Sukses

Forum Bisnis INA-LAC Tahun Depan Digelar di Lima Peru

Jadwal forum INA-LAC ke-6 atau tahun depan bersamaan dengan forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik yang dijadwalkan di Peru pada November.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) ke-6 di tahun 2024 mendatang akan diselenggarakan di Lima, Peru. Seperti diketahui, kelima forum INA-LAC sebelumnya digelar di Indonesia.

Dalam pembukaan INA-LAC 2023 di Jakarta pada Senin (16/10/2023), Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury mengungkapkan bahwa jadwal forum INA-LAC ke-6 bersamaan dengan forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik yang dijadwalkan di Peru pada November.

Adapun Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Umar Hadi mengatakan bahwa INA-LAC 2024 di Peru diharapkan semakin memperluas kesempatan bagi pengusaha Indonesia untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka ke negara-negara Amerika Latin.

"Supaya pengusaha-pengusaha kita terlihat langsung di (negara Amerika Latin) karena potensinya besar sekali. Mudah-mudahan akan semakin banyak perusahaan-perusahaan Indonesia yang lebih mengenal dunia usaha di Amerika Latin dan Karibia," kata Umar kepada media di Ritz Carlton, Jakarta pada Senin (16/10/2023).

Wamenlu Pahala Mansury menyampaikan bahwa, meskipun Indonesia dan kawasan Amerika Latin berjarak cukup jauh secara geografis, keduanya terhubung dalam banyak hal.

“Tahun lalu, forum kita membuahkan banyak hasil positif, dihadiri oleh sekitar 500 peserta, transaksi bernilai sekitar USD 16 juta dalam hal transaksi perdagangan, dan potensi transaksi lebih dari 160 USD miliar,” ungkap Pahala Mansury dalam pidato pembukaan INA-LAC 2023.

“Kita juga mendengar bahwa tahun ini, potensi transaksi ini akan meningkat dua kali lipat dari jumlah tersebut, dan tahun ini, forum ini juga menjadi lebih relevan karena persaingan geopolitik mulai terjadi,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa, dalam hal ekonomi, negara-negara berlomba untuk meningkatkan perekonomiannya dan menjalin kemitraan yang lebih kuat dengan negara-negara yang dianggap sebagai sekutunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transfer Teknologi

Adapun Menteri Agrikultur dan Pembangunan Pedesaan Meksiko, Victor Manuel Villalobos yang juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat yakin bahwa kerja sama RI-Amerika Latin akan memperkuat hubungan keduanya.

“Termasuk memperbesar peluang perdagangan bebas, transfer teknologi, dan investasi timbal balik demi keuntungan produsen dan konsumen di kedua sisi Lingkar Pasifik,” kata Victor, dalam sebuah video pernyataan yang disiarkan pada pembukaan INA-LAC 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.