Sukses

Gibran Ungkap Program Unggulan Dana Abadi Pesantren hingga Kredit Startup Milenial

Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka membocorkan sejumlah program unggulan pada Rabu, (25/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan sejumlah program unggulan sebelum mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Gibran menilai, program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Ia menuturkan, tugas saat ini melanjutkan dan menyempurnakan.

”Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan,” ujar Gibran Rakabuming Rakasaat deklarasi bersama relawan di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2023).

Gibran juga menyoroti pembangunan untuk generasi muda baik milenial, generasi Z dan  santri. Hal ini seiring Indonesia membutukan generasi muda handal, tangguh dan berkomitmen kebangsaan.

"Hal terkait anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z dan jangan lupa para santri pasti kita dukung penuh. Butuh generasi muda, handal, tangguh, memiliki komitmen kebangsaan,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran menyampaikan sejumlah program unggalan. Salah satunya dana abadi pesantren. “Dana abadi pesantren ini dalam mandat UU Nomor 18 Tahun 2019,” kata dia.

Selain itu, Gibran menuturkan pihaknya bersama Prabowo Subianto akan membuat program baru dari program yang sudah ada. Pihaknya akan membuat kredit startup milenial. “Sekarang sudah ada yang namanya KUR, sudah ada Kredit Mekar, Wakaf Mikro. Ada kredit ultra mikro. Akan kami tambahkan lagi kredit startup milenial,” ujar dia.

Gibran menyampaikan, kredit startup milenial untuk bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KIS Lansia

Selanjutnya juga melanjutkan program kesejahteraan dan menambah yang baru untuk lansia. "Sekarang sudah ada KIS (kartu indonesia sehat), ada kartu Indonesia Pintar, ada PKH (program keluarga harapan-red), nanti saya tambahkan lagi KIS Lansia,” kata dia.

Selain itu, Gibran menuturkan, ada program lainnya berhubungan dengan ibu dan anak. "Ada satu lagi, tapi yang bawa biar istri saya saja. Soalnya ini berhubungan dengan ibu dan anak. Kartu anak sehat untuk pencegahan stunting,” kata dia.

Gibran dan Prabowo Subianto juga akan melanjutkan program hilirisasi di sejumlah sektor antara lain tambang, pertanian dan perikanan. “Tak lupa hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian dan perikanan, ini wajib,” ujar Gibran.

Selain itu, Gibran juga akan mendorong ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan. “Bapak dan ibu sekalian saya yakin keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas,” tutur dia.

3 dari 4 halaman

Airlangga: Prabowo-Gibran Daftar ke KPU Besok 25 Oktober 2023

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa pasangan capres dan cawapres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan didaftarkan ke KPU besok 25 Oktober 2023.

"Tunggu besok, tunggu besok, iya nanti," kata Airlangga kepada wartawan terkait pendaftaran Capres-Cawapres Prabowo-Gibran di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

"Ya kan besok kita daftarin, ya," ungkapnya.

Seperti diketahui, Gibran telah dideklarasikan sebagai cawapres pendamping Prabowo dalam Pilpres 2024.

Namun, walikota Solo tersebut belum secara resmi menyatakan kesiapannya sebagai cawapres.

Prabowo Umumkan Gibran jadi Cawapres

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden atau capres Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Wali Kota Surakarta, sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024.

Hal tersebut diumumkan Prabowo di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Minggu malam.

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata dia dikutip dari Antara Minggu (22/10/2023).

 

 

4 dari 4 halaman

Keputusan Aklamasi

Prabowo menjelaskan bahwa keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

Saat mengumumkan, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Walaupun demikian, Gibran yang dideklarasikan pada malam ini tidak terlihat ada di kediaman Prabowo.

Gibran, yang sejauh ini diketahui masih aktif sebagai kader PDI Perjuangan, diusulkan secara resmi oleh Partai Golkar sebagai bakal cawapres yang mendampingi Prabowo maju Pilpres 2024. Berikut profil Gibran Rakabuming Raka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini