Sukses

PTPN Bangun Pabrik FAME di KEK Sei Mangkei, Mulai Produksi Januari 2025

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III akan membangun pabrik ester metil asam lemak (FAME) turunan minyak kelapa sawit pada Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III akan membangun pabrik ester metil asam lemak (FAME) turunan minyak kelapa sawit pada Oktober 2023.

Pabrik dengan kapasitas produksi 450 ribu ton per tahun yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara ini target dapat memulai produksi di awal 2025.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Strategi Hilir PTPN III Leonardo Alexander Renatus Pane menjelaskan, pembangunan pabrik FAME tersebut saat ini tengah melaksanakan lelang kontraktor rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC).

"Pabrik FAME itu di KEK Sei Mangkei, Sumatera Utara. Sekarang lagi proses tendering kontraktor EPC, harapannya oktober ini bisa groundbreaking," ujar Leo di sela-sela acara Indonesia Sustainibility Forum (ISF) di Park Hyatt Jakarta, Kamis (7/9/2023).

"(Mulai produksi) paling cepat Januari 2025, kapasitas 450.000 ton per tahun," terang dia.

Kirim ke Pertamina

Leo mengatakan, hasil produksi pabrik FAME tersebut nantinya separuh akan diberikan kepada PT Pertamina (Persero) untuk bahan baku biodiesel. Sementara sisanya bakal diekspor.

"Kalau mandatori bisa 50:50, separuh lokal sisanya ekspor. Itu nanti diatur sama Kementerian ESDM," kata Leo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Banyak Perkebunan

Kata Leo, PTPN memiliki banyak perkebunan untuk ketersediaan biomassa, beserta limbah perkebunan yang juga bisa turut dimanfaatkan untuk mendukung program biodiesel dan bioetanol ke depan.

Saat ini, PTP sudah memiliki pabrik etanol dengan kapasitas produksi 100 kiloliter per hari di PT Energi Agro Nusantara (Enero), Mojokerto.

"Rencananya juga kita dalam waktu ke depan akan menambah pabrik-pabrik bioetanol baru dengan mitra-mitra strategis hingga kapasitas 150.000 ton per tahun," tutur Leo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini