Sukses

Cak Imin Minta Tips Supaya Daerah Dapat Proyek, Begini Jawaban Gibran

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin minta tips dan trik dari cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabumingraka terkait proyek yang banyak di Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta tips kepada cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka agar daerah juga mendapatkan proyek pembangunan dari pemerintah pusat seperti di Solo.

Cak Imin melihat, kalau ada sekitar 32 proyek pembangunan di Solo. Gibran menuturkan, Indonesia telah mulai pemerataan ekonomi. Gibran mengungkapkan, sebelum menjadi wali kota, anggaran yang digelontorkan ke Solo lebih besar. Gibran Rakabumingraka menilai, pembangunan daerah tidak hanya dilihat dari pembangunan fisik tetapi bagaimana dampaknya ke masyarakat.

"(Saya tahu-red) arah pertanyaan kemana. Apa yang sudah dibangun yang kita lihat bukan bangunan fisik, tapi impact ke warga ada. Bangun masjid memakai CSR Abu Dhabi, impacnya apa? UMKM kita melesat, wisata kita melesat, kemarin waktu Idul Fitri, ke Solo melebihi Yogya,” ujar dia saat debat cawapres 2024.

Gibran menambahkan, Solo memiliki kebun binatang Solo Safari dan Masjid Sheikh Zayed Solo yang tidak memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Proyek yang dikerjakan, menurut Gibran juga perlu dilihat dari dampaknya ke masyarakat.

Ia mencontohkan pembangunan proyek yang ada meningkatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, proyek yang didapatkan, menurut dia bukan karena menjadi anak emas.

"Lapangan kerja terbuka itu yang kita lihat. Bukan di-anak emaskan. Pemerataan pembangunan di mana-mana bukan di Solo. Proyek di Solo sebelum saya menjabat wali kota lebih banyak," kata dia.

Namun, jawaban Gibran tersebut, menurut Cak Imin belum menjawab pertanyaannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawaban Gibran

Gibran pun kembali memberikan jawaban. Ia kembali menegaskan, kalau sebelum menjadi wali kota, proyek di Solo lebih banyak.

"Wali kota siapkan kriteria. Sebagai wali kota menyiapkan hal non teknis, relokasi, nego dengan warga bantara sungai, rel kereta api. Kalau kita harus kolaborasi. Tak hanya APBN,APBN plus APBD, dibantu pak Ganjar. Kolaborasi tak semua APBN, ada CSR, BUMN. Sebelum masuk, wali kota siapkan kriteria cukup fair,” tutur dia.

Debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023 mempertemukan tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Pada debat kedua tersebut, tema yang diangkat antara lain ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD,infrastruktur dan perkotaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini