Sukses

Jadi Negara Maju, Indonesia Butuh Transformasi Teknologi dan Industrialisasi

Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan dua transformasi penting untuk mewujudkan target Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2045.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan dua transformasi penting untuk mewujudkan target Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2045.

”Untuk Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2045, transformasi pertama yang penting adalah teknologi, yang kedua adalah industrialisasi. Itu bagian terpenting bagi saya,” kata Muhammad Lutfi daam 11th US-Indonesia Investment Summit di Mandarin Oriental, Kamis (26/10/2023).

“Dan untuk mencapai hal ini, reformasi perlu dilakukan,” sambungnya.

Tetapi Lutfi juga menambahkan, dalam hal transformasi satu kebijakan internasional terkadang belum tentu cocok untuk semua negara.

“Saya analogikan dengan pesawat terbang misalnya, kalau kamu beli pesawat, pakai masker dulu, baru bantu orang yang pakai masker setelah kamu, karena kamu harus bertahan hidup dulu agar orang lain bisa bertahan bersamamu,” jelasnya.

“Jadi sekarang, apa yang perlu kita lakukan? Jika Anda melihat PDB Indonesia, kontribusi perdagangan dan ekspor serta jasa dan barang dan jasa berada di 25 persen. Kita masih perlu mencapai 40 hingga 50 tahun agar bisa menjadi negara berpendapatan tinggi,” ungkap Lutfi.

Soal Hilirisasi Tambang

Ia pun mendukung kebijakan hilirisasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menangguhkan penjualan bahan mentah mineral secara cuma-cuma tanpa mendapat nilai tambah.

“Apa yang kita jual 10 tahun yang lalu, kita masih menjual bahan mentah tanpa apa-apa lho, tapi kita perlu berhenti untuk membuat penghalang agar kita bisa matang terlebih dahulu,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bank Dunia Beri Peringatan ke Indonesia: Awas Pertumbuhan Ekonomi Melambat

Bank Dunia memuji posisi Indonesia yang tetap berada di titik terang di tengah ketidakpastian ekonomi global dalam beberapa waktu terakhir.

Sebagai informasi, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen year-on-year di triwulan II 2023, melanjutkan pertumbuhan dari triwulan sebelumnya sebesar 5,04 persen.

“Kita melihat pada dasarnya Indonesia tumbuh jauh lebih tinggi dari pertumbuhan dunia, jauh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan di kawasan (Asia-Pasifik),” kata Country Director Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Datu Kahkonen dalam 11th US-Indonesia Investment Summit di Mandarin Oriental, Kamis (26/10/2023).Namun Bank Dunia kembali mengingatkan, ekonomi di berbagai negara di dunia, termasuk kawasan Pasifik mulai melambat.

“Semua indikator utama saat ini menunjukkan adanya perlambatan, dan perlambatan ini akan menimbulkan dampak yang paling parah di Tiongkok. Hal yang paling memprihatinkan adalah pertumbuhan produktivitas menurun di semua negara,” ungkap Satu Kahkonen.

Produktivitas MenurunDijelaskannya, ketika produktivitas menurun, maka potensi pertumbuhan melambat. Sehingga diperlukan reformasi struktural yang signifikan di semua negara di kawasan Asia-Pasifik, termasuk di Indonesia.

“(Ekonomi) Indonesia baik-baik saja. Meskipun terdapat tantangan global, namun pertumbuhannya solid. Proyeksi kami (pertumbuhan ekonomi) masih 5 persen dan kami berharap akan terjaga di kisaran itu,” imbuh pejabat Bank Dunia itu.

3 dari 3 halaman

Ada Risiko

Namun dia menambahkan, tentunya terdapat risiko yang dapat mempengaruhi kinerja ekonomi Indonesia.

“Jika pengetatan moneter terus berlanjut, kami mungkin melihat kondisi keuangan terus menurun dan perlambatan Tiongkok dapat mempengaruhi ekspor dan investasi. Jadi (Indonesia) perlu bersiap untuk itu,” Satu Kahkonen mengingatkan.

Satu Kahkonen pun kembali memuji Indonesia yang dinilainya memiliki manajemen makroekonomi yang sangat baik.

“Indonesia) mengelola krisis dengan sangat baik. Mereka mempunyai penyangga, mereka mempunyai kebijakan moneter dan fiskal, alat dan ruang untuk digunakan. Jadi saya berharap Indonesia akan maju dalam beberapa tahun ke depan,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini