Sukses

Menteri PANRB: Seleksi CPNS Tak Bisa Pakai Orang Dalam, Anak Kepala BKN Saja Gagal 3 Kali

Bahkan seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Kahiyang Ayu selaku putri seorang pejabat sekelas Presiden Joko Widodo (Jokowi) saja bisa gagal lolos dalam mengikuti seleksi CPNS.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas kembali menegaskan, sistem seleksi CPNS 2023 dan PPPK kali ini bebas dari pengaruh orang dalam.

Sebagai pembuktian, Anas mengatakan, skor dari hasil ujian seperti Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS yang mulai digelar Kamis (9/11/2023) hari ini bisa langsung dilihat setelah waktu pengerjaan selesai.

"Saya ingin sampaikan tidak ada satupun orang yang bisa membantu untuk lolos, karena setelah anak-anak atau bapak/ibu sekalian mengikuti tes, hasilnya langsung keluar. Dan, jangan percaya kepada orang yang menyampaikan bisa membantu," tegasnya di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Anas menyebut seleksi CPNS baru juga tidak pandang bulu. Ia lantas mencontohkan putra dari Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto yang berulang kali gagal dalam proses seleksi, meskipun bapaknya seorang pejabat negara.

Bahkan seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Kahiyang Ayu selaku putri seorang pejabat sekelas Presiden Joko Widodo (Jokowi) saja bisa gagal lolos dalam mengikuti seleksi CPNS.

"Putranya pak Kepala BKN saja, tiga kali tes enggak lolos. Bahkan putrinya bapak Presiden Jokowi juga tes, tidak lolos. Artinya, percayalah kepada apa yang Anda kerjakan, jangan percaya kepada orang lain," kata Anas.

Oleh karenanya, ia berpesan agar seluruh peserta CPNS 2023 percaya kepada kemampuan masing-masing dalam mengerjakan soal. Sehingga tidak lagi mengandalkan koneksi atau bahkan memakai jasa joki.

"Saya ingin pesan, percayalah kepada diri Anda sendiri. Kami ingin sampaikan, selamat karena tidak semua yang mendaftar bisa memenuhi syarat. Oleh karena itu, saya ucapkan selamat," pinta Anas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1.853.617 Pelamar Ikuti SKD CPNS 2023 dan Seleksi Kompetensi

Setelah tahap seleksi administrasi berakhir, para pelamar seleksi CASN 2023 yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS 2023. Tes SKD CPNS 2023 dimulai 09 November 2023 dan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK mulai 10 November 2023.

Terhitung 1.853.617 pelamar CASN berhasil melaju ke tahapan selanjutnya, meliputi 725.589 pelamar CPNS 2023 lanjut ke tahap SKD dan 1.128.028 pelamar PPPK lanjut ke tahap Seleksi Kompetensi.

Tahapan pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK akan dilaksanakan dengan berbasis Computer Assisted Test atau CAT BKN di 304 titik lokasi atau Tilok dalam negeri dan 62 Tilok luar negeri.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto selaku Wakil Ketua Pengarah Panselnas CASN 2023 memastikan aspek keamanan demi kenyamanan seluruh peserta seleksi.

“BKN bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkolaborasi untuk mengawal keamanan pelaksanaan seleksi, khususnya dari aspek teknologi informasi. Selain itu, sebagai antisipasi terhadap oknum yang tidak diinginkan, BKN juga sudah meningkatkan seluruh aspek keamanannya,” terangnya, Kamis (09/11/2023).

Sesuai jadwal yang ditetapkan Panselnas, pelaksanaan SKD bagi pelamar CPNS akan berlangsung hingga 18 November 2023. Sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK hingga 04 Desember 2023 mendatang.

Pelaksanaan ujian dengan metode CAT BKN akan memungkinkan masyarakat umum dapat melihat secara langsung perolehan nilai atau skor saat mengerjakan ujian selama pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi sebagai bentuk keterbukaan informasi publik BKN.

Dengan begitu masyarakat luas dapat menyaksikan nilai peserta yang sedang mengikuti ujian secara langsung melalui laman youtube Official CAT BKN.

3 dari 3 halaman

Jangan Tergiur Tawaran

Terkait itu, Haryomo juga tetap mengimbau para pelamar seleksi agar tidak sekali-kali berkompromi apalagi bertransaksi dengan oknum yang mengklaim bisa meluluskan pelamar tanpa tahapan seleksi.

“Tindakan oknum dapat dicegah selama pelamar tidak tergiur tawaran oknum termasuk yang mengatasnamakan instansi pemerintah tertentu dengan syarat sejumlah uang. Budaya buruk seperti ini dapat dicegah mulai dari masing-masing pelamar,” pesannya.

Sebagai tambahan informasi, bagi pelamar CPNS yang sudah mengikuti SKD dan pelamar PPPK yang sudah mengikuti Seleksi Kompetensi dapat mengunduh sertifikatnya melalui sertificat.bkn.go.id.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • Badan Kepagawaian Negara BKN sudah resmi menginformasi bahwa pembukaan pendaftaran CPNS 2023 dibuka pada Senin, 31 Oktober 2022.

    CPNS 2023

  • PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

    PPPK

  • SKD CPNS adalah salah satu rangkaian seleksi untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

    SKD CPNS

  • Presiden RI Joko Widodo melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Istana Negara Jakarta.

    Azwar Anas

  • Kementerian PANRB merupakan singkatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

    Kementerian PANRB

  • CASN

  • CASN 2023

  • skd cpns 2023