Sukses

Link Cek BLT El Nino Senilai Rp 400.000, Sudah Cair!

Pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena El Nino sejak 13 Desember 2023 lalu. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut senilai Rp 400 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena El Nino sejak 13 Desember 2023 lalu. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut senilai Rp 400 ribu. 

Program bantuan langsung tunai berlangsung selama dua bulan pada bulan November dan Desember dengan rincian Rp 200 ribu per bulan. Adapun, penyaluran bantuan ini akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Sebagai informasi, BLT El Nino merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat di tengah kenaikan harga yang diakibatkan oleh kekeringan.

Pemerintah telah menetapkan penerima BLT sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yaitu penerima sembako. Sedangkan penerima bantuan beras sebanyak 21,3 juta KPM yang terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau penerima bantuan sembako.

Dengan begitu, penerima bantuan sembako akan memperoleh kedua bantuan, baik BLT maupun bantuan beras. Adapun, program BLT akan diberikan kepada masyarakat oleh kementerian sosial. Sementara program bantuan beras akan diberikan oleh Badan Pangan Nasional.

Untuk mengetahui daftar penerima BLT El Nino, masyarakat bisa mengecek melalui cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi cek bansos.

Lebih lanjut, berikut cara cek Bansos BLT El Nino melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Cek BLT El Nino

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan. 
  3. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai kartu tanda penduduk (KTP). 
  4. Ketik empat huruf kode, tidak dipisah spasi, sesuai yang tertera dalam kotak kode. Jika kode huruf kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru.
  5. Setelah itu, klik "cari data".
  6. Selanjutnya, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan.
  7. Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako berstatus "ya".
  8. Bila penerima manfaat belum memiliki "aplikasi cek bansos". Pilih "buat akun baru" dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor KK, NIK, dan alamat sesuai KTP. Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP.
  9. Kemudian klik "buat akun baru". Setelah berhasil, data akan diverifikasi oleh Kemensos. Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat diakses.
  10. Login atau masuk dengan mengetikkan username dan kata sandi.
  11. Pilih menu "cek bansos" dan lengkapi data sesuai KTP.
  12. Selanjutnya, klik "cari data". Sistem akan menunjukkan data penerima manfaat bansos, termasuk penerima bantuan sembako, beserta statusnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.