Sukses

ChatGPT dan AI Mengancam Pekerja di Bidang Teknologi, Benarkah Itu?

ChatGPT menjadi salah satu dari daftar hal yang dikhawatirkan pekerja bidang teknologi. Kemajuan chatbot berbasis kecerdasan buatan ini mulai merambah ke bidang pekerjaan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Isu menakutkan PHK di bidang pekerjaan teknologi masih belum cukup. ChatGPT menjadi salah satu dari daftar hal yang dikhawatirkan pekerja bidang tersebut. Kemajuan chatbot berbasis kecerdasan buatan ini mulai merambah ke bidang pekerjaan manusia.

Mengutip dari CNBC, Selasa (18/4/2023), industri teknologi telah memangkas 5% lebih banyak pekerjaan daripada sepanjang tahun 2022, menurut Challenger, Gray & Christmas.

Saat PHK terus meningkat, pekerja tidak hanya takut di-PHK, mereka juga takut diganti secara bersamaan. Laporan Goldman Sachs baru-baru ini menemukan 300 juta pekerjaan di seluruh dunia akan terpengaruh oleh AI dan otomatisasi.

Namun, sebenarnya ChatGPT dan AI bertujuan membantu pekerja dan perusahaan untuk bekerja lebih efisien, berdasarkan pernyataan Sultan Saidov, salah satu pendiri dan presiden Beamery, perusahaan perangkat lunak sebagai layanan manajemen sumber daya manusia global, yang memiliki GPT sendiri, atau trafo pretrained generatif, yang disebut TalentGPT. Sehingga platform ini seharusnya tidak memicu ketakutan di kalangan karyawan.

“Sudah diperkirakan bahwa 300 juta pekerjaan akan dipengaruhi oleh AI dan otomatisasi. Pertanyaannya adalah: Apakah itu berarti orang-orang itu akan berganti pekerjaan atau kehilangan pekerjaan? Saya pikir, dalam banyak kasus, itu akan diubah daripada hilang," kata Saidov.

Selain itu, menurut Sameer Penakalapati, CEO di Ceipal, platform akuisisi bakat berbasis AI, tidak adil untuk mengatakan bahwa GPT akan sepenuhnya menghilangkan pekerjaan, misalnya bidang pengembang dan teknisi, dikutip dari CNBC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Berbeda

Hal yang berbeda adalah tugas dan tanggung jawab mereka kemungkinan besar dapat dikurangi oleh GPT dan AI generatif, meski pekerjaan ini tetap ada.

Sementara peran pengembangan dan perekayasaan dengan cepat beradaptasi dengan alat-alat ini di tempat kerja, Penakalapati mengatakan alat-alat itu tidak mungkin sepenuhnya menggantikan manusia. Kemungkinan besar kita akan melihat penurunan jumlah pengembang dan insinyur yang dibutuhkan untuk membuat perangkat lunak.

“Baik itu sepotong kode yang Anda tulis, apakah Anda menguji bagaimana pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak Anda, atau apakah Anda merancang perangkat lunak dan memilih warna tertentu dari palet warna, Anda akan selalu membutuhkan seseorang, manusia, untuk membantu prosesnya,” kata Penakalapati.

Michael Chui, seorang mitra di McKinsey Global Institute mengatakan, jika membayangkan masa sebelumnya saat para pekerja tidak memiliki alat seperti Microsoft Excel atau Microsoft Word, hal itu sama dalam beberapa hal, dapat diperkirakan bahwa pekerja di masa depan tidak akan dapat membayangkan dunia kerja tanpa Alat AI dan GPT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.