Sukses

Definisi Sukses Menurut Miliarder Mark Cuban: Bukan Soal Banyak Uang

Mark Cuban telah berulang kali mengatakan gagasannya bahwa dia akan sama bahagianya tanpa aset keuangannya.

Liputan6.com, Jakarta Pemilik Tim Basket NBA Dallas Mavericks yang merupakan seorang miliarder Mark Cuban mengatakan hal yang membuatnya sukses bukanlah mengenai uang yang dimilikinya. Namun lebih kepadakemampuannya untuk tetap fokus dalam melakukan pekerjaan yang memuaskan setiap hari.

“Sukses belum tentu seberapa banyak uang yang Anda miliki,” kata Cuban baru-baru ini dalam podcast “ The Path ” LinkedIn seperti dikutip dari CNBC, Minggu (20/8/2023).

“Sukses hanyalah menetapkan tujuan dan mampu bangun setiap pagi dengan perasaan sangat baik tentang apa yang telah Anda capai.” tambah dia.

Cuban adalah seorang pengusaha sukses dengan perusahaan televisi legendaris bernama 'Shark Tank' ABC. Menurut Forbes, ia memiliki harta USD 5,1 miliar.

Sumber kekayaan pertama adalah datang ketika berusia 32 tahun saat menjual bisnis pertamanya — sebuah perusahaan perangkat lunak bernama MicroSolutions — ke CompuServe seharga USD 6 juta.

Dia menjadi miliarder delapan tahun kemudian ketika perusahaan berikutnya, Broadcast.com, dijual ke Yahoo seharga USD 5,7 miliar.

Mungkin lebih mudah untuk meremehkan pentingnya uang ketika Anda memiliki banyak uang, tetapi Cuban telah berulang kali mengatakan gagasannya bahwa dia akan sama bahagianya tanpa aset keuangannya.

Dia “pasti” akan senang dengan satu persen dari kekayaan bersihnya jika memiliki “keluarga yang sama dan segalanya”, katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegembiraan Berbuat Baik

Itu mungkin kabar baik bagi calon pengusaha, banyak dari mereka melihat impian menjadi kaya semakin tidak terjangkau di tengah tingkat inflasi yang tinggi dan utang konsumen nasional.

Investor beberapastartup ini bahkan telah mengembangkan definisi baru “Impian Amerika”, lebih berpusat pada kebahagiaan dan gairah daripada penanda standar kekayaan, seperti kepemilikan rumah, menurut survei GoDaddy baru-baru ini.

Sementara itu, startup terbarunya, Mark Cuban Cost Plus Drug, sengaja dibangun di sekitar dampak sosial alih-alih memeras pelanggan untuk setiap sen, katanya kepada podcast “Re: Thinking” psikolog Wharton Adam Grant tahun lalu.

“Jika saya berusia 25 tahun dan melakukan ini lagi, saya mungkin berpikir, ‘Ok, apa yang dapat saya lakukan untuk diakuisisi?” kata Cuban.

“Tapi sekarang nilai uang dolar saya berikutnya itu tidak akan banyak mengubah hidup saya. Jadi, proses pengambilan keputusan saya benar-benar berbeda.”

Kegembiraan Cuban tentang berbuat baik untuk dunia telah memotivasi dia untuk “masuk semua”, katanya di podcast LinkedIn. Dia menambahkan, “Jika Anda bisa bangun setiap pagi dengan tersenyum dan bersemangat tentang hari itu, Anda sukses.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini