Sukses

Sekarang Waktu yang Tepat Raffi Ahmad Cs Investasi ke Olahraga, Apa Alasannya?

Investasi di sektor industri olahraga bakal ikut terangkat seiring target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Industri olahraga kini jadi salah satu ladang bisnis favorit bagi para pesohor di Tanah Air. Sebut saja Raffi Ahmad, yang getol menanamkan investasi dengan membentuk klub sepakbola RANS Nusantara Football Club (RFC) hingga klub basket RANS PIK Basketball Club.

Hal itu diamini Direktur Utama Indonesian Basketball League (IBL), Junas Miradiarayah. Menurutnya, investasi di sektor industri olahraga bakal ikut terangkat seiring target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia.

"Indonesia sudah mau masuk ke kekuatan ekonomi terbesar ke-3 atau ke-4 dunia. Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk investasi di industri olahraga," ujar Junas dalam IdeaFest 2023 sesi High Hoops, Big Goals: Riding the Wave of Indonesia's Enthusiasm for Sports di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Senada, Presiden Direktur PT Persija Jaya Jakarta Ambono Janurianto menghitung, pertumbuhan belanja rekreasi Indonesia lebih tinggi ketimbang pertumbuhan ekonomi berdasarkan produk domestik bruto (PDB/GDP).

"Yang menarik untuk Indonesia, pertumbuhan recreation of spending itu adalah 14 persen. Sementara kalau kita lihat GDP kita adalah 5 persen," kata Ambono.

Data itu disebutnya turut ditunjang oleh belanja Raffi Ahmad Cs di sektor industri olahraga. "Artinya apa? Artinya dengan adanya Raffi Ahmad masuk dan lain sebagainya masuk, itu akan lebih bisa mempercepat lagi pengeluaran recreational spending," imbuhnya.

Sehingga, Ambono menilai, industri sports and entertainment services ke depan bakal semakin maju. Tak lain karena sepakbola, bakset dan lainnya bukan hanya dianggap sebagai olahraga semata, tapi juga sesuatu yang bersifat hiburan.

"Dengan pertumbuhan yang 14 persen setahun, itu household spending-nya akan semakin besar. Dan mungkin agak sedikit juga ngiri sama basket, tiket stadion ke nonton bola bisa sama dengan basket nanti," tutur Ambono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep Gandeng Sinar Mas Land Bangun Pusat Kuliner Seluas 2,1 Hektare

Sebelumnya, Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep menggaet pengembang Sinar Mas Land untuk membangun bisnis lifestyle bertajuk Rans Nusantara Hebat. Proyek besar Raffi Ahmad, Kaesang Pangarep dan Sinar Mas Land tersebut dimulai dengan peletakan batu pertama, Rabu (31/5/2023).

Prosesi groundbreaking juga dilakukan oleh Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja, Raffi Ahmad Founder Rans Entertainment, dan Founder GK Hebat Kaesang Pangarep.

Proyek ini akan menjadi pusat kuliner terbesar di BSD City dengan luas area 2,1 hektare dan kapasitas ± 2000 orang. Pusat kuliner Nusantara ini direncanakan untuk beroperasi pada awal tahun 2024.

“Kami meyakini bidang kuliner sangat cocok untuk dikembangkan di BSD City. Ratusan UMKM akan hadir di sini, ada sekitar 500 UMKM yang akan diakurasi, menghadirkan sajian otentik khas Nusantara agar masyarakat dapat mengenal, menikmati, dan melestarikan kekayaan ragam kuliner Indonesia," tutur Founder Rans Entertainment, Raffi Ahmad.

Sementara, Founder GK Hebat, Kaesang Pangarep menambahkan kehadiran proyek Rans Nusantara Hebat ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat dan juga pertumbuhan ekonomi lokal karena akan membuka peluang kerja baru bagi penduduk setempat, serta mendukung pedagang makanan dan pemasok lokal.

"Pusat kuliner ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung baik lokal maupun dari luar daerah, sehingga dapat meningkatkan pariwisata dan pendapatan bagi bisnis di sekitarnya," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Sasar Pelajar dan Karyawan

Sementara itu, Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menyampaikan, BSD City memiliki captive market yang datang dari penghuni, pelajar, dan karyawan yang beraktivitas di sini, serta dari berbagai lapisan masyarakat sebagai pengunjung.

"Kami menyambut baik adanya permintaan ini dan secara konsisten menambahkan ruang-ruang publik dan area komersial untuk melengkapi BSD City. Di sini, kami menggandeng Rans Entertainment dan GK Hebat yang telah memiliki portfolio yang mumpuni dalam menjawab kebutuhan gaya hidup masyarakat Indonesia," katanya.

Pusat kuliner dan UMKM Indonesia ini akan menghadirkan berbagai variasi masakan yang dapat memanjakan lidah para penikmat kuliner serta lifestyle Nusantara. 

Rans Nusantara Hebat menghadirkan desain yang inovatif serta akan menonjolkan konsep outdoor yang dipadukan dengan elemen yang sustainable dan ramah lingkungan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini