Sukses

Jalan Pansela Jawa Sepi di Mudik Lebaran 2023, Korlantas: Jadi Jalur Silaturahmi Antar Desa

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan Jalan Lintas Pansela Jawa sepanjang 1.547,5 km, sebagai jalur alternatif bagi para pemudik Lebaran 2023. Itu jadi alternatif jalur di samping Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Lintas Pantai Utara (Pantura), dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Ery Nursatari melaporkan, jalan pantai selatan atau Pansela Jawa terpantau masih belum ramai dipakai sepanjang masa mudik dan balik Lebaran 2023 lalu. 

"Kita tidak bisa paksakan Pansela kepada pemudik. Jalannya cukup panjang, jarak tempuh cukup jauh. Paling digunakan orang-orang yang waktunya lebih lenggang," ujar Ery di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Menurut dia, Jalan Pansela Jawa masih condong dipakai oleh masyarakat sekitar untuk jalur silaturahmi antar desa saja. 

"Saat musim mudik kemarin, kita monitor masih landai, tidak terlalu ramai. Aglomerasi di desa-desa situ aja. Jadi (volume lalu lintasnya) masih batas-batas ambang kewajaran," ungkapnya. 

Adapun dalam menyambut musim mudik Lebaran 2023 kemarin, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan Jalan Lintas Pansela Jawa sepanjang 1.547,5 km, sebagai jalur alternatif bagi para pemudik Lebaran 2023. Itu jadi alternatif jalur di samping Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Lintas Pantai Utara (Pantura), dan Lintas Tengah Pulau Jawa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Jalur Alternatif

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya berharap, Jalan Pansela Jawa bisa jadi alternatif bagi para pemudik. Sehingga beban lalu lintas dapat terbagi dan tidak menumpuk di Jalan Tol atau Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa. 

"Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai. Pemandangannya indah dan instagrammable. Bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga," kata Menteri Basuki.

Sebagai dukungan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, Kementerian PUPR telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna pada Jalur Pansela mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Jawa Timur. 

Adapun Posko yang telah disiapkan sebanyak 503 posko, dengan masing-masing dilengkapi petugas jaga dan peralatan tanggap darurat. Seperti, dump truk 3 unit, pick up 1 unit, stamper 1 unit, jack hammer 1 unit, dan backhoe loader 1 unit. 

 

3 dari 3 halaman

Bentang Ruas Pansela

Lokasi Posko Mudik Lebaran Kementerian PUPR di antaranya berada Jalan Raya Cijulang-Green Canyon ruas Jalan Cimerak-Batas Kota Pangandaran (Pansela wilayah Jawa Barat), Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo (Pansela wilayah Jawa Tengah), Ruas Tepus-Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul (Pansela Wilayah DI Yogyakarta). 

Secara umum, Jalur Pansela membentang dari Banten hingga Jawa Timur. Adapun Jalan Pansela di Banten membentang dari ruas Simpang Labuhan-Batas Jawa Barat sepanjang 169,5 km, Jawa Barat dengan ruas dari Batas Banten-Sindang Barang hingga Batas Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Kemudian, Jalan Lintas Pansela di Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km. Selanjutnya di Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km. 

Terakhir, ruas-ruas di Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.