Sukses

Berdayakan Penjual Fesyen Lokal, Lazada Gandeng UKM Cirebon Gabung di Aplikasi Lazada

Lazada menggandeng Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMPP) Kota Cirebon untuk mendaftarkan ratusan UKM fesyen yang tergabung dalam Mall UKM Cirebon untuk memiliki toko digital dan berjualan di Lazada.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai langkah jitu dalam memberdayakan penjual fesyen lokal, Lazada menggandeng Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMPP) Kota Cirebon untuk mendaftarkan ratusan UKM fesyen yang tergabung dalam Mall UKM Cirebon untuk memiliki toko digital dan berjualan di Lazada.

Selain memberdayakan penjual lokal, kerja sama ini juga menegaskan komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital serta memperluas kesempatan yang sama bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Category Director Fashion, Lazada Indonesia, Athina Tokan mengatakan bahwa pihaknya selalu berkomitmen untuk mendukung penjual lokal agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia melalui peningkatan penjualan di Lazada.

"Lewat kolaborasi ini kami juga bisa memberikan lebih banyak pilihan produk-produk asli Indonesia, terutama yang berasal dari Cirebon seperti batik dan kerajinan anyaman tas bagi konsumen,” katanya.

"Kami berharap kehadiran UKM Cirebon di Lazada dapat memberdayakan para penjual lokal Indonesia, sehingga semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat luas,” jelas Athina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Peluang Baru

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman menilai bahwa cukup banyak talenta-talenta pebisnis di Cirebon yang belum dikenal masyarakat luas. 

"Bersama Lazada yang memberikan penawaran kepada UKM  Cirebon untuk dapat bergabung dan memiliki toko online, diharapkan dapat membuka peluang baru bagi para pelaku UKM  agar mendapatkan kemudahan akses untuk meningkatkan pemasaran produk mereka, sehingga para UKM ini dapat memperluas jaringan distribusi hingga ke seluruh Indonesia," jelasnya.

Dalam kerja sama antara Lazada dengan DKUKMPP Kota Cirebon, terdapat dua pelatihan yang digelar untuk para penjual lokal pada November lalu:

Akselerasi Top Seller UKM dan UMKM dari wilayah Kota Cirebon

Lazada berbagi tips memanfaatkan fitur-fitur dalam platform, hingga melihat peluang pasar bagi penjual di Cirebon yang sudah bergabung di Lazada.

Mall UKM Cirebon Go Online

Pelatihan ini dihadiri ratusan UKM yang baru pertama kali berjualan secara online, sehingga pelatihan lebih berfokus kepada hal-hal dasar seperti menyiapkan foto produk yang baik serta memilih keragaman produk.

3 dari 3 halaman

Kanal Harbolnas di Lazada

Pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh Lazada antara lain juga untuk mempersiapkan para UKM agar dapat memanfaatkan momen Harbolnas dan festival belanja Lazada 12.12 yang berlangsung tanggal 12-16 Desember kemarin. Athina mengatakan pada periode akhir tahun antusiasme konsumen untuk berbelanja biasanya semakin tinggi.

“Selain pelatihan pada periode tersebut kami juga mendedikasikan satu kanal khusus bernama ‘Harbolnas’, untuk mempromosikan berbagai produk lokal yang ada di Lazada, termasuk ratusan UKM fesyen Cirebon yang baru saja bergabung dengan kami. 

"Kami berharap kesempatan ini dapat menjadi momen bagi penjual lokal Indonesia untuk semakin mengembangkan bisnis mereka,” jelasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.