Sukses

Viral Video Truk Kena Ranjau Paku di Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga: Kejadian Lama

PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengimbau kepada para pengguna jalan agar tetap berhati-hati, serta memastikan kondisi kendaraan layak jalan untuk dibawa pergi mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki periode mudik Lebaran 2023, viral sebuah video yang memperlihatkan sederet truk terhenti di tepian Jalan Tol Jakarta-Cikampek akibat terkena ranjau paku di rodanya. Dalam video tersebut, diperlihatkan sejumlah truk besar jadi korban ranjau paku sehingga memantik kemacetan di jalan tol tersebut.

Menjawab sebaran video tersebut, PT Jasamarga Transjawa Tol selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk membantah adanya aksi kejahatan menebar paku di jalan tol pada musim mudik Lebaran kali ini.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo, menyampaikan bahwa video tersebut merupakan video lama (tertanggal 27 Agustus 2022) yang beredar kembali di masyarakat pada pertengahan April 2023 ini. Tepatnya, kejadian itu terjadi di Km 48+800 Karawang ruas Tol Jakarta-Cikampek pada tahun lalu.

"Setelah mendapatkan informasi terkait kejadian tersebut dari pengguna jalan pada Sabtu (27/08/2022). Petugas segera melakukan tindaklanjut dan telah selesai melakukan penelusuran serta pembersihan lajur jalan tol di hari yang sama," ujar Ria, Senin (17/4/2023).

Kendati begitu, Jasa Marga tetap menghimbau kepada para pemudik agar selalu melakukan pengecekan dan berhati-hati dalam menerima informasi, khususnya yang beredar di media sosial.

PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengimbau kepada para pengguna jalan agar tetap berhati-hati, serta memastikan kondisi kendaraan layak jalan untuk dibawa pergi mudik Lebaran.

"Hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android jika butuh bantuan dan informasi seputar jalan tol milik Jasa Marga Group," kata Ria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tol Jakarta-Cikampek Dipastikan Mulus saat Mudik Lebaran 2023

PT Jasa Marga tengah berupaya menambal sejumlah lubang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menyambut musim mudik lebaran 2023. Targetnya penambalan lubang di jalan Tol Jakarta-Cikampek termasuk merampungkan penambahan lajur bisa selesai pada 15 April 2023 mendatang.

Hal ini diungkap PMO Penambahan Kapasitas Lajur Tol Jakarta-Cikampek, Alif. Dia berujar, kalau lubang-lubang yang terpantau ada di beberapa titik di Tol Japek bakal ditambal.

"Mengenai lubang, ini masih dalam pengerjaan, karena instruksi yang didapat sampai H-10 (Lebaran), masih diupayakan terus pekerjaan berlangsung," ujarnya kepada wartawan di Tol Japek, Selasa (11/4/2023).

"Lubang-lubang yang ada memang bersifat tambalan dan ini terus dipantau. Kami upayakan sampai tanggal 15 (April), sebelum weekend ini untuk mengejar penutupan lubang," sambung Alif.

3 dari 3 halaman

Progres Penambahan Lajur

Perlu diketahui, progres penambahan lajur ini telah mencapai 93,7 persen. Namun, dipastikan untuk lajur utama sudah bisa dilalui untuk momen mudik lebaran 2023 mendatang.

Alif menerangkan, proyek penambahan lajur dari arah Jakarta berada pada titik KM 50+400 hingga KM 66+400. Artinya ada penambahan sepanjang 16 kilometer.

Sementara, di arah menuju Jakarta, penambahan lajur mulai KM 61 sampai KM 49+700. Dengan begitu, pada lajur ini ada penambahan lajur sepanjang 11,7 kilometer.

"Diharapkan secara kapaitas jalan meningkat ditambah volume arus lalin Japek naik, dan lebaran masih mengalami peningkatan (trafik)," jelas pejabat Jasa Marga itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini