Sukses

4 Tahun Dipimpin Erick Thohir, Ini Capaian BUMN Sektor Perumahan

Selama empat tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, telah banyak perubahan dan transformasi tidak hanya pada internal Kementerian BUMN, tetapi juga pada seluruh BUMN di bawah kepemimpinannya.

Liputan6.com, Jakarta Selama empat tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, telah banyak perubahan dan transformasi tidak hanya pada internal Kementerian BUMN, tetapi juga pada seluruh BUMN di bawah kepemimpinannya.

“Transformasi adalah keharusan untuk menjadikan BUMN semakin sehat, tangguh, profesional, kompetitif dan berkelas dunia. Ini penting karena BUMN adalah benteng ekonomi dan lokomotif kemajuan. Agar BUMN dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat, menjadi penyeimbang pasar, memberikan dampak sosial dan menghasilkan pendapatan bagi negara," kata Erick Thohir, Selasa (24/10/2023).

Salah satu BUMN yang telah menerapkan transformasi sesuai arahan Erick Thohir ini adalah Perum Perumnas. Melalui serangkaian program strategis dan transformasi pada segala aspek yang gencar dilaksanakan dalam kurun empat tahun terakhir, Perumnas berhasil capai peningkatan kinerja produksi maupun perbaikan kondisi keuangan.

Sepanjang tahun 2019-2023, pembangunan hunian Perumnas semakin turut mempertimbangkan ketersediaan lahan dan mobilitas masyarakat. Berangkat dari kombinasi dinamika tersebut, Perumnas pun gencar menggarap hunian berkonsep TOD (Transit-Oriented Development) di tiga lokasi berbeda yaitu Depok, Rawabuntu Tangerang Selatan dan Tanjung Barat Jakarta Selatan yang masing-masing dirancang dalam program Hunian Milenial untuk Indonesia dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, di Samesta Mahata Margonda Depok pada April 2023 lalu.

Senior Associate Director Colliers Indonesia, Ferry Salanto menambahkan, hunian berkonsep TOD makin diminati di tengah persoalan kenaikan harga BBM dan pajak kendaraan bermotor, pembatasan plat ganjil genap dan rencana penerapan ERP di beberapa jalan di Jakarta.

“Peluang hunian TOD di DKI Jakarta menjelaskan bagaimana pengembangkan konsep TOD didorong oleh tren pembangunan sarana transportasi massal," ujar Ferry.

Bahkan dalam peresmian Hunian Milennial TOD Perumnas April 2023 lalu, Erick juga sempat menuturkan bahwa hunian TOD ini memberikan one stop solution atas berbagai permasalahan dari backlog hunian, kepemilikan hunian oleh milenial, kemacetan hingga gerak perekonomian masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hunian Milenial

Hunian Milenial yang diusung Perumnas dengan sinergi antar BUMN ini menghadirkan hunian milenial yang terjangkau, terhubung dengan akses transportasi sehingga memudahkan mobilisasi, dengan konsep hunian yang sesuai gaya hidup milenial, dengan persyaratan dan angsuran KPR yang lebih mudah.

Hunian dengan konsep TOD ini telah menjadi katalis yang positif dalam memberikan dampak pengganda ekonomi, menciptakan kesempatan kerja, mengangkat sektor UMKM dan menciptakan maupun meningkatkan perputaran perekonomian baru atas pembangunan perumahan yang dilakukan.

Disisi lain, salah satu bentuk perbaikan strategi bisnis yang dilakukan Perumnas adalah dengan menghadirkan brand “Samesta” diharapkan memberikan persepsi baru yang positif serta menjadi komitmen bagi Perumnas untuk terus berinovasi mewujudkan hunian yang berkualitas, harmonis dan berkelanjutan.

 

3 dari 3 halaman

Pandemi Covid-19

Dalam empat tahun terakhir kepemimpinan Erick Thohir, Perumnas juga menjadi salah satu BUMN yang survive saat pandemi covid berlangsung. Perumnas saat itu telah melakukan digitalisasi pemasaran, dengan melakukan inovasi berupa pameran hunian secara virtual, Akad Drive Thru, BAST Virtual.

Sebagai salah satu bentuk transformasi, Perumnas juga terus berbenah dalam meningkatkan mutu dan kompetensi SDMnya. Perbaikan dan peningkatan mutu SDM tentunya mengacu pada core value AKHLAK yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir.

Ferry mengatakan, dalam mengaplikasikan core value AKHLAK pada internalnya, Perumnas telah merancang roadmap jangka panjang 5 tahun. Dengan adanya transformasi Perumnas yang didasarkan dengan core value AKHLAK dari Menteri Erick Thohir mampu membawa Perumnas untuk bangkit dan juga diharapkan mampu menjadi market leader yang dipercaya masyarakat ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.