Sukses

Menko Luhut Sambut Lebaran 2023: Bisa Pulang Kampung Tanpa Keterbatasan

Sebanyak 123,8 juta orang diproyeksikan melakukan mudik Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2 persen jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran 2022 lalu, yang mencapai 85,5 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut momen Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H dengan sukacita. Pasalnya, ia senang banyak masyarakat bisa mudik atau pulang kampung berjumpa keluarganya tanpa keterbatasan.

"Hari Kemenangan di tahun ini akan disambut dengan penuh kebahagiaan dan suka cita, karena sudah bisa pulang ke kampung halaman untuk berjabat tangan dan bermaaf-maafan dengan lebih leluasa tanpa keterbatasan apapun," ujar Menko Luhut dikutip dari posting Instagram miliknya, Sabtu (22/4/2023).

Mengutip prediksi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Luhut bahkan menyebut, momen Hari Raya Idul Fitri 2023 ini jadi pergerakan orang mudik terbesar sepanjang sejarah.

Adapun menurut perkiraan MTI, sebanyak 123,8 juta orang diproyeksikan melakukan mudik Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2 persen jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran 2022 lalu, yang mencapai 85,5 juta orang.

"Hal ini terjadi karena sebagian besar dari kita sudah rindu untuk berjumpa dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman, setelah tiga tahun lamanya tidak mudik karena pandemi covid-19," imbuh Menko Luhut.

Oleh karenanya, ia berharap momen Lebaran 2023 yang tidak dibelenggu keterbatasan ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.

"Semoga momen silaturahmi lebaran membawa kebahagiaan bagi seluruh elemen bangsa karena rasa kebersamaan dan kemenangan berpadu menjadi satu di dalam sanubari kita bersama," tuturnya.

"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Minal Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin," kata Menko Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa dan Harapan Sri Mulyani di Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2023

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijirah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ucapan selamat dan harapannya.

Melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya @smindrawati, Sri Mulyani mengucapkan syukur pada masyarakat setelah setelah sebulan penuh menunaikan ibadah puasa Ramadan.

"Alhamdulillah, setelah sebulan penuh kita telah menunaikan ibadah puasa Ramadan, menahan diri dari segala hawa nafsu dan InsyaAllah meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT," tutur Sri Mulyani dalam unggahannya, dikutip Sabtu (22/4/2023).

Menkeu juga menyambut perayaan Lebaran yang kembali normal tahun ini, setelah tiga tahun dunia dan Indonesia mengalami pandemi.

"Malam ini takbir telah berkumandang, kita semua siap menyambut hari kemenangan bagi umat Muslim, dan kita bersyukur ini adalah momen yang paling ditunggu tunggu oleh seluruh umat Islam. Lebaran bersama keluarga dan orang orang yang kita sayangi, apalagi setelah tiga tahun dunia dan Indonesia mengalami pandemi," lanjutnya. 

"Dengan segala kerendahan hati, saya dan keluarga, serta seluruh keluarga Kementerian Keuangan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri  1444 Hijirah. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan, kekurangan, baik yang disengaja maupun yang tidak kami sengaja," tutur Menkeu.

"Semoga Allah SWT meridhoi dan melimpahkan berkah atas segala amal kebaikan dan ibadah yang telah kita lakukan. Semoga juga kita semua terus mendapatkan limpahan nikmat sehat untuk bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadan pada tahun mendatang, serta dapat merayakan kembali momen kemenangan pada tahun tahun berikutnya." ucapnya.

"Selamat berkumpul kembali bersama keluarga, menikmati momen yang fitri ini dengan penuh kehangatan dan kegembiraan, keihklasan, karena kita mampu saling memaafkan," kata Sri Mulyani.

Dalam pesan tertulisnya, Sri Mulyani juga mengajak masyarakat untuk "merayakan kemenangan dengan penuh suka cita, dengan hati yang tulus dan ikhlas untuk saling memaafkan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini