Sukses

Miliarder Muda Ini Bilang Tak Perlu Sarjana untuk Jadi Sukses, Percaya?

Keputusan Russell terbukti tepat. Perusahaannya, sebuah perusahaan rintisan teknologi yang mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dimaksudkan untuk menggerakkan mobil tanpa pengemudi, saat ini sudah bernilai USD 2,6 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tidak harus mendapatkan gelar sarjana untuk menjadi sangat sukses. Begitu kata miliarder swadaya termuda di dunia Austin Russel yang keluar dari Stanford University pada 2012 untuk memulai perusahaannya Luminar Technologies. Dia berhasil mendirikan bisnisnya setelah menerima hibah senilai USD 100.000 atau sekitar Rp 1 miliar dari Peter Thiel Fellowship.

“Perguruan tinggi bukan untuk semua orang,” katanya seperti melansir CNBC, Selasa (4/6/2023). “Ini hanya semacam pendekatan tradisional seputar apa yang Anda lakukan dan apa yang seharusnya Anda lakukan.”

Keputusan Russell terbukti tepat. Perusahaannya, sebuah perusahaan rintisan teknologi yang mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dimaksudkan untuk menggerakkan mobil tanpa pengemudi, saat ini sudah bernilai USD 2,6 miliar. Terlebih lagi, dia mengatakan dia akan tetap meninggalkan Stanford meskipun dia belum menerima dana.

“Jika Anda bertanya-tanya apakah saya akan keluar [tanpa hibah], ya. Sangat. Tidak ada keraguan dalam pikiran siapa pun,” kata Russell. “Lagipula itu akan terjadi.”

Banyak Cara Dapat Pengetahuan

Lebih dari setengah atau sekitar 56 persen orang Amerika setuju bahwa gelar sarjana empat tahun tidak sepadan, menurut jajak pendapat Wall Street Journal baru-baru ini.

Skeptisisme tentang kepraktisan gelar sarjana terus meningkat selama bertahun-tahun, meskipun para ahli mengatakan pendidikan tinggi masih terbukti memberikan hasil yang menguntungkan, seperti gaji yang lebih baik dan kesempatan kerja dengan keterampilan yang lebih tinggi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ilmu Bisa Diperoleh Lewat Smartphone

Bagi Russell, sumber daya yang sama yang dapat Anda peroleh dari universitas dapat diakses dengan mudah, melalui smartphone, tablet, dan perangkat elektronik lainnya.

“Semua informasi ini tersedia di ujung jari kita sekarang secara online. Ini bukan sesuatu yang benar 50 tahun yang lalu, [tetapi] itu sepenuhnya benar sekarang,” katanya. “Di awal masa remaja saya, saya dapat menonton seluruh rangkaian kuliah untuk Stanford dan fisika terapan MIT secara online dengan kecepatan 2X atau kecepatan 3X.”

“Anda dapat melakukan semua hal yang tidak pernah mungkin dilakukan. Anda dapat menyelesaikan seluruh kurikulum dan kursus tahunan dalam beberapa minggu jika Anda menontonnya berulang kali. Ada begitu banyak cara untuk mendapatkan pengetahuan yang diberikan pada diri sendiri,” lanjutnya.

Namun, bukan berarti Anda akan menjadi ahli dalam bidang tertentu berkat pencarian cepat YouTube. Kunci untuk memfasilitasi pembelajaran Anda sendiri, katanya, “Anda harus memiliki inisiatif.”

 

 

3 dari 3 halaman

Tidak Menyesali Pilihan

“Anda harus memiliki dorongan untuk melakukannya. Dan khususnya sebagai pengusaha, tidak ada orang yang akan memegang tangan Anda selama ini,” katanya. “Anda bertanggung jawab secara langsung untuk setidaknya semua hal yang ada dalam kendali Anda, [seperti] apa yang Anda lakukan, pencapaian apa yang Anda capai, dan jenis produk apa yang pada akhirnya Anda kirimkan ke dunia.”

Russell bergabung dengan miliarder teknologi Steve Jobs dan Bill Gates sebagai mogul bisnis yang putus kuliah. Pendiri Apple meninggalkan Reed College pada usia 19 tahun, dilaporkan karena beban keuangan keluarganya.

Dalam kariernya, dia mengatakan bahwa tidak menyesali pilihannya sama sekali. “Saya sangat beruntung dan bersyukur melihat kesuksesan besar di usia yang masih sangat dini,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini