumsi saya adalah bahwa jika perubahan iklim menimbulkan dampak yang sangat buruk, pertanian hancur dan kesehatan sangat buruk, dan masyarakat terjerumus ke dalam kemiskinan,” ungkap Ritchie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Energi Terbarukan hingga Teknologi AI

Pada awalnya, Gates mengatakan dia lebih memilih untuk bertanya tentang produksi energi dan kecerdasan buatan.

“Bagaimana Anda menghasilkan energi? Apakah itu fusi atau fisi atau hal yang tidak terduga?” Dia bertanya.

“Dan kemudian pahami bagaimana AI membantu mereka bersatu... atau bagaimana mereka mengatasi tantangan tersebut,” ucapnya.

Sebagai informasi, fusi dan fisi adalah jenis energi nuklir. Gates memuji keduanya sebagai sumber energi bersih yang menjanjikan, salah satu pendiri startup energi nuklir TerraPower pada tahun 2006 yang dapat membantu melawan perubahan iklim.

Gates juga menolak berbagai skenario kiamat seputar kemajuan AI, dengan mengatakan bahwa teknologi tersebut pada akhirnya dapat membantu dunia memecahkan tantangan global di berbagai bidang seperti kesehatan dan pendidikan.

Namun setelah direnungkan, terlepas dari ketertarikan pribadinya pada energi dan AI, Gates berubah pikiran dan menyelaraskan tanggapannya lebih dekat dengan pertanyaan Ritchie.

Penyelidikan terbaik adalah penyelidikan yang mengungkap kesejahteraan umum manusia di seluruh dunia, katanya.

“Kamu benar,” kata Gates. “Rapornya bukanlah taktik. Itu adalah kualitas hidup,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini