Sukses

Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia, Siapa Nomor Wahid?

Banyak dari para miliarder ini menyimpan sebagian besar kekayaan bersih mereka di saham perusahaan yang mereka dirikan.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder atau orang terkaya di dunia dikenal dengan pengaruhnya yang signifikan atas sebagian besar ekonomi global dan memainkan peran kunci dalam segala hal mulai dari politik internasional dan media hingga filantropi dan inovasi ilmiah. Beberapa dari orang terkaya dunia mendirikan perusahaan yang mempekerjakan puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu karyawan di seluruh dunia, salah satunya Microsoft, Amazon, Tesla, Google, dan Nike.

Banyak dari para miliarder ini menyimpan sebagian besar kekayaan bersih mereka di saham perusahaan yang mereka dirikan. Saat harga saham itu bergerak, keberuntungan mereka ikut bergerak bersamanya.

Mengutip laman Forbes, Rabu (2/8/2023) pada awal tahun miliarder raksasa mode asal Prancis, Bernard Arnault menjadi orang terkaya di dunia,menurut majalah Forbes.

Posisinya kemudian berubah pada 8 Juni 2023, ketika CEO Tesla Elon Musk mengambil alih Arnault untuk menjadi orang terkaya di dunia lagi, dengan kekayaannya yang bernilai hampir USD 238 miliar atau setara Rp. 3,6 kuadriliun.

Kemudian per 1 Agustus 2023, Musk masih menjadi orang terkaya di dunia, posisi yang juga dipegangnya hampir sepanjang tahun 2022.

Lonjakan saham Meta Platforms, yang memiliki Facebook, Instagram, dan WhatsApp mendorong Mark Zuckerberg kembali ke posisi sepuluh besar orang terkaya di dunia dunia pada awal musim panas ini untuk pertama kalinya sejak Januari 2022. 

Di hari yang sama, Zuckerberg menempati urutan ketujuh dalam daftar orang terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan hampir USD 113 miliar atau Rp. 1,7 kuadriliun. naik USD 11 miliar sejak bulan lalu.

Adapun salah satu pendiri Google, yakni Sergey Brin, yang juga kembali ke 10 besar bulan ini karena saham perusahaan induknya, Alphabet, naik hampir 10 persen. Dia sekarang berada di peringkat kesembilan orang terkaya di dunia, tepat di belakang salah satu pendiri Google lainnya, Larry Page.

Berikut adalah daftar 10 orang terkaya di dunia menurut Forbes per 1 Agustus 2023 :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Orang Terkaya di Dunia

Berikut Daftar Orang Terkaya Dunia versi Forbes

  1. Elon Musk, USD 237.2 miliar
  2. Bernard Arnault, USD 222 miliar
  3. Jeff Bezos, USD 154.3 miliar
  4. Larry Ellison, USD 147.9 miliar
  5. Bill Gates, USD 119.3 miliar
  6. Warren Buffett, USD 117.7 miliar
  7. Mark Zuckerberg, USD 114.2 miliar
  8. Larry Page, USD 111 miliar
  9. Sergey Brin, USD 105.4 miliar
  10. Steve Ballmer, USD 102.9 miliar
3 dari 3 halaman

Saham Tesla Lesu, Elon Musk Masih Pegang Posisi Orang Terkaya di Dunia

Elon Musk kembali menjadi orang paling kaya di bumi, meski hartanya merosot. Elon Musk mesti bersaing ketat dengan bos Louis Vuitton untuk jajaran orang terkaya di dunia.

Melansir data real time billionaire Forbes per 28 Juli 2023, kekayaan bos Tesla itu turun 2,34 persen menjadi USD 233,7 miliar atau sekitar Rp 3.526,6 triliun (kurs Rp 15.090,30 per USD).

Pada jajaran orang terkaya di dunia, Elon Musk bersaing ketat dengan bos Louis Vuitton, Bernard Arnault yang kini berada di posisi kedua dengan kekayaan USD 229,1 miliar. Mengingat selisih kekayaan keduanya yang terpaut tipis, tak ayal posisi orang terkaya di jagat ini kerap bergantian antara Musk dan Arnault dalam waktu relatif dekat.

Turunnya kekayaan Musk kali ini bertepatan dengan koreksi yang terjadi pada saham Tesla Inc. Merujuk data Yahoo Finance, saham Tesla turun 3,27 persen ke posisi USD 255,71. Namun sejak awal tahun atau secara year to date (YTD), saham Tesla telah naik 136,55 persen.

Tesla telah mengumumkan produksi dan pengiriman kendaraan kuartal II 2023. Pada periode tersebut, perusahaan mencatatkan total pengiriman sebanyak 466.140 unit dan total produksi 479.700 unit. Angka tersebut melampaui ekspektasi analis dan menunjukkan bahwa pengiriman naik 83 persen dari tahun ke tahun (year on year/yoy).

Belum lama ini, Tesla Inc, dikabarkan bakal segera ekspansi ke negara tetangga, Malaysia. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan akan bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk pada pertengahan Juli untuk membahas rencana investasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.