Sukses

Harga Minyak Dunia Melonjak ke USD 76,96 per Barel, Utang AS Membayangi

Harga minyak mentah Brent berjangka naik USD 2,05 atau 2,7 persen menjadi USD 76,96 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate AS ditutup naik USD 1,97 atau 2,8 persen menjadi USD 72,83.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak ditutup naik sekitar USD 2 pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta) karena optimisme atas permintaan minyak dan negosiasi plafon utang AS melebihi kekhawatiran tentang pasokan minyak yang berlimpah.

Dikutip dari CNBC, Kamis (18/5/2023), harga minyak mentah Brent berjangka naik USD 2,05 atau 2,7 persen menjadi USD 76,96 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate AS ditutup naik USD 1,97 atau 2,8 persen menjadi USD 72,83.

“Perdagangan minyak yang kuat hari ini adalah semua tentang ekspektasi perjanjian plafon utang, kemungkinan pada akhir minggu ini, yang tampaknya mengangkat beban negatif di sebagian besar aset, termasuk minyak,” kata Presiden Ritterbusch and Asssociates di Galena, Illionis, Jim Ritterbusch.

Presiden Joe Biden dan anggota Kongres AS dari Partai Republik Kevin McCarthy pada hari Rabu menggaribawahi tekad mereka untuk segera mencapai kesepakatan guna menaikkan pagu utang pemerintah federal sebesar USD 31,4 triliun dan menghindari default bencana ekonomi.

Setelah kebuntuan selama berbulan-bulan, presiden dari Partai Demokrat dan ketua DPR pada hari Selasa setuju untuk bernegosiasi secara langsung. Kesepakatan perlu dicapai dan disahkan oleh kedua kamar Kongres sebelum pemerintah federal kehabisan uang untuk membayar tagihannya, paling cepat 1 Juni.

Stok Minyak Mentah

Optimisme melebihi peningkatan persediaan minyak mentah sebesar 5 juta barel dalam pekan yang berakhir 12 Mei yang dilaporkan oleh Administrasi Informasi Energi. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan 900.000 barel.

Persediaan minyak mentah menambah kekhawatiran tentang pertumbuhan AS setelah data menunjukkan penjualan ritel naik 0,4 persen pada bulan April, jauh dari perkiraan untuk peningkatan 0,8 persen.

Namun, stok BBM turun 1,4 juta barel karena produk bensin empat minggu yang dipasok, naik ke level tertinggi sejak Desember 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Minyak

Badan Energi Internasional pada hari Selasa memperkirakan permintaan minyak akan melebihi pasokan sebesar 2 juta barel per hari (bpd) pada paruh kedua tahun ini, di mana China menyumbang 60 persen dari pertumbuhan permintaan minyak pada tahun 2023.

Di China, output industri pada April dan pertumbuhan penjualan ritel di bawah perkiraan, menunjukkan ekonomi kehilangan momentum pada awal kuartal kedua.

Pasar berada dalam “mode menunggu dan menonton” atas hasil negosiasi plafon utang, kata Vandana Hari, Pendiri Vanda Insights.

“Sejumlah data ekonomi makro China untuk bulan April yang dirilis pada hari Selasa mengkonfirmasi narasi pemulihan yang tidak merata dan lambat di negara tersebut dan terus membebani sentimen pasar minyak," tutup dia.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Turun Tipis Usai Laporan Ekonomi China Tak Sesuai Harapan

Sebelumnya, harga minyak berjangka beringsut lebih rendah pada hari Selasa karena data ekonomi China yang lebih lemah dari perkiraan mengimbangi perkiraan permintaan global yang lebih tinggi dari Badan Energi Internasional (IEA).

Dikutip dari CNBC, Rabu (17/5/2023), harga minyak mentah Brent berjangka terakhir turun 26 sen menjadi USD 74,97 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS turun tipis 17 sen menjadi USD 70,94.

Kedua tolok ukur naik lebih dari 1 persen pada hari Senin, membalikkan penurunan beruntun tiga sesi.

Membebani harga pada hari Selasa, data dari China menunjukkan bahwa output industri dan pertumbuhan penjualan ritel di bawah perkiraan pada bulan April, menunjukkan ekonomi No.2 dunia kehilangan momentum pada awal kuartal kedua.

Namun, kenaikan 18,9 persen tahun-ke-tahun dalam throughput kilang minyak China pada bulan April ke rekor tertinggi kedua membantu mempertahankan harga minyak mentah.

“Ada banyak kekhawatiran tentang jumlah industri China, tetapi jika Anda melihat jumlah permintaan aktual atau kilang yang berjalan, mereka hampir memecahkan rekor,” kata Phil Flynn, seorang analis di Price Futures Group.

Dengan kilang membangun stok menjelang musim perjalanan musim panas di belahan bumi utara, impor minyak mentah oleh China pada Mei bergerak menuju 11 juta barel per hari, dibandingkan 10,67 juta barel per hari pada April, kata Refinitiv Oil Research.

Asupan penyulingan bulan Juni China diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,5 persen bulan ke bulan, data yang dikumpulkan dari Wood Mackenzie menunjukkan.

4 dari 4 halaman

Prediksi Permintaan Minyak Global

IEA menaikkan perkiraan permintaan minyak global tahun ini sebesar 200.000 bpd ke rekor 102 juta bpd. Dikatakan pemulihan China setelah pencabutan pembatasan COVID-19 telah melampaui ekspektasi, dengan permintaan mencapai rekor 16 juta barel per hari pada bulan Maret.

Dalam faktor bullish lainnya, Departemen Energi AS, pada hari Senin mengatakan akan membeli 3 juta barel minyak mentah untuk pengiriman Agustus sebagai langkah untuk mulai mengisi Cadangan Minyak Strategis.

SPR telah turun ke level terendah sejak 1983 setelah pemerintahan Biden tahun lalu melakukan penjualan terbesar yang pernah ada dari stok darurat 180 juta barel, bagian dari strategi untuk menstabilkan pasar minyak yang melonjak dan memerangi harga pompa yang tinggi setelah invasi Rusia. dari Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini