Sukses

CPNS 2023 dan PPPK Dibuka September, 10 Jurusan Kuliah Ini Berpotensi Besar Lolos Seleksi

Ternyata ada jurusan kuliah yang memiliki peluang besar untuk lolos seleksi CPNS 2023 dan PPPK

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran CPNS 2023 ini dimulai pada 17 September 2023 mendatang. Seleksi CPNS 2023 dan PPPK menerima 572.496 formasi, dengan rincian 543.593 untuk calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 28.903 untuk Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023.

Jumlah formasi CPNS dan PPPK tersebut untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, dari total formasi tersebut, mayoritas atau sekitar 80 persen dialokasikan untuk tenaga honorer. Sementara sisanya diperuntukkan bagi para fresh graduate.

Dikutip dari KitaLulus, ternyata ada jurusan kuliah yang memiliki peluang besar untuk lolos seleksi CPNS 2023 dan PPPK. Jurusan apa saja yang berpotensi besar lolos seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN 2023?

Berikut 10 Jurusan yang Berpeluang Besar Lolos seleksi CPNS 2023 dan PPPK

1. Teknologi Informasi

Untuk sekarang, pemerintah Indonesia memang sedang fokus pada dunia digital, inilah mengapa lulusan dari jurusan-jurusan yang berkaitan dengan digital dan teknologi akan banyak dibutuhkan. Jurusan Teknologi Informasi kemungkinan besar termasuk salah satu dari jurusan memiliki banyak formasi di seleksi CPNS 2023 nanti.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Digitalisasi tentu saja tidak hanya berkaitan dengan programming, tetapi juga dengan branding dan marketing. Nah, seorang lulusan dari DKV atau graphic design akan sangat dibutuhkan untuk membuat konten menarik yang akan disebarkan di media sosial dan website.

3. Pendidikan

Lulusan dari jurusan Pendidikan, apa pun jenis pendidikannya, tentu saja memiliki peluang tinggi untuk lolos CASN 2023. Terlebih, tahun ini menjadi momen di mana akan dilakukan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS part time melalui seleksi.

4. Kesehatan

Lulusan dari jurusan kesehatan seperti kedokteran atau perawat juga memiliki peluang tinggi lolos jika mendaftar CPNS tahun ini. Tidak hanya di ranah kementerian kesehatan, biasanya di pemerintah daerah juga akan banyak formasi untuk jurusan tersebut.

5. Ilmu Politik dan Pemerintahan 

Jurusan seleksi CPNS 2023 lainnya yang diperkirakan banyak formasi adalah Ilmu Politik dan Pemerintahan. Formasi untuk jurusan ini biasanya ada di Mahkamah Agung, BPPU, hingga BAPPEDA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jurusan Lainnya

6. Matematika dan Statistika

Lulusan dari jurusan Matematika dan Statistika termasuk dalam talenta digital dan akan banyak dibutuhkan oleh instansi pemerintah maupun swasta yang sedang melakukan digitalisasi. Lulusan dari jurusan ini bisa menjadi data analyst, di mana tugasnya adalah mengumpulkan, menganalisis, serta menyajikan data.

7. Bahasa Inggris

Jika kamu lulusan dari jurusan bahasa Inggris, selamat! Jurusan tersebut merupakan jurusan kuliah yang cepat jadi PNS karena ada banyak peluang untuk mendaftar di bagian Kementerian Luar Negeri atau Kejaksaan Agung RI.

8. Ilmu Komputer

Seperti Teknologi Informasi, Ilmu Komputer juga akan banyak dibutuhkan pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 nanti. Diprediksi, pemerintah akan banyak melakukan manuver data ke bagian teknologi.

9. Teknik Industri 

Kementerian PUPR tentu saja akan masih banyak membutuhkan lulusan dari Teknik Industri dan teknik lainnya yang berhubungan dengan pembangunan. Jadi, siap-siap ya lulusan dari teknik dalam pendaftaran CPNS dan PPPK tahun ini.

10. Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu jurusan yang pasti dibutuhkan di semua lembaga, termasuk Kementerian dan Lembaga Daerah. Pasalnya, terdapat dana yang harus dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya sehingga diperlukan orang dari jurusan ekonomi yang benar-benar paham tentang hal ini.

3 dari 5 halaman

Cara Daftar CPNS 2023 dan PPPK

Pemerintah dipastikan bakal membuka pendaftaran CPNS lagi tahun ini. Hal ini dipastikan setelah Kementerian PANRB sudah mengajukan jadwal seleksi CPNS 2023.

Diketahui, terkait seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 ini, pemerintah telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi CPNS 2023 dan PPPK dalam hal ini sebagai calon aparatur sipil negara, atau CASN 2023.

Formasi ini terbagi baik untuk formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) maupun CPNS 2023.

"Rekrutmen CPSN 2023 ini sebanyak 80 persen di antaranya untuk pelamar dari tenaga non-ASN, dan 20 persen untuk pelamar umum," kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas dikutip Minggu (13/8/2023).Secara alokasi, jumlah tersebut untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN. Alokasi CPNS 2023 formasi untuk pemerintah pusat terinci sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK.

Adapun di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis. Proses seleksi akan dimulai pada September 2023.

Cara Daftar CPNS 2023 dan PPPK

Berikut cara daftar CPNS dan PPPK:

Buat Akun

  • Buka https://sscasn.bkn.go.id
  • Daftarkan akun SSCASN
  • Isi informasi yang diminta seperti NIK, nomor KK, nomor HP, dan email aktif
  • Klik 'Lanjutkan' dan pastikan data telah benar
  • Klik 'Proses Pendaftaran Akun'
  • Tunggu konfirmasi registrasi

Login Akun

  • Masuk ke akun SSCASN yang telah terdaftar
  • Lengkapi informasi diri dan unggah foto swa
  • Klik 'Selanjutnya'

Pilih Formasi CPNS

  • Pilih 'CPNS' sebagai jenis seleksi
  • Pilih formasi sesuai lulusan atau pendidikan yang kamu punya

Upload Dokumen

  • Unggah berkas-berkas yang diminta sesuai format yang ditentukan
  • Cetak Kartu CPNS
  • Periksa resume dan akhiri pendaftaran
  • Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran
4 dari 5 halaman

Seleksi PPPK dan CPNS 2023 Fokus untuk Guru dan Layanan Kesehatan

Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, seleksi PPPK dan CPNS 2023 ini memang fokus pada pelayanan dasar dengan guru dan tenaga kesehatan, menjadi formasi yang paling banyak disediakan.

"Hampir 80 persen formasi 2023 untuk guru dan tenaga kesehatan," ujar Anas dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8/2023).

Arah kebijakan kedua adalah memberi kesempatan rekrutmen untuk talenta digital dan data scientist. Ketiga, mengurangi rekrutmen pada formasi yang akan terdampak transformasi digital.

Anas menambahkan, rekrutmen ASN juga dimaksudkan sebagai upaya untuk seoptimal mungkin menyelesaikan penataan tenaga non-ASN atau yang biasa disebut tenaga honorer.

Untuk diketahui, jumlah tenaga non-ASN sebanyak 2,3 juta, dan saat ini dalam proses diaudit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Pemerintah secara konsisten memberikan afirmasi, menunjukkan keberpihakan untuk tenaga non-ASN atau tenaga honorer, juga kepada eks THK-II, karena mereka telah mengabdi," kata Anas.

5 dari 5 halaman

Seleksi CPNS 2023 Dibuka September

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi aparatur sipil negara (ASN) nasional 2023, data per 1 Agustus 2023. Formasi ini berlaku baik untuk CPNS 2023 maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Jumlah tersebut untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN.

Alokasi formasi CASN untuk pemerintah pusat terinci sebanyak 28.903 untuk CPNS, dan 49.959 untuk PPPK. Adapun di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Proses seleksi akan dimulai pada September 2023.Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengapresiasi seluruh instansi yang telah menyampaikan usulan formasi. Ia berharap proses seleksi berjalan lancar hingga akhir.

"Kami menjamin semuanya fair, tidak bisa titip-menitip. Kita berharap ASN bisa melahirkan kinerja berdampak yang dapat dirasakan masyarakat, sesuai arahan Presiden Joko Widodo," ujar Anas dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN 2023, di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Rapat Koordinasi Pengadaan ASN 2023 dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mewakili Presiden Joko Widodo. Turut dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, serta Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini