Sukses

Janji Manis Ganjar-Mahfud Gelontorkan Subsidi Kuota Internet bagi Pelajar

Subsidi kuota internet ini merupakan satu dari 21 program unggulan dalam visi dan misi Ganjar-Mahfud untuk lima tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menggelontorkan subsidi kuota internet kepada pelajar di seluruh Indonesia, jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Subsidi kuota internet ini merupakan satu dari 21 program unggulan dalam visi dan misi Ganjar-Mahfud untuk lima tahun ke depan.

"Subsidi kuota internet kepada pelajar diharapkan dapat meringankan pengeluaran orang tua untuk dana pendidikan anak, terutama bagi keluarga tidak mampu," tutur cawapres Mahfud MD dalam keterangannya, Selasa (9/1/2024).

Data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menunjukkan hingga akhir 2023, jumlah pelajar di Indonesia mencapai 53,14 juta orang. Dari jumlah itu, sebanyak 50 persen atau 24,04 juta orang murid SD, sebanyak 9,97 juta murid SMP, sedangkan murid SMA dan SMK masing-masing 5,32 juta orang dan 5,08 juta siswa.

Jumlah pelajar ini, tesebar di seluruh Indonesia dengan tingkat ekonomi yang berbeda-beda dan letak geografis beragam.

Sementara itu, hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang periode 2022/2023 atau naik sebesar 2,67 persen dibandingkan pada periode sebelumnya. Angka ini sebesar 78,19% dari total populasi Indonesia yang mencapai 275,77 juta jiwa.

Program Internet Gratis

Program internet gratis kepada pelajar sejalan dengan hasil penelitian BRIN yang menyebutkan bahwa internet untuk pendidikan telah terbukti dapat digunakan sebagai inovasi untuk mengatasi masalah pendidikan yang sulit dilakukan secara konvensional.

Penggunaan internet dapat digunakan untuk mengejar ketertinggalan pelajar di daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T). Minat membaca dan kemampuan literasi pelajar dapat ditingkatkan dengan berbagai inovasi berbasis digital, seperti buku elektronik interaktif dengan visual dan audio.

"Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama internet dalam lembaga pendidikan memberikan pengaruh terhadap budaya pembelajaran," jelas Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Pendidikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ence Oos Mukhamad Anwas, dalam orasi pengukuhan gelar Profesor Riset yang berjudul Pembudayaan TIK dalam Pendidikan di Kantor BRIN Kawasan Sains Sarwono Prawirohardjo, Jakarta, belum lama ini.

Membudidayakan internet untuk kebutuhan belajar mengajar, ujarnya, merupakan proses mengubah perilaku lama menjadi perilaku baru yang diharapkan, sehingga perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

21 Program Unggulan

Subsidi Kuota Internet merupakan salah satu dari 21 program unggulan Ganjar-Mahfud. Adapun 21 program yang diusung Ganjar-Mahfu dalam Pilpres 2024 adalah program semua pasti kerja, yaitu pembukaan 17 juta lapangan pekerjaan.Program satu desa, satu faske dan satu nakes.

Kemudian, uang saku untuk kader Posyandu, punya rumah semudah punya motor (Pembangunan 10 juta hunian), serta seolah dapat gaji dan lulus kerja.Kemudian, program satu keluarga miskin satu sarjana, perempuan maju, buruh naik kelas, serta kuliah gratis untuk anak prajurit dan bhayangkara.

Selanjutnya, program mudah berusaha, masjid sejahtera dan pengurus masjid terlindungi, guru ngaji dapat gaji, serta sembako melimpah harga murah.Program lain adalah lansia bahagia, anak cucu gembira. Program petani bangga bertani. Program, di laut kita jaya, nelayan sejahtera.

Ganjar-Mahfud juga bertekat menjadikan disabilitas mandiri berprestasi dalam sebuah program, sejalan dengan program bansos pasti lanjut, lebih tepat sasaran. Program lain yang tidak kalah pentingnya adalah progam sikat KKN dan KTP Sakti.

3 dari 3 halaman

Ganjar Pranowo Sebut Perlu Internet Cepat Buat Dukung Keamanan Siber di Debat Capres 2024

Sebelumnya, Calon Presiden atau capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menyebutkan kebutuhan internet cepat, terkait masalah keamanan siber.

Hal itu diungkapkan oleh Ganjar dalam debat capres 2024 pada Minggu (7/1/2024) malam, dalam menanggapi capres nomor urut satu, Anies Baswedan, terkait keamanan siber.

Menurut Ganjar, untuk masalah keamanan siber, dibutuhkan perkuatan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta penting untuk membuat sistem keamanan yang baik.

“Bahkan, selain membangun SDM dan infrastruktur yang baik, maka kecepatan internet dan coverage-nya harus tinggi. Maka kalau kita kemudian membuat satu sistem infrastruktur yang bagus, jangan dikorupsi," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan penanganan isu keamanan siber dapat mengajak penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan membuka kesempatan kerja di Tanah Air, bagi mereka yang pernah belajar di luar negeri.

Ganjar juga mengatakan melibatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk kolaborasi.

“Bahkan kemudian pengamanan di kepolisian saya kira perlu cyber institution yang dipimpin oleh jenderal bintang tiga, dan kita perlu duta besar siber,” kata Ganjar.

Sebelumnya, mengawali debat capres, Ganjar Pranowo, Capres nomor urut tiga, juga menyinggung mengenai isu keamanan siber dalam pemaparan visi misinya.

Pada pemaparannya, di samping masalah seperti terorisme, narkoba tindak pidana pencucian uang, dan kekerasan seksual, Ganjar menyebut juga masalah judi online saat ini perlu mendapatkan perhatian.

"Maka reformasi kepolisian harus betul-betul mengantisipasi ini dengan penguatan cyber system kita, termasuk pengembangan SDM siber yang kuat," kata Ganjar Pranowo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.