Sukses

Bisnis Jastip Barang Impor Kena Semprit, Pemerintah Bakal Tarik Bea Masuk

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah bakal pasang mata terhadap barang impor yang didatangkan lewat jasa titipan (jastip).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada para menteri untuk memperketat serbuan barang impor. Pelaku bisnis jasa titipan (jastip) belanja di luar negeri pun kena semprit. Ke depan, barang yang masuk Indonesia melalui bisnis jastip akan kena tarif bea masuk.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah bakal pasang mata terhadap barang impor yang didatangkan lewat jasa titipan.

"Kemudian impor barang titipan atau jasa titipan. Ini adalah pengetatan di pelabuhan-pelabuhan. Ini kerja sama dari Dirjen Imigrasi, jangan sampai ada orang yang kerjanya bolak-balik hanya untuk impor jasa barang titipan," tegasnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Airlangga menjelaskan, Kementerian Keuangan juga telah memperketat aturan bea masuk bagi barang impor bernilai di atas USD 500.

"Dari Kementerian Keuangan sudah membuat regulasi untuk barang titipan itu yang bebas di bawah USD 500, yang sisanya tentu dikenakan bea masuk," jelas dia.

Tak hanya untuk barang jastip dari luar negeri, pemerintah pun akan memperketat peredaran pakaian bekas di pasaran. Caranya, dengan meminta Menteri Perdagangan untuk merevisi regulasi soal penjualan pakaian bekas.

"Kebijakan lain yang didorong adalah pakaian bekas. Pakaian bekas ini karena dilarang, maka peredarannya pun perlu dilarang. Menteri Perdagangan akan masuk dalam revisi Permendag tersebut," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Barang Impor yang Bakal Diperketat Masuk Indonesia: Sepatu, Mainan Anak, hingga Tas

Sebelumnya, para pengusaha barang impor nampaknya perlu waspada. pasalnya, Presiden Jokowi memerintahkan para menterinya untuk memperketat berbagai barang impor.

Hal ini dipastikan setelah dirinya hari ini, Jumat (6/10/2023) mengumpulkan sejumlah Menteri di Istana Negara, Jakarta. 

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pembahasan mengenai pengetatan impor beberapa jenis produk ini dilatarbelakangi keluhan banyak pelaku usaha.

"Jadi dilatarbelakangi beberapa keluhan dari asosiasi maupun masyarakat akibat tingginya atau banjirnya barang impor di pasar tradisional. Sepinya pasar tradisional dan peningkatan penjualan bukan barang dalam negeri di e-commerce," kata Airlangga di Istana, Jumat (6/10/2023).

Dia menjelaskan, banjirnya barang impor ini membuat produk-produk UMKM dalam negeri kurang bisa bersaing. Diakuinya, barang-barang impor memiliki harga yang lebih murah.

"Pemerintah tadi arahan pak presiden fokus ke pengetatan impor komoditas tertentu," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Daftar Produk Impor yang Diperketat

Adapun komoditas yang diperketat impornya yaitu:

  1. Mainan anak-anak.
  2. Barang elektronik
  3. Alas kaki
  4. Kosmetik
  5. Barang tekstil
  6. Obat-obatan tradisional dan suplemen kesehatan
  7. Pakaian jadi dan aksesorisnya,
  8. Tas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.