Sukses

Usai Wamen BUMN, Kini KCIC Bocorkan Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh

Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan terkait tarif kereta cepat diperkirakan di kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu. Namun, hal itu masih dalam tahap pertimbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Oktober 2023, dan mulai beroperasi untuk umum pada 3 Oktober 2023.

Saat ini Pemerintah masih menerapkan skema Whoosh Experience Program yaitu naik kereta cepat secara gratis untuk masyarakat umum.

Lantas berapa harga tiket untuk Kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh jika program tersebut sudah selesai nanti?

Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan terkait tarif kereta cepat diperkirakan di kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu. Namun, hal itu masih dalam tahap pertimbangan.

"Memang kalau kisaran tiket menurut pengajuan kami berdasarkan studi polar UI dan berbagai pertimbangan lainnya harga tiketnya diantara Rp 250 ribu sampai dengan sekitar Rp 350 ribu," kata Eva saat ditemui di Stasiun Tegalluar KCIC, Senin (9/10/2023).

Kendati demikian, Eva menegaskan untuk informasi harga tiket nantinya akan disampaikan besarannya secara resmi, baik untuk kelas premium ekonomi, first class, maupun bussines class.

"Nanti akan kita informasikan secara resmi seperti apa besaran tiketnya. Jadi ini, bukan statement untuk resmi besaran tiket tapi kisaran. Nanti untuk resminya berapa besaran tiket untuk kelas premium ekonomi, kemudian first class dan bussines class," ujarnya.

Adapun untuk pengumuman resminya, pihak KCIC akan menginformasikan kepada masyarakat sebelum masa tiket berbayar diberlakukan.

"Akan kita sampaikan sebelum masa tiket berbayar di berlakukan," imbuhnya.

Untuk saat ini, KCIC masih memberlakukan Whoosh experience program, artinya masih mengajak masyarakat untuk mencoba kereta cepat Jakarta-Bandung ini. Lantaran antusiasme masyarakat sangat tinggi.

"Antusiasmenya sangat tinggi pada saat uji coba, jadi Whoosh experience yang sudah dimulai sejak 3 Oktober lalu sampai dengan hari ini kami masih mengajak masyarakat untuk menggunakan kereta cepat Whoosh tidak berbayar," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bocoran Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 250 Ribu, Feeder Rp 50 Ribu

Sebelumnya, besaran tiket kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh saat ini belum diputuskan oleh Kementerian Perhubungan. Namun tiket kereta cepat ini mulai ada bocoran dari Kementerian BUMN.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini, pembahasan yang dilakukan mengerucut ke harga tiket Whoosh Rp 250 ribu.

"Pembicaraan sekarang Rp 250 ribu ya, untuk skrarang ini. Nanti kita tergantung dari Kementerian Perhubungan berapa finalnya tapi masih Rp 250 ribu saat ini, plus Rp 50.000 untuk yang feeder ke Padalarang," ungkap Tiko di Jakarta, Senin (9/10/2023).

menjadi penentu berapa harga tiket Whoosh nantinya, diantaranya potensi pendapatan dan biaya operasi kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

"Jadi ini under KCIC dengan KAI, jadi sumber pembayaran dari tiket dan keuangan KAI," pungkas Wamen BUMN. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini