Sukses

Mengenal Lithium Ferro Phosphate LFP dan Perbedaan dengan NMC Nikel di Baterai Kendaraan Listrik

Apa itu Lithium Ferro Phosphate LFP? Bagaimana kualitas LFP jika dibandingkan dengan NMC? Berikut ulasannya:

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia membantah mobil listrik Tesla meninggalkan penggunaan baterai NMC (Nickel Manganese Cobalt) dan memilih penggunaan baterai LFP (Lithium Ferro Phosphate).

Menurut Bahlil, produksi Tesla di China yang menggunakan baterai LFP hanya untuk model dengan standar menengah. Sementara beberapa jenis mobil lainnya Tesla memilih menggunakan NMC.

"Tesla masih menggunakan nikel. Dia (Tesla) pakai LFP itu untuk produk yang standar yang biasa," kata Bahlil saat konferensi pers realisasi investasi 2023, Rabu (24/1).

Saat dikonfirmasi kembali, Bahlil menegaskan industri nikel Indonesia tetap kompetitif meski persaingan baterai dengan lithium dari China semakin kuat.

Menurut Bahlil, menguatanya industri nikel Indonesia sangat kompetitif ditandai dengan investasi perusahaan asal China Contemporary Amperex Technology Co. (CATL) melalui PT Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co, Ltd. (CBL).

"(Industri nikel Indonesia) kompetitif dong, kalau tidak kompetitif enggak mungkin CATL masuk ke Indonesia," pungkasnya.

Lalu apa itu LFP? Bagaimana kualitas LFP jika dibandingkan dengan NMC? Berikut ulasannya:

1. Performa jarak

LFP hanya mampu mencapai jarak yang lebih dekat dari NMC. Jarak tempuh baterai LFP diklaim bisa mencapai kurang lebih 700 km. Sedangkan NMC dapat mencapai lebih dari 1000 km.

2. Pengisian daya

Performa fast charging LFP sedikit di bawah NMC. Performa tenaga LFP memiliki kapasitas yang lebih rendah yaitu 3,2 volt dan kurang bekerja dengan baik pada kondisi musim dingin. Sedangkan NMC memiliki kapasitas 3,5 - 3,7 volt yang dapat bekerja baik pada kondisi musim dingin.

3. Ukuran dan berat

Baterai pack LFP lebih berat dan cenderung lebih besar dengan hanya menghasilkan listrik 125 watt hour per kg, dibanding NMC yang menghasilkan 300 watt hour per kg

4. Harga

Rata-rata, harga baterai LFP berkisar USD70-80 per KWH, atau lebih murah 20 - 30 persen dari harga baterai NMC yang rata-rata USD90 - 100 per KWH.

5. Masa pakai

Umur baterai LFP lebih panjang dan dapat diisi hingga 3000 kali siklus pengisian dibandingkan baterai NMC yang hanya 1000 - 2000 kali.

6. Keamanan

Baterai LFP tidak mudah terbakar bila mengalami kebocoran, karena suhu sewa sulut mencapai 270 derajat celcius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baterai Kendaraan Listrik Berbahan Nikel Vs LFP, Mana Lebih Baik?

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan, nikel masih digunakan untuk bahan baku baterai mobil listrik.

Hal itu menanggapi pernyataan Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong yang menyebut Lithium Ferrophosphate (LFP) sebagai alternatif bahan baku baterai kendaraan listrik ketimbang nikel.

"Ini sumber polemik, saya ingin katakan tidaklah benar kalau ada seorang mantan pejabat atau pemikir atau siapapun yang katakan nikel ga lagi jadi bahan yang dikerja investor untuk buat baterai mobil," kata Bahlil dalam konferensi pers kinerja investasi tahun 2023, di Kantor Kementerian Investasi, Rabu (24/1/2024).

Bahlil menjelaskan, memang LFP dipakai Tesla lantaran mobilnya masih tergolong standar. Namun, kualitas terbaik untuk bahan baku kendaraan listrik masih dipegang nikel. Bahkan Bahlil menegaskan baterai dengan komposisi nikel lebih bagus dibanding LFP.

"Tesla sebagian juga masih memakai baterai mobil yang bahan baku nikel. Jadi jangan omon-omon saja!" ujarnya.

Nikel Komoditas Penting

Lebih lanjut, Menteri Investasi menyebut nikel komoditas penting. Hal itu terlihat dari banyaknya pihak yang menekan Indonesia lantaran Indonesia memiliki komoditas nikel terbesar di dunia.

Dalam kesempatan ini, Bahlil menyoroti terkait data IMF pada tahun 2023 yang pernah merilis laporan bahwa IMF mengakui pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen, kemudian inflasi terjaga.

Kendati begitu, kata Bahlil, IMF juga merekomendasikan kepada Indonesia agar melakukan pelarangan ekspor barang mentah. Rekomendasi tersebut sebagai wujud ketidaksukaan terhadap  hilirisasi yang dilakukan Indonesia. "Jangan sampai bangsa ini ada antek asing dalam pengaruhi kebijakan publik," pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

Sudah Kuat di Nikel, Indonesia Bakal Ikut Kembangkan LFP?

Sebelumnya, Indonesia sempat digadang-gadang bisa ikut terlibat dalam rantai industri kendaraan listrik, karena memiliki kekayaan berupa nikel. Namun, nikel mendapat tantangan dari lithium ferrophosphate (LFP) yang dipakai pabrikan besar dunia sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Nurul Ichwan menilai Indonesia sebenarnya punya potensi untuk mengembangkan nikel dan LFP di industri hilir.

Hanya saja, ia melihat pasar baterai kendaraan listrik di Tanah Air belum sebesar negara lain. Sebab, Nurul mengatakan pemakaian EV di Indonesia terhitung masih sangat rendah.

"Sebenarnya dua-duanya tetap berlaku. Kita punya potensi. Bagi kami sebenarnya potensi untuk mengembangkan itu untuk downstreamnya masih terbuka," ujar Nurul di Pullman Jakarta Indonesia Thamrin CBD, Selasa (23/1/2024).

"Potensi pengembangan industri kendaraan listrik yang menggunakan LFP dan NMC (Nickel Manganese Cobalt Oxide) masih punya kemungkinan. Saya lihat 2040 atau 2035 masih bisa tumbuh dua-duanya," sambungnya.

Nurul pun tidak mempermasalahkan klaim bahwa pabrikan kendaraan listrik sekarang banyak beralih ke LFP, seperti diutarakan Co Captain Timnas AMIN, Thomas Lembong. Namun, itu belum tentu akan terus berlaku ke depan.

"Kalau disampaikan para ahli seperti pak Tom Lembong, dan ahli lain itu ada benarnya. Tapi belum tentu 100 persen benar karena ada sesuatu yang belum terjadi ke depan. Karena at the end of the day demand akan memengaruhi itu semua," imbuhnya.

Terkait potensi Indonesia mengembangkan LFP, Nurul mengakui negara tidak punya modal bahan baku yang cukup memadai.

"Kita lithium tidak punya, kemudian untuk Fe besinya kita punya, tapi kita juga tahu tidak ada yang terkonsentrasi dalam jumlah besar dalam satu tempat. Biasanya kecil-kecil, bukan berarti kita tidak punya," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Investasi

Meskipun begitu, Indonesia bisa menarik investasi untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Sehingga pemerintah pemerintah membuka pasar sehingga bisa menjadi daya tarik bagi investor.

"Kalau bicara investasi tidak harus kita punya itu. Tetapi kalau ekosistem EV itu sudah ada, itu sudah jadi daya tarik sendiri. Maka yang jadi tujuan kita sekarang membangun ekosistem itu dulu, market kita buka. Sehingga ini menjadi daya tarik mereka," urainya.

"Entah mereka kalau bikin baterai LFP prosesnya boleh saja dibikin di Indonesia karena berdekatan dengan industrinya. Kalau ekosistem baterai sudah ada di Indonesia, EV-nya juga akan muncul di Indonesia," pungkas Nurul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.