Sukses

71 Persen Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2023 Sudah Terjual, Ini Tanggal Favorit

Seluruh pelanggan PT KAI agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal keretanya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaporkan, tiket Kereta Api atau KA Jarak Jauh yang telah terjual hingga 16 April 2023 pukul 07.00 WIB sebanyak 2.170.643 tiket. Itu sekitar 71 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang disediakan, yakni 3.065.404 tiket.

VP Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus mengatakan, jumlah tersebut masih akan bertambah, lantaran penjualan masih terus berlangsung.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access. Itu akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," kata Joni, Minggu (16/4/2023).

Adapun relasi favorit sejauh ini, untuk periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah barat (Jakarta/Bandung) menuju arah timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah barat (Jakarta/Bandung).

Perjalanan kereta api yang okupansinya mencapai 100 persen antara lain, KA Airlangga (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan-Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong-Blitar pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp), KA Rajabasa (Kertapati-Tanjungkarang pp).

Lalu, KA Bengawan (Pasar Senen-Purwosari pp), KA Probowangi (Surabaya Gubeng-Ketapang pp), KA Bukit Serelo (Kertapati-Lubuklinggau pp), KA Tawang Alun (Malang Kota Lama-Ketapang pp), KA Ranggajati (Cirebon-Jember pp), KA Jayabaya (Pasar Senen-Malang pp).

Masih Tersedia

Sementara perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang masih tersedia tiketnya di periode angkutan Lebaran 2023 juga masih banyak, seperti KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasarturi pp), KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), KA Purwojaya (Gambir-Cilacap), KA Senja Utama Yk (Pasarsenen-Yogyakarta pp).

Sedangkan berdasarkan tanggal keberangkatan, KA Jarak Jauh yang menjadi favorit dipesan di antaranya:

  1. Tanggal 24 April 2023 = 94 persen
  2. Tanggal 25 April 2023 = 92 persen
  3. Tanggal 19 & 20 April 2023 = 91 persen

Lebih lanjut, Joni juga mengimbau kepada seluruh pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal keretanya.

"Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di momen mudik Lebaran seperti saat ini. Kami menghimbau agar pelanggan tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk pulang ke kampung halaman, bisa mengantur waktu keberangkatan dari rumah menuju stasiun keberangkatan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Pastikan Tak Ada Tiket Kereta Api Tambahan Lagi untuk Mudik Lebaran 2023

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sudah menambah sebanyak 53 kereta api tambahan untuk mudik lebaran 2023. Ini mempertimbangkan animo masyarakat menyusul penjualan tiket kereta api perjalanan reguler yang sudah dibuka sejak 26 Februari 2023.

Kendati begitu, sejak tiket kereta api tambahan dibuka pada 13 Maret 2023, KAI belum berencana untuk melakukan penambahan lagi. EVP Passenger Transport Marketing & Sales KAI Ririn Widi Astutik menyampaikan kemungkinan tersebut.

"Untuk kereta tambahan sudah kita rilis semuanya. Sudah tidak ada lagi tambahan," ujar Ririn di Metropole Jakarta, ditulis Sabtu (15/4/2023).

Sementara itu, sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu, Ririn menyebut KAI masih menyiapkan sebagian kecil tiket untuk periode mudik lebaran. Untuk penjualan reguler, hingga 14 April 2023, tiket yang terjual sudah sebanyak 66 persen dari total alokasi.

Sejumlah rute yang menjadi favorit pemudik diantaranya Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya.

"Penjualan tiket sudah 66 persen. Angka itu bergerak karena kami punya beberapa pemesanan rombongan yang belum dieksekusi pembayarannya," ucap Ririn.

3 dari 3 halaman

2 Juta Tiket Terjual

Sebelumnya, VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan untuk angkutan mudik lebaran 2023 ini sudah lebih dari 2 juta tiket terjual. Angkanya sebanyak 2.018.764 tiket atau 66 persen dari total tiket kereta api jarak jauh yang disediakan.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," kata Joni.

Dilihat dari data, Joni mengungkap rute arah timur menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur jadi pilihan favorit pemudik sebelum masa Lebaran 2023. Sementara itu, masa setelah lebaran didominasi angkutan menuju barat seperti Jakarta dan Bandung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini