Sukses

Bisa Ditiru, 11 Kebiasaan Kecil Para Orang Sukses

Anak-anak berbakat di sekolah seringkali dirayakan ketika mereka mencapai sesuatu, atlet dalam olahraga atau anak yang pintar bermain musik.

Liputan6.com, Jakarta - Anak-anak berbakat di sekolah seringkali dirayakan ketika mereka mencapai sesuatu, atlet dalam olahraga atau anak yang pintar bermain musik. 

Sebagai psikolog organisasi, Adam Grant telah menghabiskan sebagian besar karirnya untuk mempelajari kekuatan yang mendorong kemajuan seseorang.

“Saya menemukan bahwa proses belajar belum selesai ketika kita memperoleh ilmu. Lengkapilah bila kita konsisten menerapkan ilmu tersebut,” kata Adam melalui CNBC Make It, Jumat (10/11/2023)

Berikut ini adalah 11 perubahan kecil dalam hidup yang dilakukan oleh orang-orang sukses setiap hari:

1. Mereka keluar dari zona nyaman 

Daripada hanya berusaha untuk belajar, usahakan untuk merasa tidak nyaman. Menurut Adam, mengejar ketidaknyamanan membuat kamu berada pada jalur pertumbuhan yang lebih cepat. Kalau mau merasa benar, harus merasa salah dahulu.

2. Mereka salah menetapkan anggaran

Untuk mendorong trial and error, tetapkan target jumlah kesalahan minimum yang ingin kamu lakukan per hari atau per minggu.

“Ketika kamu berharap untuk tersandung, kamu tidak terlalu memikirkannya dan lebih banyak berkembang,” kata Adam.

3. Mereka meminta nasihat, bukan umpan balik

Umpan balik bersifat melihat ke belakang, hal ini membuat orang mengkritik atau mendukung kamu. Menurut Adam, saran bersifat berwawasan ke depan, mengarahkan orang untuk melatih kamu.

Kamu bisa membuat kritikus bertindak lebih seperti dengan mengajukan pertanyaan sederhana, “hal apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik di lain waktu?”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mereka mencari tahu sumber mana yang bisa dipercaya

Putuskan informasi apa yang layak diserap, dan mana yang harus disaring. Dengan pelatih yang memiliki keahlian yang relevan (kredibilitas), mengenal kamu dengan baik (keakraban), dan menginginkan yang terbaik untuk kamu (peduli).

5. Mereka mengupayakan keunggulan, bukan kesempurnaan

Kemajuan datang dari mempertahankan standar yang tinggi, bukan menghilangkan setiap kekurangan. Identifikasi beberapa kekurangan yang bisa kamu terima.

“Pertimbangkan di mana kamu benar-benar bisa membutuhkan yang terbaik, di mana kamu bisa menerima yang cukup baik,” kata Adam.

Pada akhirnya, tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu membuat diri menjadi lebih baik? Apakah kamu membuat orang lain menjadi lebih baik?

6. Mereka adalah hakim terakhir bagi diri sendiri

Lebih baik mengecewakan orang lain daripada mengecewakan diri sendiri. Sebelum kamu merilis sesuatu ke dunia, nilailah apakah itu mewakili kamu dengan baik. Jika ini satu-satunya karya kamu yang dilihat orang, apakah kamu akan bangga?

7. Mereka mengubah kesibukan menjadi sumber kebahagiaan

Untuk menjaga gairah yang harmonis, desainlah latihan seputar permainan yang disengaja.

“Siapkan tantangan pengembangan keterampilan yang menyenangkan seperti Steph Curry yang mencoba mencetak 21 poin dalam satu menit, atau petugas medis mengasah keterampilan komunikasi nonverbal mereka dengan menggunakan kata-kata yang tidak masuk akal dalam permainan komedi improvisasi,” kata Adam.

8. Saat mereka terjebak, mereka mundur untuk maju

Saat menemui jalan buntu, mungkin ini saatnya untuk berbalik dan mencari jalan baru. Rasanya seperti mengalami kemunduran, tetapi seringkali menjadi satu-satunya cara untuk menemukan jalan menuju kemajuan.

 

3 dari 3 halaman

9. Mereka mengajarkan apa yang ingin mereka pelajari

Cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajarkannya. Kamu memahaminya dengan lebih baik setelah menjelaskannya, dan kamu mengingatnya dengan lebih baik setelah kamu meluangkan waktu untuk mengingatnya.

“Kamu dapat melakukan ini dalam kelompok, dengan masing-masing anggota mengajarkan keterampilan atau informasi yang berbeda,” kata Adam.

10. Mereka membuka pintu bagi orang-orang yang diremehkan dan diabaikan

“Ciptakan sistem yang berinvestasi dan menciptakan peluang bagi semua orang, tidak hanya siswa berbakat atau karyawan berpotensi besar,” kata Adam.

Sistem yang baik memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak diunggulkan dan orang yang terlambat berkembang untuk menunjukkan seberapa jauh kemajuan mereka.

11. Mereka melakukan perjalanan waktu secara mental

Saat kamu kesulitan menghargai kemajuan yang kamu lakukan, pertimbangkan bagaimana dari kamu di masa lalu memandang pencapaian kamu saat ini. “Jika kamu tahu lima tahun lalu apa yang ingin kamu capai sekarang, betapa bangganya kamu?” kata Adam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini