Sukses

Top 3: Fakta-Fakta Tol Bocimi Seksi 2

Informasi mengenai jalan tol Bocimi ini menjadi berita yang banyak dibaca.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) seksi II ruas Cigombong-Cibadak. Resmi beroperasinya ruas tol Bocimi ini dinilai membawa banyak dampak positif.

Pada momen peresmian di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jokowi sendiri menyebut kalau salah satu manfaatnya adalah memangkas waktu tempuh. Semula perjalanan Jakarta-Sukabumi tembus 6 jam, dengan adanya Tol Bocimi bisa ditempuh hanya dengan waktu 2,5 jam.

Informasi mengenai jalan tol Bocimi ini menjadi berita yang banyak dibaca. Berikut daftra berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Minggu (5/8/2023):

1. Fakta-Fakta Tol Bocimi Diresmikan Jokowi, Gratis 2 Pekan hingga Tekan Harga Sembako

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) seksi II ruas Cigombong-Cibadak. Resmi beroperasinya ruas tol Bocimi ini dinilai membawa banyak dampak positif.

Pada momen peresmian di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jokowi sendiri menyebut kalau salah satu manfaatnya adalah memangkas waktu tempuh. Semula perjalanan Jakarta-Sukabumi tembus 6 jam, dengan adanya Tol Bocimi bisa ditempuh hanya dengan waktu 2,5 jam.

Enam+01:03VIDEO: Tips Investasi Kripto Aman ala Tokocrypto Biaya proyek seksi II yang digarap BUMN PT Waskita Karya ini juga ternyata menelan biaya yang tak sedikit. Jokowi menyebut, angka investasinya mencapai Rp 3,2 triliun.

Di sisi lain, Tol Bocimi seksi 2 digadang bisa mempermudah akses mobilitas bagi orang maupun barang. Harapannya biaya logistik menjadi lebih murah akibat distribusi yang semakin mudah.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Harga Emas Dunia Melonjak, Imbas Data Tenaga Kerja AS

Harga emas naik pada hari Jumat setelah laporan pekerjaan AS yang sedikit lebih lemah dari perkiraan. Data ini, selain mendongkrak harga emas dunia, juga mendorong dolar AS dan imbal hasil Treasury lebih rendah.

Dengan demikian, pasar menawarkan beberapa kelonggaran untuk harga emas yang masih berada di jalur untuk minggu terburuk dalam enam minggu.

Nonfarm payrolls meningkat 187.000 pekerjaan bulan lalu, kata Departemen Tenaga Kerja dalam laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 200.000 pekerjaan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (5/8/2023), harga emas di pasar spot naik 0,3% menjadi USD 1.938,69 per ons pada pukul 11:08 EDT (1508 GMT). Emas, bagaimanapun, turun 1% sejauh minggu ini.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Erick Thohir Larang Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berhenti di Stasiun Karawang, Ada Apa?

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut opsi operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hanya melayani tiga stasiun. Hal ini disoroti lantaran ada pertimbangan soal akses jalan menuju stasiun.

Tiga stasiun yang dimaksud Erick diantaranya Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Sementara itu, Stasiun Karawang untuk sementara tidak dioperasikan dahulu mengingat ada yang perlu dibenahi lebih dulu terkait akses jalan.

Erick mengatakan, akses jalan dari stasiun maupun menuju stasiun kereta cepat perlu jadi perhatian khusus. Ini juga nantinya yang mempengaruhi kecepatan mobilitas masyarakat pengguna kereta cepat.

"Kan jangan sampai, saya sudah berulang ngomongnya, jangan sampai kita bicara kereta cepat, tapi keluar dari terminalnya memakan waktu sejam, belum lagi tol-nya," ujar dia saat ditemui di Kementerian BUMN, ditulis Sabtu (5/8/2023).

Guna memaksimalkan akses yang ada dan tahap awal uji coba operasi, Erick bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sepakat untuk mengoperasikan tiga stasiun dahulu.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini