Sukses

Jadi Plt Mentan, Pedagang Pasar Nilai Bos Bapanas Mampu Atasi Masalah Pangan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan. Penunjukan ini usai dirinya meneken surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri menilai Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi bisa membawa sinyal baik setelah ditunjuk mejadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan).

Abdullah menyebut, digantinya Syahrul Yasin Limpo oleh Bos Bapanas bisa membawa angin segar. Misalnya, dengan memuluskan carut marut persoalan pangan Tanah Air.

"Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia mengapresiasi atas penunjukan Kepala Badan Pangan Nasional sebagai Plt Mentan, ini akan mempermudah komunikasi dan koordinasi yang selama ini buntu mengenai persoalan pangan," kata dia dalam keterangannya, Jumat (6/10/2023).

Abdullah menilai mandegnya koordinasi pangan itu yang melandasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Arief Prasetyo Adi. Disamping Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri dari posisi Mentan.

"IKAPPI melihat presiden sudah mengetahui bahwa anak buahnya mengalami ketidak singkronan komunikasi, ketidak singkronan koordinasi yang menyebabkan persoalan pangan tidak kunjung selesai," urainya.

Dengan harapan itu, Abdullah mengatakan persoalan pangan Indonesia bisa segera tuntas jika komunikasi dan koordinasi berjalan dengan lancar.

"IKAPPI melihat peran strategis kelembagaan dalam tubuh kabinet dapat segera terselesaikan jika koordinasi antar lembaga lebih singkron dan terarah," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Tunjuk Kepala Bapanas Jadi Plt Mentan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan. Penunjukan ini usai dirinya meneken surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo.

"Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan," ujar Jokowi di Presedential Lounge, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Bukan tanpa alasan Jokowi menunjuk Arief sebagai pengganti sementara Menteri Pertanian. Menurutnya, Kepala Bapanas tersebut sudah memahami seluh beluk yang ada di Kementerian Pertanian.

Tidak hanya itu, pekerjaan Badan Pangan Nasional juga sering bersinggungan dengan Kementerian Pertanian.

"Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan, Mentan ini, Menteri Perdagangan ini selalu harus satu jadi untuk konsolidasi saja biar lebih memudahkan," jelas Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Teken Surat Pengunduran Diri Syahrul Yasin Limpo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo dari jabatan Menteri Pertanian (Mentan). Surat tersebut sebelumnya diserahkan Syahrul Yasin Limpo kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis, 6 Oktober 2023.

"Ya tadi malem saya sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri Pak Menteri Pertanian. Ya sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti dan sudah saya tanda tangan juga," jelas Jokowi di Presedential Lounge Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Dia telah menyiapkan sosok pengganti sementara Menteri Pertanian. Dalam hal ini, Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mentan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini