Sukses

Smelter Kayan Perdana Gunakan Mini LNG

Smelter PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) mendapat pasokan gas alam cair (LNG) dari Subholding Gas PT Pertamina Persero melalui PT Pertagas Niaga (PTGN), industri pemurnian mineral di Sulawesi Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta Smelter PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) mendapat pasokan gas alam cair (LNG) dariSubholding Gas PT Pertamina Persero melalui PT Pertagas Niaga (PTGN), industri pemurnian mineral di Sulawesi Tenggara ini menggunggan 25 unit Isotank berukuran 40 ft sebagai moda transportasi LNG.

Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini, mengatakan, alokasi LNG dari Kayan akan mendukung pengembangan bisnis mini LNG bagi PGN sebagai Subholding Gas Pertamina dan domestik. Hal ini dikarenakan proyek ini merupakan pengembangan LNG skala kecil yang pertama di Indonesia.

“Penyaluran alokasi LNG dari Kayan membuktikan skema beyond pipeline PGN dapat direalisasikan komersialisasinya. Partnership PGN Group dengan Kayan dalam monetisasi alokasi LNG skala kecil, diharapkan dapat menggerakkan LNG retail di Indonesia dan menciptakan multiplier effect bagi pengguna akhir dan menciptakan pertumbuhan ekonomi baru disekitarnya” ujar Ratih, Selasa (9/1/2024).

Menurut Ratih, pengambilan LNG pun dilaksanakan pasca serangkaian uji coba tuntas dilakukan para pihak. Atas keberhasilan uji coba ini diharapkan wilayah yang layak untuk dijangkau oleh LNG nantinya semakin bertumbuh.

"Kemudian pemanfaatan LNG diharapkan tidak hanya sebagai energi bagi industri dan smelter, tetapi juga pembangkit listrik dan berbagai segmen pengguna lain," ucapnya

Ratih mengungkapkan, beberapa wilayah di Indonesia memang belum terjangkau oleh infrastruktur pipa gas bumi. Namun demikian, terobosan LNG skala kecil ini diharapkan dapat berperan sebagai infrastruktur yang mendukung pemerataan penggunaan gas bumi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Net Zero Emission

Sehingga gas bumi dapat dinikmati masyarakat diberbagai lokasi pulau di Indonesia dan target Pemerintah menuju Net Zero Emission dapat tercapai sesuai target yang dicanangkan.

Smelter merupakan proyek hilirisasi yang implementasinya sedang gencar didorong oleh Pemerintah. Sehingga fasilitas tersebut dapat berperan meningkatkan nilai raw material yang merupakan produksi pertambangan di Indonesia. Dengan penyaluran LNG ke smelter, Subholding Gas Pertamina turut berperan mendukung program hilirisasi Pemerintah yang menggunakan gas bumi sebagai energi rendah emisi dan ramah lingkungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini