Sukses

MenPANRB Akui Dikritik Usai Tak Buka Banyak Formasi Lulusan Baru di Seleksi CPNS 2023

SKD bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023 resmi dimulai pada hari ini 9 November 2023 hingga 18 November 2023

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas meminta maaf kepada fresh graduate atau lulusan baru karena tahun ini belum bisa membuka formasi lebih banyak pada seleksi CPNS 2023.

"Insya Allah tahun 2024 saya sudah minta kepada BKN (Badan Kepegawaian Negara), kepada tim SDMA di Kemenpan-RB, kita akan buat kebijakan lebih besar lagi untuk rekrutmen fresh graduate di tahun 2024," kata Anas dalam acara Pembukaan SKD CPNS 2023, di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (9/11).

Ia menjelaskan hal itu dikarenakan, tahun ini masih 80 persen untuk honorer karena sebagian besar telah mengabdi. Ada yang mulai 5 tahun, 10 tahun, bahkan ada yang telah 20 tahun mengabdi.

Anas pun mengungkapkan, bahwa pihaknya banyak menerima kritik dan usulan karena belum membuka formasi fresh graduate di pemerintah daerah. "Kemarin banyak sekali usulan/kritikan kepada kami," ucapnya.

Ia meyakinkan untuk talenta-talenta digital dan formasi yang lain akan kembali dibuka tahun 2024. "Sekarang sedang kita data dan perencanaan sedang akan kita validasi dan kita perbaiki," tambah Anas.

Sebagai informasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dimulai pada hari ini 9 November 2023 hingga 18 November 2023. Tercatat, jumlah pelamar yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 725.589 pelamar.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen menegaskan bagi peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang melakukan tindak pelanggaran akan diberikan sanksi.

Suharmen menyebut sanksi yang akan diberikan adalah peserta tidak boleh mengikuti pendaftaran CPNS selama 3 tahun ke depan.

“Sesuai dengan keputusan Pak Menteri PANRB (Azwar Anas) mereka diblokir sampai dengan 3 tahun. Selama 3 tahun yang bersangkutan tidak bisa ikut seleksi,” ujar Suharmen.

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerintah Buka Banyak Formasi Fresh Graduate di CPNS 2024, Apa Saja?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, berjanji untuk membuka lebih banyak formasi bagi para lulusan baru (fresh graduate) di CPNS 2024. Menyusul banyaknya aparatur sipil negara (ASN) atau PNS yang memasuki usia pensiun tahun depan.

Adapun secara jumlah, Kementerian PANRB menghitung ada sebanyak 1,3 juta kebutuhan CASN baru di 2024, termasuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Namun, Anas masih menghitung berapa banyak porsi untuk CPNS maupun PPPK.

 

"Tetapi untuk fresh graduate akan kita perbanyak (di CPNS 2024), terutama di lini-lini pelayanan, di bawah yang bisa mendorong target prioritas pemerintah," ujar Anas di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Anas mencontohkan, sektor pariwisata membutuhkan banyak tenaga baru di tingkat pemerintah, seiring dengan program destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) atau Bali Baru. Lalu, ada juga kebutuhan PNS yang punya kemampuan di sektor pengamanan digital, atau cyber security.

"Contoh, kemarin salah satunya selama ini yang belum terpikir di sektor pariwisata. Ada 5 destinasi pariwisata prioritas, tetapi SDM pariwisatanya enggak dirambah. Kita kemarin sudah diskusikan," ungkapnya.

"Begitu juga cyber security, selama ini kita ngomong digital tapi pengamanan datanya tidak diurus. Maka penambahan untuk pengamanan data di BSSN yang anak-anak sekolah di cyber security, ke depan akan kita tampung masukan di sini," imbuhnya.

Tak hanya itu, Kementerian PANRB disebutnya masih menunggu usulan-usulan baru untuk kebutuhan formasi CPNS 2024. Diharapkan proses perekrutan nantinya bisa lebih memenuhi harapan publik.

"Karena ASN bukan lembaga penampung pengangguran. Jadi siklusnya, logikanya sudah kita ubah. Jadi birokrasi supaya profesional, kita rekrut yang hebat supaya bisa menyiapkan layanan yang bagus, supaya ke depan bisa cepat, lincah. Sehingga investasi masuk, lapangan kerja masuk," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Pemerintah Buka 1,3 Juta Formasi CPNS di 2024

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menghitung, jumlah kebutuhan aparatur sipil negara (ASN), baik CPNS baru maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada 2024 sekitar 1,3 juta formasi.

Plh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, lantas meminta seluruh instansi pemerintah, baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah diharapkan memaksimalkan kebutuhan CPNS 2024 tersebut.

"Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023," ungkap Aba dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (8/11/2023).

Perhitungan kedua, yakni jumlah ASN yang pensiun pada 2024, lalu perhitungan ketiga adalah jumlah kebutuhan riil di lapangan.

Aba mengungkapkan, dari tahun ke tahun, Kementerian PANRB memberi ruang formasi kebutuhan yang besar. Namun, pemenuhan formasi itu tidak optimal.

"Kami menerima banyak keluhan dari fresh graduate yang tidak bisa melamar. Usulan dari kementerian, lembaga, dan pemda belum optimal," kata Aba.

 

4 dari 4 halaman

Ada yang Tidak Usulkan Formasi

Pada 2023, misalnya, rencana kebutuhan ASN secara nasional sebanyak 1.030.751 formasi CPNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja PPPK. Adapun jumlah yang ditetapkan tahun ini hanya sebanyak 572.496 formasi ASN.

"Namun terdapat sejumlah instansi yang tidak mengusulkan formasi, termasuk terdapat beberapa pemda yang tidak mengoptimalkan usulan formasinya," ujar Aba. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Badan Kepagawaian Negara BKN sudah resmi menginformasi bahwa pembukaan pendaftaran CPNS 2023 dibuka pada Senin, 31 Oktober 2022.

    CPNS 2023

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • SKD CPNS adalah salah satu rangkaian seleksi untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

    SKD CPNS

  • Presiden RI Joko Widodo melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Istana Negara Jakarta.

    Azwar Anas

  • SKD