Sukses

Stok BBM di Kalimantan Cukup untuk 20 Hari dan LPG 7 Hari, Libur Lebaran Aman

Pertamina Patra Niaga di regional Kalimantan memprediksi adanya kenaikan BBM dan LPG menjelang Idul Fitri nanti.

Liputan6.com, Pontianak - Sebagai upaya antisipasi pemenuhan kebutuhan energi berupa BBM dan LPG menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Kalimantan Barat, PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan memantau secara digital jumlah stok di setiap SPBU dan SPBE (Stasiun Pengisian Bulk Elpiji) yang berada di seluruh Kalimantan Barat.

Hal ini diungkapkan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra. stok BBM dan LPG di wilayah Kalimantan Barat sangat aman dan dapat memenuhi kebutuhan energi di Kalimantan Barat hingga berakhirnya masa cuti Bersama Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Saat ini ketahanan stok BBM jenis gasoline (pertalite, pertamax dan pertamax turbo) berjumlah antara 12-20 hari akumulatif. Sementara untuk LPG sekitar 5-7 hari akumulatif. Jumlah ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan energi berupa BBM dan LPG menjelang hari raya Idul Fitri,” ucapnya menjelaskan.

Pertamina Patra Niaga di regional Kalimantan memprediksi adanya kenaikan BBM dan LPG menjelang Idul Fitri nanti.

Stok LPG 

“Untuk wilayah Kalimantan Barat, BBM diprediksi akan mencapai puncak permintaan pada H-2 dan H+2 yaitu sebesar 2.150 kiloliter (KL) dari harian normal sebesar 2.070 KL. Sementara LPG diprediksi akan terjadi kenaikan pada H-5 yaitu sebesar 5 persen menjadi 540 metric ton (MT) dari harian normal sebesar 517 MT,” kata dia.

Selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah ini Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan telah mengaktifkan posko satgas yang telah dimulai pada tanggal 1 April 2023 hingga 2 Mei 2023.

Posko Satgas di wilayah Kalimantan Barat dipusatkan di kantor cabang Pertamina Patra Niaga di Pontianak, Integrated Terminal Pontianak, Fuel Terminal Sintang, Jobber Ketapang dan Jobber Sanggau.

"Dari posko-posko tersebut Pertamina senantiasa memantau keadaaan stok BBM dan LPG di seluruh lembaga penyalur secara digital sehingga kami dapat mencegah kelangkaan BBM serta LPG serta memastikan pemenuhan kedua produk tersebut,” kata dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertamina Hadirkan SPBU Modular di Tol Cisumdawu, Sipkan 3.000 Liter Pertamax

Sebelumnya, jelang meningkatnya puncak arus mudik menuju Hari Raya Idul Fitri 2023, direksi Pertamina Patra Niaga turun langsung ke lapangan untuk memastikan keandalan sarana dan fasilitas operasional, serta pasokan energi di jalur tol dan wisata dalam kondisi aman. Salah satunya layanan di jalur Tol Cisumdawu, bagian dari ruas Tol Trans-Jawa yang resmi mulai beroperasi pada Sabtu (15/4) hari ini.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, mengatakan bahwa untuk mendukung kelancaran arus mudik hingga arus balik Lebaran di ruas Tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) yang belum memiliki fasilitas SPBU, pihaknya gerak cepat merespon kebutuhan BBM untuk pemudik dengan menyediakan layanan tambahan yang berlokasi di KM 194.

“Untuk para pemudik yang akan melintas di tol fungsional, Pertamina telah menyediakan 2 SPBU modular masing-masing berkapasitas 3 ribu liter Pertamax. Kita juga siapkan Kiosk Pertamina Siaga, dengan BBM dalam kemasan dan produk pelumas yang bisa dimanfaatkan pemudik. Kita juga siapkan motorist (layanan pesan antar BBM – red) yang membantu pemudik, apabila terjadi kemacetan dan mobil mogok. Juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawalan motorist ke tujuan apabila dibutuhkan dalam situasi emergency,” jelasnya, Sabtu (15/4/2023).

Untuk konsumen kendaraan diesel, Pertamina Patra Niaga turut menyediakan produk BBM berkualitas Pertamina Dex dalam kemasan. Juga tersedia produk oli berkualitas, Fastron dan Enduro. Di Kiosk Pertamina Siaga KM 194 ini, Pertamina Patra Niaga juga menyediakan pembayaran dengan metode non-tunai (cashless) dan juga melalui aplikasi MyPertamina.

Selain mengunjungi fasilitas penyaluran BBM ke konsumen, Alfian turut melakukan pemantauan ke Fuel Terminal Bandung Group – Padalarang yang memasok BBM untuk 380 unit SPBU dan 78 Pertashop di wilayah Bandung Raya, Priangan Timur dan Sukabumi.

3 dari 3 halaman

Layanan Lainnya

Selain memantau kesiapan layanan BBM, Alfian turut meninjau langsung tim Pertamina Call Center 135, yang menjadi garda terdepan saluran komunikasi dan layanan informasi bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Tidak hanya layanan suara (telepon), Pertamina Call Center 135 turut dapat dihubungi melalui email, video call, media sosial, dan layanan chatbot yang dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina.

“Pertamina Call Center 135 sudah siap untuk menghadapi Satgas RAFI (Satuan Tugas Ramadhan & Idul Fitri – red). Petugas dan agen yang terlatih, standby 24 jam untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat. Dengan berbagai penghargaan nasional dan internasional yang sudah diraih PCC 135, akan mampu memenuhi ekspektasi masyarakat sebagai garda terdepan Pertamina,” tambah Alfian.

Pertamina Patra Niaga menyiagakan tim Satgas RAFI mulai 1 April hingga 2 Mei 2023 untuk menjamin ketersediaan distribusi BBM, LPG dan Avtur tetap terjaga selama periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.