Sukses

Harga Emas Dunia Hari Ini Loyo, Sekarang Dipatok Segini

Harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi USD 1.959,95 per ounce. Sementara itu, harga emas berjangka AS juga turun tipis 0,1% menjadi USD 1.964.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas bertahan di dekat level tertinggi dalam sepekan pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta). Harga emas dunia terjepit di antara tekanan dari penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dan dukungan dari ekspektasi bahwa Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) akan selesai menaikkan suku bunganya.

Dikutip dari CNBC, Kamis (16/11/2023), harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi USD 1.959,95 per ounce. Sementara itu, harga emas berjangka AS juga turun tipis 0,1% menjadi USD 1.964.

Mengurangi daya tarik harga emas batangan, indeks dolar naik 0,3%. Sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10-tahun rebound setelah revisi data penjualan ritel menunjukkan kenaikan yang kuat pada bulan September.

Harga emas batangan naik hampir 1% di sesi sebelumnya setelah data menunjukkan bahwa harga konsumen AS tidak berubah pada bulan Oktober. Harga produsen AS mengalami penurunan terbesar dalam 3-1/2 tahun pada bulan Oktober, yang merupakan indikasi terbaru berkurangnya tekanan inflasi.

 

“Hasil dari CPI dan PPI positif dan terus mendukung harga emas dengan ekspektasi bahwa inflasi akan terus menurun sehingga menambah ekspektasi bahwa The Fed akan segera menaikkan suku bunganya,” kata Direktur Perdagangan Logam High Masa Depan Ridge, David Meger.

Pasar memperkirakan kemungkinan 100% bahwa bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada bulan Desember, menurut alat CME FedWatch.

Harga Emas Sebagai Lindung Nilai

Meskipun harga emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, kenaikan suku bunga mengurangi daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil bagi investor.

“Dengan imbal hasil yang mendukung, harga emas lebih rendah setelah lonjakan awal. Saya pikir prospek aset (emas) akan tetap positif tetapi pergerakannya akan lebih terukur,” kata Tai Wong, Pedagang Logam Independen di New York.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjualan Ritel AS

Investor juga mencermati data yang menunjukkan bahwa penjualan ritel AS turun pada bulan Oktober, meskipun lebih kecil dari perkiraan, setelah mengalami kenaikan yang kuat selama berbulan-bulan, menunjukkan melambatnya permintaan yang dapat semakin memperkuat ekspektasi jeda kenaikan suku bunga.

Harga perak naik 1,7% menjadi USD 23,47 per ounce setelah menyentuh level tertinggi sejak 20 Oktober sebelumnya.

Sementara itu, Platinum naik 1,2% menjadi USD 895,7405 dan paladium melonjak 1,5% menjadi USD 1,031,7426. Kedua logam tersebut mengincar kenaikan hari ketiga berturut-turut. 

 

3 dari 4 halaman

Harga Emas Dunia Kembali Merangkak Naik, Diprediksi Bisa Sentuh USD 2.100

Kemarin, harga emas dunia naik 1% pada perdagangan Selasa karena pelemahan dolar AS dan imbal hasil obligasi AS. Hal ini terjadi setelah inflasi AS lebih lemah dari perkiraan sehingga memicu spekulasi bahwa Bank Sentral AS atau Fed mungkin akan selesai berhenti menaikkan suku bunga lagi.

Mengutip CNBC, Rabu (15/11/2023), harga emas di pasar spot naik 0,9% menjadi USD 1.962,44 per ons pada pukul 14:30 ET, ditetapkan untuk sesi terbaiknya sejak 27 Oktober. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup 0,8% lebih tinggi pada USD 1.966, 50 per ounce.

Harga konsumen AS tidak berubah pada bulan Oktober dan inflasi menunjukkan tanda-tanda melambat. Dalam 12 bulan hingga Oktober, CPI naik 3,2% setelah naik 3,7% di bulan September.

Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan, laporan tersebut “terlihat cukup bagus” karena para pedagang bertaruh bahwa penurunan inflasi akan memungkinkan bank sentral AS untuk tidak menaikkan suku bunga lagi dan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Mei.

“Data CPI jauh lebih lemah dari perkiraan, yang cukup mendukung logam mulia. Kami memperkirakan penurunan data yang signifikan selama kuartal keempat, yang akan melemahkan dolar dan mendukung emas,” kata analis komoditas TD Securities, Daniel Ghali.

“Selama enam bulan ke depan, kami memperkirakan harga emas akan naik menuju USD 2.100 per ounce.” tambah dia.Selain itu, mendorong kenaikan harga emas batangan juga disebabkan karena indeks dolar turun 1,4%, penurunan harian terbesar dalam satu tahun.

Sementara benchmark imbal hasil Treasury 10-tahun mengalami hari terburuknya dalam delapan bulan setelah keluarnya data inflasi.

 

4 dari 4 halaman

Data yang Bakal Dirilis

Investor juga akan mengawasi data indeks harga produsen AS yang akan dirilis pada hari Rabu.

Perak di pasar spot naik 3,4% menjadi USD 23,07 per ounce dalam sesi terbaiknya dalam sebulan.

Commerzbank menurunkan perkiraan harga perak pada akhir tahun 2024 menjadi USD 29 per ounce dari USD 30.

Namun mereka memperkirakan perak akan mengungguli emas, didukung oleh prospek permintaan industri yang positif dan transformasi ekonomi yang sedang berlangsung menuju netralitas iklim, di mana perak memainkan peran penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini