Sukses

Awas! Jangan Termakan Omongan Selebriti Janjikan Investasi dengan Cuan Besar

Ketua LPS Purbaya Yudhi Sadewa, meminta masyarakat tidak mudah termakan omongan selebriti yang mempromosikan berbagai kegiatan investasi. Khususnya yang menawarkan produk-produk investasi dengan keuntungan berlipat.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa, meminta masyarakat tidak mudah termakan omongan selebriti yang marak mempromosikan berbagai kegiatan investasi. Khususnya yang menawarkan produk-produk investasi dengan keuntungan berlipat.

"Anda kalau investasi harus mengerti betul. Misalnya ada selebriti yang suka bilang untung-untungaan tuh (investasi)," ujarnya dalam acara Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (LIKE IT) di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (14/8).

Purbaya menjelaskan, saat ini masih banyak investor yang hanya ikutan-ikutan dalam memutuskan kegiatan investasi karena terbuai keuntungan yang tinggi. Praktik ini dikenal dengan istilah FOMO alias fear of missing out.

"Jadi, saya selalu bilang inves Smart. Artinya, anda kalau inves mengerti betul apa yang anda inves, jangan ikutan FOMO," ungkapnya.

Investor Muda

Sebab, lanjut Purbaya, banyak investor muda yang mengalami nilai kerugian cukup besar akibat praktik FOMO. Terutama dalam investasi robot trading yang menawarkan keuntungan dalam jumlah besar.

"(FOMO) itu akhirnya ketipu. Misalnya robot trading dan lain-lain yang membuat Anda rugi. Baru-baru ini juga yang lagi mencuat orang-orang terkenal membawa orang-orang investasi di produkya hingga rugi besar," tegasnya.

LPS sendiri memiliki sejumlah program khusus untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mengelola keuangan. Diantaranya, memanfaatkan media sosial untuk sarana berinteraksi, menyebarkan pesan edukasi untuk meningkatkan sentimen positif menabung di bank.k

"Kemudian, mengadakan kegiatan sosialisasi, edukasi, dan kunci yakni menabung di bank aman ada LPS," tegas Purbaya.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mau Investasi Properti? Pilih Kawasan Hunian dengan Kriteria Ini

Kawasan properti yang memiliki club house semakin diminati karena menambah nilai aset dan kualitas hidup penghuninya. Club house merupakan fasilitas premium yang disiapkan oleh pengembang properti pada kawasan hunian modern, sebagai signature produk yang diunggulkan guna menciptakan experience bagi konsumennya terhadap produk properti yang dikembangkan.

Fasilitas yang disiapkan meliputi peralatan olahraga, area rekreasi keluarga dan anak, kolam renang, serta lounge dan ruang santai untuk hiburan. Kini, kehadiran club house menjadi daya tarik tersendiri yang diburu oleh calon konsumen properti karena ragam manfaatnya, dan memiliki potensi untuk mendorong naiknya nilai aset properti secara jangka panjang.

Pengamat Properti dan Senior Associate Director Capital Markets Colliers International Indonesia (CII), Aldi Garibaldi mengatakan, tersedianya club house pada suatu kawasan properti merupakan bagian dari komitmen pengembang dalam meningkatkan kualitas hunian.

“Secara umum, keberadaan club house dapat meningkatkan sense of community antara pengembang dan konsumennya. Semuanya menjadi dekat dan terintegrasi sehingga kualitas kawasan properti menjadi berkualitas,” jelasnya, Sabtu (12/8/2023).

Selain komitmen pengembang menyediakan fasilitas publik bagi konsumennya, club house dihadirkan dengan beragam fungsi. Fungsi pertama adalah memudahkan sosialisasi penghuninya, di mana tempat ini bisa menjadi tempat berkumpul bagi penghuni suatu kawasan untuk saling bertemu dan bersosialisasi. Hal ini dapat meningkatkan tenggang rasa antartetangga maupun bertukar informasi yang dibutuhkan.

“Sebagai fungsi sosial, club house juga bisa menjadi tempat kumpul para pemilik rumah untuk membahas isu-isu terkini atau faktor luar yang mempengaruhi kawasan properti,” jelas Aldi.

 

3 dari 3 halaman

Fasilitas Properti

Kedua, fungsi rekreasi di mana pada club house biasanya tersedia fasilitas hiburan seperti bioskop pribadi, kolam renang, taman bermain anak, taman bunga, dan ruang terbuka hijau. Selain itu, tersedia fasilitas olahraga seperti lapangan badminton, lapangan tenis, lapangan basket, studio fitness, dan jogging track. Adanya fasilitas tersebut dapat menunjang gaya hidup sehat konsumen karena kawasannya terintegrasi.

“Fasilitas club house bermacam-macam, termasuk olahraga. Hal ini tentunya mendorong adanya komunitas antar pemilik rumah dan menunjang gaya hidup modern,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • LPS adalah Lembaga Penjamin Simpanan yang berfungsi untuk menjamin simpanan para nasabah.

    LPS

  • selebriti

Video Terkini