Sukses

Ekonomi China Melambat, Dunia Bakal Terganggu?

Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, yang dihuni lebih dari 1,4 miliar orang, menghadapi sejumlah masalah. Seperti pertumbuhan yang lambat, pengangguran kaum muda yang tinggi, dan pasar properti yang berantakan.

Liputan6.com, Jakarta - China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia yang dihuni lebih dari 1,4 miliar orang, menghadapi sejumlah masalah ekonomi yang berat. masalah tersebut antara lain pertumbuhan ekonomi yang lambat, pengangguran kaum muda yang tinggi, dan pasar properti yang berantakan.

Kini, pimpinan pengembang real estate China yang terlilit utang, Evergrande, telah ditempatkan di bawah pengawasan polisi dan saham perusahaan ini telah dibekukan oleh otoritas.

Meskipun isu-isu ini menambah masalah besar bagi Beijing, seberapa besar pengaruhnya bagi seluruh dunia?

Para analis percaya bahwa kekhawatiran akan terjadinya bencana global yang akan datang terlalu dibesar-besarkan. Namun, perusahaan multinasional, para pekerjanya, dan bahkan orang-orang yang tidak memiliki hubungan langsung dengan Tiongkok kemungkinan besar akan merasakan dampaknya.

Pada akhirnya, ini tergantung pada diri Anda.

Pemenang dan Pecundang

"Jika masyarakat China mulai mengurangi makan siang di luar, misalnya, apakah hal tersebut akan memengaruhi perekonomian global?" tanya Deborah Elms, direktur eksekutif Asian Trade Centre di Singapura.

"Jawabannya tidak sebesar yang Anda bayangkan, tetapi tentu saja hal ini akan berdampak pada perusahaan-perusahaan yang secara langsung bergantung pada konsumsi domestik China."

Apakah ekonomi (Republik Rakyat Tiongkok) RRT adalah 'bom waktu'?

Ratusan perusahaan global besar seperti Apple, Volkswagen, dan Burberry mendapatkan banyak pendapatan mereka dari pasar konsumen China yang sangat besar dan akan terpukul karena rumah tangga-rumah tangga di negara ini mengurangi belanja mereka.

Dampaknya akan dirasakan oleh ribuan pemasok dan pekerja di seluruh dunia yang bergantung pada perusahaan-perusahaan ini.

Ketika Anda mempertimbangkan bahwa RRT bertanggung jawab atas lebih dari sepertiga pertumbuhan yang terjadi di dunia, segala bentuk perlambatan akan dirasakan di luar perbatasannya.

China Bayangi Global

Lembaga pemeringkat kredit AS, Fitch, mengatakan bulan lalu bahwa perlambatan RRT "membayangi prospek pertumbuhan global" dan menurunkan proyeksi pertumbuhan global pada tahun 2024.

Namun, menurut beberapa ekonom, gagasan bahwa RRT adalah mesin penggerak kemakmuran global telah dibesar-besarkan.

"Secara matematis, ya, Tiongkok menyumbang sekitar 40% dari pertumbuhan global," kata George Magnus, seorang ekonom di China Centre Universitas Oxford.

"Namun, siapa yang diuntungkan oleh pertumbuhan tersebut? Tiongkok memiliki surplus perdagangan yang sangat besar. Tiongkok mengekspor jauh lebih banyak daripada mengimpor, jadi seberapa banyak Tiongkok tumbuh atau tidak tumbuh sebenarnya lebih banyak tentang Tiongkok daripada tentang seluruh dunia."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penurunan Harga di China Timbulkan Kekhawatiran

Namun demikian, belanja RRT yang lebih sedikit untuk barang dan jasa atau untuk pembangunan rumah berarti lebih sedikit permintaan untuk bahan baku dan komoditas. Pada bulan Agustus, negara ini mengimpor hampir 9% lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu yakni ketika masih di bawah pembatasan Covid-19.

"Eksportir besar seperti Australia, Brasil, dan beberapa negara di Afrika akan terkena dampak paling parah," kata Roland Rajah, direktur Pusat Pengembangan Indo-Pasifik di Lowy Institute di Sydney.

Lemahnya permintaan di China juga berarti harga-harga di sana akan tetap rendah. Dari perspektif konsumen Barat, hal ini merupakan cara yang baik untuk menekan kenaikan harga yang tidak melibatkan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

"Ini adalah kabar baik bagi masyarakat dan bisnis yang berjuang untuk menghadapi inflasi yang tinggi," kata Rajah. Jadi dalam jangka pendek, konsumen biasa mungkin akan diuntungkan oleh perlambatan RRT. Namun, ada pertanyaan jangka panjang bagi orang-orang di negara berkembang.

Selama 10 tahun terakhir, Cina diperkirakan telah menginvestasikan lebih dari satu triliun dolar dalam proyek-proyek infrastruktur besar yang dikenal sebagai Belt and Road Initiative.

Lebih dari 150 negara telah menerima uang dan teknologi dari Tiongkok untuk membangun jalan, bandara, pelabuhan dan jembatan. Menurut Rajah, komitmen RRT terhadap proyek-proyek ini mungkin akan berkurang apabila masalah-masalah ekonomi terus berlanjut di dalam negeri.

"Sekarang perusahaan-perusahaan dan bank-bank Cina tidak akan memiliki dana yang sama untuk disalurkan ke luar negeri," katanya.

3 dari 4 halaman

Tiongkok di Mata Dunia

Meskipun berkurangnya investasi RRT di luar negeri adalah sebuah kemungkinan, masih belum jelas bagaimana situasi ekonomi domestik RRT akan mempengaruhi kebijakan luar negerinya.

Menurut beberapa pihak, Cina yang lebih rentan mungkin akan berusaha memperbaiki hubungan yang rusak dengan AS. Pembatasan perdagangan Amerika telah berkontribusi pada penurunan 25% ekspor RRT ke AS pada paruh pertama tahun ini, sementara Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo baru-baru ini menyebut negara ini "tidak dapat diinvestasikan" untuk beberapa perusahaan Amerika.

Namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pendekatan RRT melunak. Beijing terus membalas dengan pembatasan-pembatasannya sendiri, sering kali mengecam "mentalitas Perang Dingin" negara-negara Barat dan tampaknya menjaga hubungan baik dengan para pemimpin otoriter rezim-rezim yang terkena sanksi, seperti Vladimir Putin dari Rusia dan Bashar Al-Assad dari Suriah.

Pada saat yang sama, sejumlah pejabat AS dan Uni Eropa terus melakukan perjalanan ke Cina setiap bulan untuk melanjutkan pembicaraan tentang perdagangan bilateral. Kenyataannya adalah hanya sedikit orang yang benar-benar mengetahui apa yang ada di antara retorika Cina dan kebijakan Cina.

Salah satu pandangan yang lebih ekstrim mengenai ketidakpastian ini datang dari para pengamat hawkish di Washington, yang mengatakan bahwa penurunan ekonomi RRT dapat berdampak pada bagaimana RRT berurusan dengan Taiwan, pulau dengan pemerintahan sendiri yang diklaim oleh Beijing sebagai wilayahnya.

Berbicara pada awal bulan ini, anggota Kongres dari Partai Republik Mike Gallagher, ketua Komite Khusus DPR AS untuk China mengatakan bahwa masalah-masalah di dalam negeri membuat pemimpin China, Xi Jinping, "tidak dapat diprediksi" dan dapat membuatnya "melakukan sesuatu yang sangat bodoh" terkait Taiwan.

Idenya adalah bahwa jika, seperti yang dikatakan Rajah, "keajaiban ekonomi RRT telah berakhir", maka reaksi Partai Komunis "dapat menjadi sangat konsekuen".

Dapatkah AS dan Cina mengesampingkan persaingan demi aksi iklim?Namun, ada banyak orang yang menepis anggapan ini, termasuk Presiden AS Joe Biden. Ketika ditanya mengenai kemungkinan ini, ia mengatakan bahwa Xi saat ini sedang "sibuk" menangani masalah-masalah ekonomi negaranya.

"Saya rasa hal ini tidak akan menyebabkan Cina menginvasi Taiwan, malah sebaliknya. Cina mungkin tidak memiliki kapasitas yang sama seperti sebelumnya," kata Biden.

4 dari 4 halaman

Mengharapkan Hal yang Tidak Terduga

Namun, jika ada satu pelajaran yang dapat dipetik dari sejarah, itu adalah mengharapkan hal yang tidak terduga. Seperti yang ditunjukkan oleh Elms, hanya sedikit orang sebelum tahun 2008 yang memperkirakan bahwa hipotek subprime di Las Vegas akan mengirimkan gelombang kejut ke seluruh ekonomi global.

Gema tahun 2008 membuat beberapa analis khawatir tentang apa yang dikenal sebagai "penularan keuangan". Ini termasuk skenario mimpi buruk krisis properti di Cina yang mengarah pada keruntuhan besar-besaran dalam perekonomian Cina, yang memicu krisis keuangan di seluruh dunia.

Penyamaan dengan krisis subprime mortgage yang menyebabkan runtuhnya raksasa investasi Wall Street, Lehman Brothers, dan resesi global, tentu saja sangat menggoda. Namun, menurut Magnus, hal itu tidak sepenuhnya akurat.

"Ini tidak akan menjadi guncangan seperti Lehman," katanya. "China tidak mungkin membiarkan bank-bank besar mereka bangkrut dan mereka memiliki neraca keuangan yang lebih kuat daripada ribuan bank regional dan bank komunitas yang bangkrut di AS."

Ms Elms setuju: "Pasar properti China tidak terkait dengan infrastruktur keuangan mereka seperti halnya hipotek subprime di Amerika. Selain itu, sistem keuangan RRT tidak cukup dominan untuk menimbulkan dampak global secara langsung seperti yang kita lihat di Amerika Serikat pada tahun 2008."

"Kita saling terhubung secara global," katanya. "Ketika salah satu mesin pertumbuhan yang besar tidak berfungsi, hal ini akan memengaruhi kita semua, dan sering kali memengaruhi kita semua dengan cara-cara yang tidak diantisipasi."

"Ini tidak berarti bahwa saya pikir kita akan mengulangi kejadian tahun 2008, namun intinya adalah bahwa apa yang kadang-kadang tampak sebagai masalah lokal dan domestik dapat berdampak pada kita semua. Bahkan dengan cara yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini