Sukses

Unit Usaha Krakatau Steel Bidik Ekspansi Bisnis ke IKN, Mau Garap apa?

PT Krakatau Sarana Properti yang merupakan salah satu unit bisnis dari BUMN Krakatau Steel berupaya untuk melakukan ekspansi bisnis ke Ibu Kota Nusantara. Bisnis yang diincar adalah logistik.

Liputan6.com, Jakarta Kinerja PT Krakatau Sarana Properti (KSP) di sepanjang 2023 cukup menggembirakan. Direktur PT KSP Iip Arief Budiman mengungkapkan, berdasarkan perhitungan manajemen, target yang ditetapkan pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) berhasil dicapai.

Menurut Iip, atas hasil kinerja semua unit bisnis di PT KSP yang positif tersebut layak mendapatkan nilai diatas 8.

“Untuk kinerja 2023 masih dalam proses final diaudit oleh akuntan publik. Alhamdulillah target tercapai, semoga setelah proses audit selesai tidak berubah banyak angkanya, jadi perhitungan kami dengan auditor tidak terlalu banyak perbedaannya,” ujar Iip Arief Budiman dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/1/2024).

Pada 2024 ini, kata Iip, PT Krakatau Sarana Properti yang merupakan salah satu unit bisnis dari BUMN Krakatau Steel berupaya untuk melakukan ekspansi bisnis ke Ibu Kota Nusantara. Bisnis yang diincar adalah logistik.

"Kita baru saja kick-off kontrak manajemen dan RKAP tahun 2024. Memang akan ada beberapa perubahan strategi bisnis, dimana kami akan lebih menekankan pada pengembangan bagian dari sektor bisnis PT.KSP dengan tetap memperhatikan kondisi sosial ekonomi kita. Kami juga tengah mengkaji peluang bisnis di IKN dansaat ini kita sudah menunjuk konsultan dari salah satu Perguruan Tinggi ternama untuk melakukan kajian dan sudah hampir selesai," ungkapnya.

"Kami akan segera bertemu dengan konsultan itu untuk memfinalisasi hasil kajian. Dari kajian itu kita akan melihat peluang untuk investasi di area penunjang IKN. Rencananya, kami akan mengembangkan kawasan penunjang yang mendukung lalu lintas logistik di IKN,” jelas Iip.

Lanjutnya, ekspansi bisnis ini merupakan salah satu upaya dari perusahaan untuk mendapatkan pemasukan dari sektor bisnis baru di tahun ini. Selain itu, PT KSP juga akan tetap menggenjot pemasukan dari sektor bisnis lainnya yaitu penjualan Kawasan Industri Krakatau, lalu hotel, persewaan gudang, sport center dan perumahan.

“Saat ini kami tengah membangun empat unit gudang baru yang sudah dimulai sejak November 2023 yang tentunya akan menjadi revenue baru pada tahun ini. Sudah ada sejumlah calon tenant yang menanyakan availability dari gudang yang baru dibangun tersebut,” jelas Iip.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Unit Gudang Baru

Rencananya, empat unit gudang baru tersebut sudah bisa dipakai pada Februari 2024. Selain membangun gudang baru, PT KSP juga berencana mengembangkan sektor perumahan dan juga pusat olahraga.

Iip Arief Budiman juga optimis Kawasan Industri Krakatau masih sangat potensial dan strategis untuk menarik minat para investor baik lokal dan manca negara karena mempunyai infrastruktur dan fasilitas penunjangnya yang terbilang sangat lengkap. Terkait juga pelaksanaan pemilu pada bulan depan, Ia berharap pesta demokrasi lima tahun sekali itu bisa berjalan lancar dan damai.

“Pemilu yang damai dan suasana yang kondusif dan stabil, tentu ujungnya berdampak pada investor baik lokal dan luar negeri. Karena itu, tentu kita berharap, siapa pun yang akan jadi pemenang pada pemilu nanti, semua prosesnya akan berjalan lancar dan juga damai. Dunia usaha sangat berharap pemilu akan memberikan dampak positif terhadap bisnis di Tanah Air,” pungkas Iip.

3 dari 4 halaman

Lebarkan Sayap, Anak Usaha Krakatau Steel Jajaki Kelola Kawasan Industri di Gresik

PT Krakatau Sarana Properti (KSP) terus menggelorakan semangat kerja cepat, cerdas dan tuntas agar bisa mewujudkan dan merealisasikan target yang sudah ditetapkan dalam RKAP. Peluang untuk menjadi juara di luar Cilegon semakin terbuka karena UU menyebut industri harus berada di sebuah kawasan.

Karena itu, PT KSP juga mulai bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk membangun kawasan industri di luar kota Cilegon. Salah satunya di kawasan Gresik.

“Tiga minggu lalu, kami menangkap peluang dari rencana pembangunan kawasan industri di Gresik dari salah satu mitra Krakatau Steel. Mereka melihat kompetensi PT KSP dalam mengelola kawasan industri. Kami sambut baik tawaran itu dan akan kami kaji kembali,” jelas Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman dikutip Minggu (9/7/2023).

PT Krakatau Sarana Properti (KSP) resmi berdiri pada 1 Juli 2021 dan menjadi bagian dari Subholding PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI). Sebagai perusahaan dengan bidang usaha utama sebagai pengelola kawasan industri, kompetensi utama KSP adalah menyediakan dan mengelola kawasan industri dengan layanan lengkap dan terintegrasi.

Layanan yang disediakan KSP mencakup fasilitas yang diperlukan oleh para investor di Kawasan Industri Krakatau seperti infrastruktur dan utilitas kawasan diantaranya jalan, pelabuhan, listrik, air dan gas. KSP memiliki pengalaman dalam membangun dan megelola properti industri baik melalui Kawasan Industri Krakatau terpadu di Kawasan Industri Krakatau 1, Kawasan Industri Krakatau 2 dan Kawasan Industri Krakatau 3, maupun melalui pergudangan antara lain Pergudangan Krakatau 1, Pergudangan Antartika, Pergudangan Australia dan Pergudangan Krakatau 2 serta Bangunan Pabrik Siap Pakai.

 

4 dari 4 halaman

Pengembangan Properti Komersial

Selain itu, KSP juga memiliki pengalaman dalam mengelola dan mengembangkan properti komersial sebagai pendukung kegiatan industri. Properti komersial yang dimiliki dan ditawarkan oleh KSP antara lain hotel, golf & sport center dan perumahan.

Iip menambahkan, PT KSP akan fokus pada dua hal yaitu properti dan pergudangan. Karena, permintaan terhadap dua sektor tersebut masih tinggi. Dalam waktu dekat, kata Iip, PT KSP akan membuka 1-2 unit perumahan yang baru.Sedangkan untuk pergudangan, saat ini PT KSP sudah mengelola 64 gudang dengan total lahan yang terutilisasi 14 hektare. Kata Iip, pengelolaan gudang ini sudah berjalan selama kurang lebih 10 tahun dan PT KSP berhasil mempertahankan sektor bisnis ini.

PT Krakatau Sarana Properti (KSP) sendiri merayakan ulang tahun ke-2 pada 1 Juli 2023. Memasuki usia kedua, PT KSP ingin terus menggelorakan semangat menjadi juara, tidak hanya di kawasan Cilegon tapi juga di luar Cilegon.

Iip mengatakan, di usia yang masih muda ini, PT KSP yang merupakan pengembangan dari PT Krakatau Steel Grup sudah mampu memberikan nilai tambah terhadap aset Krakatau Steel yang dikelola.

“Semangat muda yang juga saya ingin gelorakan untuk membawa KSP ini tidak hanya juara di Cilegon, sesuai dengan slogan KSP juara, tapi juga meraih berbagai potensi juara di luar Cilegon yang artinya bisa membantu pemerataan industri dan juga ekonomi di luar wilayah kita,” tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.