Sukses

Tetap Jadi Bagian Indeks ESG, Ini Wujud Nyata Antam Konsisten Laksanakan Keberlanjutan

Antam berkomitmen menerapkan langkah nyata dalam mewujudkan keberlanjutan dimulai dari menerapkan praktik-praktik pertambangan terbaik, melalui aktivitas operasional yang ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam Bursa Efek Indonesia (BEI), saham PT Aneka Tambang Tbk (Antam; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID),  tetap menjadi bagian dari Indeks terkait Environmental, Social and Corporate Governance (ESG). 

Artinya, Antam tercatat dalam Indeks SRI-KEHATI, Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI untuk periode perdagangan Desember 2023 hingga Mei 2024. Hal tersebut menunjukan konsistensi Antam dalam menjalankan upaya pengelolaan bisnis berkelanjutan yang mengutamakan keberlanjutan melalui kepedulian terhadap lingkungan hidup, sosial, dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Antam, Elisabeth RT Siahaan mengatakan bahwa Antam memiliki komitmen dalam pengelolaan kinerja operasi, lingkungan, dan sosial secara berkelanjutan yang berlandaskan prinsip tata kelola Perusahaan yang baik. Maka dari itu, guna mendukung komitmen tersebut, Antam menerapkan langkah nyata dalam mewujudkan keberlanjutan dimulai dari menerapkan praktik-praktik pertambangan terbaik, melalui aktivitas operasional yang ramah lingkungan. 

"Selain itu Antam juga mendukung upaya pengurangan dampak perubahan iklim melalui inisiasi dekarbonisasi. Perusahaan juga senantiasa melaksanakan berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama yang ada di sekitar wilayah operasi," ujar Elisabeth. 

Untuk informasi, indeks SRI-KEHATI merupakan indeks kelompok saham yang memiliki kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI merupakan Indeks yang berisikan kelompok saham dengan hasil penilaian kinerja ESG di atas rata-rata sektornya, serta memiliki likuiditas yang baik. Klasifikasi industri mengacu kepada IDX Industrial Classification. 

Sementara Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI merupakan Indeks yang berisikan 45 saham terbaik dari hasil penilaian kinerja ESG dan kualitas keuangan perusahaan serta memiliki likuiditas yang baik. Saham Antam juga menjadi bagian dari Indeks IDX LQ45 Low Carbon Leaders di BEI yang merupakan indeks yang bertujuan untuk mengurangi eksposur intensitas emisi karbon atas portofolio sebesar minimal 50% dibandingkan dengan Indeks LQ45 sebagai parent index.

Selain itu, sebagai dukungan Antam atas target Pemerintah mencapai net zero emission pada 2060, Antam secara berkelanjutan menerapkan green energy di wilayah operasi Perusahaan. Antam berupaya untuk mengurangi intensitas karbon dari operasi Perusahaan dengan menerapkan beberapa inisiatif dekarbonisasi, berfokus pada peningkatan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan dan sumber terbarukan. 

Hingga saat ini, Antam telah melakukan substitusi B30 (Biodiesel) untuk kendaraan berat di beberapa Unit Operasi Perusahaan. Selain itu, Antam juga terlibat dalam pengembangan ekosistem Electric Vehicle Battery terintegrasi di Indonesia bersama dengan mitra strategis.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.