Sukses

Mengapa Kita Harus Jalan Jauh Menuju Gate di Bandara? Ternyata Ini Rahasianya

Pastikan Anda memakai alas kaki yang nyaman ketika berada di bandara. Saat ini banyak bandara didesain sangat luas dan panjang sehingga membuat Anda harus berjalan jauh menuju gerbang atau gate penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pernah berpikir mengapa jumlah gate di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten hingga mencapai 38. Itu belum seberapa karena jumlah gate di Bandara Changi Singapura, Bandara Narita Tokyo Jepang dan juga Bandara Incheon Seoul Korea Selatan jauh lebih banyak lagi. 

Saat berjalan menuju gate atau gerbang di bandara yang akan membawa penumpang ke pesawat, pasti Anda akan melewati beberapa outlet merek-merek komersial terkenal seperti Chanel, Estée Lauder, Auntie Anne's, hingga Starbucks.

Jangan anggap itu sudah selesai, semakin jauh ke dalam Anda akan menemukan lebih banyak lagi outlet-outlet dan juga lounge yang bisa disinggahi. 

"Saya baru saja melakukan perjalanan melalui Bandara LaGuardia yang baru. Hal ini mengkonfirmasi teori saya," kata Mantan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) yang juga merupakan Ekonom Senior Larry Summers baru-baru ini.

"Semakin baru terminal, semakin tidak nyaman untuk digunakan karena jalan yang dilalui menjadi lebih panjang. Saya ingin tahu mengapa?" kata dia dikutip dari CNN Business, Rabu (23/8/2023). 

Perjalanan penumpang di bandara semakin memburuk sejak perubahan keamanan diterapkan setelah serangan 11 September 2001. Banyak perubahan juga terjadi selama pandemi.

Keberadaan badan pesawat yang lebih besar, yakni pesawat yang dipakai untuk jarak lebih jauh membutuhkan keselamatan lepas landas dan mendarat, membuat alur jalan kaki atau perjalanan di bandara menjadi lebih lama.

Namun, hal utama tujuan yang lebih besar adalah agar bisnis bandara menjadi lebih baik. Meskipun hal ini membuat Anda harus berdiri lebih lama.

Di Newark, Chicago, dan terminal bandara di kota-kota lain di AS misalnya, jalur pejalan kaki telah dihilangkan untuk memberi ruang bagi lebih banyak toko dan restoran. "Anda sampai di pintu gerbang dan pasti kelelahan," kata Analis Industri Penerbangan Henry Harteveldt.

Pria yang juga menjabat sebagai Presiden Atmosphere Research Group ini mengatakan, traveler yang menggunakan pesawat terbang saat ini sudah berurusan dengan bandara yang dirancang berdasarkan tujuan keuangan dan keamanan. "Pelancong menjadi tersesat," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Merancang Perjalanan di Abad ke-21

Banyak bandara di Amerika Serikat (AS) yang dibangun pada pertengahan abad ke-20, dan telah melakukan rencana ekspansi besar-besaran pada abad ke-21. Perluasan gerbang atau gate baru dan renovasi baru-baru ini telah membuat konter menjadi lebih panjang.

Direktur perusahaan desain Stantec yang banyak menggarap proyek bandara di Amerika Serikat, Alexander Thome mengatakan bahwa setelah 11 September, pos pemeriksaan keamanan ditambahkan di terminal yang sudah ada dan pada dasarnya membagi terminal menjadi dua. Hal ini akan menambah jarak yang harus ditempuh oleh para pelancong.

Bandara-bandara telah menambahkan lebih banyak kios ritel dan konsesi di terminal karena maskapai penerbangan mengurangi makanan dalam penerbangan. Hal ini telah mendorong bandara untuk menawarkan lebih banyak fasilitas di terminal mereka yang tidak ditawarkan di dalam pesawat.

Bandara menghasilkan pendapatan dengan dua cara utama:

Pendapatan aeronautika, seperti biaya yang dibebankan bandara kepada maskapai penerbangan untuk menggunakan landasan pacu, taxiway, dan parkir.

Juga pendapatan non-aeronautika, yaitu biaya parkir dan penyewaan mobil, sewa ritel, dan iklan.

3 dari 5 halaman

Cara Bandara Menghasilkan Uang

Bandara berusaha meningkatkan porsi pendapatan non-aeronautika yang mereka dapatkan. Operator telah menambahkan lebih banyak toko, restoran, dan bar, terutama karena semakin banyak pelancong yang menggunakan angkutan massal dan berbagi tumpangan ke bandara dan pendapatan parkir menurun.

"Orang-orang bercanda bahwa saat ini bandara adalah pusat perbelanjaan yang memiliki pesawat terbang yang diparkir di luar," kata Harteveldt. "Jika Anda melihat desain terminal, sebagian besar ruang tambahan diberikan untuk layanan ritel."

Pesawat juga menjadi lebih besar untuk menjejalkan lebih banyak penumpang ke dalam pesawat - yang dikenal sebagai "upgauging" - dan maskapai penerbangan telah memensiunkan beberapa pesawat mereka yang lebih kecil. United, misalnya, mengganti 200 pesawat jet regional yang lebih kecil yang masing-masing mengangkut sekitar 50 penumpang.

Pesawat yang lebih besar berarti mereka harus ditempatkan lebih jauh di landasan.

"Ada alasan bisnis yang jauh lebih baik untuk pesawat yang lebih besar. Hal ini mendorong maskapai penerbangan untuk meningkatkan ukuran armada mereka," kata Wilson Rayfield, wakil presiden eksekutif penerbangan di Gresham Smith, sebuah firma arsitektur.

"Ketika Anda memarkir 10 pesawat bersebelahan dan jaraknya 75 kaki, secara alamiah akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berjalan."

4 dari 5 halaman

Ternyata Bikin Repot Kru dan Karyawan Juga

Bandara yang luas juga menimbulkan kerepotan bagi para kru dan karyawan bandara yang berusaha membuat penerbangan lepas landas tepat waktu.

Beberapa bandara telah menambahkan rambu-rambu elektronik yang memperkirakan berapa menit waktu yang dibutuhkan para pelancong untuk sampai ke pintu gerbang atau berapa lama waktu yang dibutuhkan monorel penghubung terminal untuk tiba.

Perjalanan bandara terpanjang di Amerika Serikat adalah di Dallas Fort Worth, di mana jarak tempuh dari pintu masuk di Terminal B ke Terminal E adalah 2,16 mil, menurut sebuah studi oleh perusahaan sepatu Kuru Footwear. Untungnya, bandara ini memiliki kereta api.

Bandara Internasional Sky Harbor Phoenix memiliki "jalur kebugaran" di mana para pelancong dapat melihat gunung, taman, dan landmark kota lainnya dari selasar.

5 dari 5 halaman

Beberapa Bandara Tidak Mengindahkan Jalan Setapak

Beberapa terminal bandara baru baru-baru ini dibuka tanpa memindahkan jalan setapak. Para pelancong pun tidak senang.

Tahun lalu, Bandara Internasional Orlando membuka terminal baru senilai USD 2,8 miliar, namun tidak memiliki jalur pejalan kaki. Para pemimpin bandara sekarang sedang melakukan pemungutan suara tentang rencana untuk memasangnya, setelah banyak keluhan dari para pelancong.

Bandara Internasional Salt Lake City pada tahun 2020 membuka terminal baru, tetapi bandara ini telah menjadi sumber kritik utama karena perjalanan menuju pintu gerbang, yang dapat memakan waktu lebih dari 20 menit. Bandara ini sekarang sedang membangun terowongan untuk mempersingkat waktu berjalan kaki dari keamanan ke gerbang keberangkatan.

Jadi, apakah sekarang banyak orang yang ketinggalan pesawat karena mereka harus berjalan begitu jauh? Ya, itulah kabar baiknya. Penundaan penerbangan terkait cuaca sudah sering terjadi selama setahun terakhir, sehingga jutaan orang masih harus menunggu di pintu gerbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini