Sukses

Jadi Pengusaha Sneaker Usai Gantung Raket, Ini Sosok yang Menginspirasi Greysia Polii

Juara bulu tangkis dunia, Greysia Polii mengungkapkan bahwa dirinya memiliki sosok yang menjadi inspirasi untuk memulai bisnis ketika masih merintis karir di dunia olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Juara bulu tangkis dunia, Greysia Polii mengungkapkan bahwa dirinya memiliki sosok yang menjadi inspirasi untuk memulai bisnis ketika masih merintis karir di dunia olahraga.

Sosok tersebut adalah mendiang Ir Ciputra, taipan properti dan real estat.

Greysia menceritakan momen ketika dia mendapat wejangan langsung dari Ciputra untuk mulai terjun membangun bisnis.

"Pak Ciputra mengajarkan saya tentang bisnis. Berawal waktu saya masih jadi atlet dahulu, di mana beliau sangat dekat dengan saya dan mengajarkan saya bahwa 'boleh jadi atlet tapi jangan lupa kehidupan setelah atlet;", kata Greysia dalam acara diskusi Inspirafest Creative Economy di Alam Sutera, Jumat (11/8/2023).

"Dari situ saya mulai belajar bisnis, bagaimana membangun usaha selain bulu tangkis," sambungnya.

Greysia pun mengaku bahwa dia merupakan salah satu wujud kesuksesan dari perusahaan Ciputra, karena pernah mengasah bakatnya di Perkumpulan Bulu tangkis Jaya Raya, salah satu klub olah raga milik raksasa properti tersebut.

"(Jaya Raya) itu produknya adalah saya, sehingga saya bisa berprestasi menjadi (juaral) dunia," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Greysia juga menceritakan tantangan yang dihadapinya saat menjalankan brand sneakernya.

"Tantangannya adalah ketika berbicara tentang brand fashion, di perusahaan kami (Fine Counsel) adalah dari sisi produksi," ungkapnya.

"Jadi bagaimana kita disini masih harus bekerja lebih keras. Kalau dari (segi talenta) pengrajin itu punya banyak banget," katanya.

Greysia pun memuji Indonesia yang memiliki banyak talenta dari UMKM dan pengrajin produk fashion lokal. Namun sayangnya, tak sedikit dari mereka yang belum cukup dikenal.

"Jadi pengrajin di Indonesia itu luar biasa banyak dan mereka belum banyak dikenal. Saya baru bertemu seseorang di China yang cerita membeli tas rajutan buatan Indonesia. Bayangkan, saya mendapati follower pengrajin tas tersebut hanya 3 ribu tapi bisa dijual ke luar negeri," cerita dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suka Duka Greysia Polii Geluti Bisnis Sneaker Usai Pensiun dari Bulu Tangkis

Juara bulu tangkis dunia, Greysia Polii mengungkapkan tantangan yang dihadapinya ketika membangun bisnis sepatu sneaker dan apparel miliknya, "Fine Cousel". Greysia Polii bercerita, tantangan yang dihadapinya saat menjalankan brand sneakernya adalah adanya hambatan pada rantai pasokan di dalam proses produksi.

"Tantangannya adalah ketika berbicara tentang brand fashion, di perusahaan kami (Fine Counsel) adalah dari sisi produksi (sneaker)," ungkap Greysia dalam acara diskusi Inspirafest Creative Economy di Alam Sutera, Jumat (11/8/2023).

"Jadi bagaimana kita disini masih harus bekerja lebih keras. Kalau dari (segi talenta) pengrajin itu punya banyak banget," katanya.

Greysia pun memuji Indonesia yang memiliki banyak talenta dari UMKM dan pengrajin produk fashion lokal. Namun sayangnya, tak sedikit dari mereka yang belum cukup dikenal.

"Jadi pengrajin di Indonesia itu luar biasa banyak dan mereka belum banyak dikenal. Saya baru bertemu seseorang di China yang cerita membeli tas rajutan buatan Indonesia. Bayangkan, saya mendapati follower pengrajin tas tersebut hanya 3 ribu tapi bisa dijual ke luar negeri," cerita Greysia.

Seperti diketahui, Fine Counsel menarik perhatian publik luas di Indonesia pada tahun 2021, ketika Greysia Polii membawa salah satu produk sepatunya ke Istana Negara untuk dicoba dan dikenakan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Momen itu terjadi ketika Greysia diagendakan untuk bertemu Presiden menyusul kemenangannya di Olimpiade Tokyo 2020.

Sepulangnya dari Istana Negara, Greysia pun dikejutkan dengan postingan Jokowi yang menunjukkan ketertarikannya pada produk sneaker dari Fine Counsel.

 

3 dari 3 halaman

Dipuji Jokowi

Jokowi, melalui postingan di akun Instagramnya, memuji produk sepatu yang dibuat di Kota Malang itu dan menjadi sneaker kesukaannya.

"Saya baru saja membeli sepatu baru. Jenisnya sneaker kesukaan saya, mereknya FINE COUNSEL. Dan yang istimewa, sepatu ini buatan dalam negeri yang pemilik usahanya Anda kenal semua: Greysia Polii," tulis Jokowi di akun Instagramnya @Jokowi pada tahun 2021.

Sekilas Tentang Fine Counsel, Bisnis Sneaker dan Apparel Milik Greysia Polii

Ditulis di dalam laman website resminya, Fine Counsel didirikan pada tahun 2018, dengan visi untuk menjadi merek Indonesia yang diakui secara global dengan kualitas internasional.

"Sebagai merek premium direct-to-consumer, Fine Counsel menawarkan barang-barang berkualitas tinggi dengan desain yang tak lekang oleh waktu, mulai dari sepatu kets hingga pakaian," tulis Fine Counsil di laman resminya.

Fine Counsel bahkan telah melayani banyak pelanggan internasional dari Singapura, Malaysia, Belanda, Australia, Thailand, Jepang, Korea, AS, dan bahkan Meksiko hingga tahun 2022.

Brand tersebut mengusung tagline “Walk With The Wise”, yang juga bertujuan untuk mempengaruhi pasar dengan nilai dan nasihat yang baik, melalui merchandise dan pesan merek secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini